Tahun 2018 akan segera memasuki pengujungnya. Sepanjang tahun  2018, banyak karya luar biasa yang lahir dan diciptakan oleh musisi maupun idol dalam dunia K-Pop. Karya-karya tersebut, tentu mampu membuat musik K-Pop dapat diterima oleh khalayak yang lebih luas. Dari sekian banyak karya yang berupa lagu tersebut, berikut adalah 10 lagu yang terbaik dalam dunia K-Pop sepanjang tahun 2018 versi penulis:

1. NCT U-Boss

NCT U, mengeluarkan karya pertamanya di tahun 2018 dengan lagu yang berjudul ‘Boss’. NCT U  merupakan salah satu sub-unit dari boy group milik SM Entertaiment, yakni NCT (Neo Culture Technology) yang aktif sejak tahun 2016.

Advertisement

Dalam lagu ‘Boss’ yang dirilis pada 18 Februari lalu itu, NCT U juga memperkenalkan dua anggota terbaru mereka, yakni Lucas dan Jeongwoo. ‘Boss’ merupakan lagu pertama dari enam lagu yang termasuk dalam album mereka, yakni ‘NCT 2018 Empathy’.

Hingga November 2018, MV dari lagu ‘Boss’ yang diunggah di Youtube memiliki jumlah penonton sebanyak 61 juta dan menjadi MV NCT yang memiliki jumlah penonton paling banyak.

2. Pentagon-Shine

‘Shine’, merupakan lagu pertama Pentagon pada tahun 2018. Lagu tersebut merupakan lagu utama dari mini-album mereka yang bernama ‘Positive’ yang rilis pada bulan April lalu. MV dari lagu ‘Shine’ ini memiliki jumlah penonton di Youtube sebanyak  100 juta dan menjadikannya MV Pentagon dengan jumlah penonton terbanyak sejak debut mereka.

3. Seventeen-Thanks

Advertisement

Boy group asal Pledis Entertaiment, yakni Seventeen, mengawali tahun 2018 dengan merilis album spesial yang berjudul ‘Director’s Cut’. Lagu yang berjudul ‘Thanks’ merupakan salah satu dari empat lagu yang ada di dalamnya.

Seperti kebanyakan lagu-lagu Seventeen lainnya, lirik lagu ‘Thanks’ diproduksi  oleh salah satu anggotanya, yakni Woozi dan bekerja sama dengan composer terkenal, Bumzu.

4. Blackpink-Ddu Du Ddu Du

Blackpink, mengeluarkan salah satu lagu paling fenomenal mereka pada tahun 2018, yakni ‘Ddu-ddu-ddu-ddu’. Lagu tersebut menguasai tangga musik di berbagai negara dan memperoleh predikat all kill atau menempati peringkat pertama di semua jenis tangga lagu.

MV dari lagu ‘Ddu-ddu-ddu-ddu’ menjadi MV yang dari musisi Korea yang paling banyak ditonton di Youtube. Hingga November 2018, MV dari lagu ‘Ddu-ddu-ddu-ddu’ yang diunggah di Youtube ditonton oleh lebih dari  518 juta penonton.

5. G-Idle-Latata

Pada tahun 2018, Cube Entertainment mendebutkan girl group yang bernama G-Idle. Grup yang beranggotakan enam orang tersebut, mengeluarkan lagu debut mereka yang  berjudul ‘Latata’. Mengusung konsep girl crush, MV dari lagu ini telah memiliki penonton sebanyak 82 juta di Youtube.

6. iKon-Love Scenario

Boy Grup asal YG Entertainment, iKon, mengeluarkan karya pertamanya pada tahun 2018 dengan lagu yang berjudul Love Scenario. Lagu ini langsung menjadi tren ketika pertama kali dirilis dan menjadikannya sebagai salah satu nominasi ‘Song of The Year’ di berbagai acara penghargaan.

Selain itu, MV dari lagu ini menjadi MV iKon dengan jumlah penonton paling banyak di Youtube, yakni sejumlah 219 juta penonton.  Lagu ini juga dinyanyikan oleh iKon ketika mereka tampil di acara pembukaan Asian Games 2018 yang diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

7. Twice-Dance The Night Away

Salah satu girl group yang tengah naik daun, yakni Twice, melakukan comeback ketiga mereka pada tahun 2018 dengan lagu yang berjudul ‘Dance The Night Away’. Lagu ini mengusung konsep summer vibes dan mengambil latar MV di pantai. Hingga November 2018, MV dari lagu ini telah ditonton oleh 135 juta penonton di Youtube.

8. BTS-Idol

Pada tahun 2018, BTS kembali mengeluarkan karya yang mengguncang jagat musik tidak hanya di Korea, tetapi juga di seluruh dunia. Berduet dengan rapper ternama, Nicky Minaj, BTS mengeluarkan karya yang berjudul ‘Idol’. Tidak hanya tangga musik di Korea, lagu ini juga menempati posisi yang cukup tinggi di tangga lagu Billboard.

9. IZ*ONE-La Vie en Rose

IZ*ONE merupakan girl grup yang berasal dari acara survival yang diadakan oleh Mnet, yakni Produce 48. Girl grup yang beranggotakan 12 orang ini, melakukan debutnya pada akhir bulan Oktober 2018 dengan lagu yang berjudul ‘La Vie en Rose’. Lagu tersebut merupakan lagu utama dari album mereka yang bernama ‘COLOR*IZ’.

 

Album ‘COLOR*IZ’ sukses terjual sebanyak lebih dari 125 ribu keping, dan menjadikan IZ*ONE sebagai salah satu girl grup yang paling sukses menjual keping album mereka pada tahun 2018 setelah Twice dan Blackpink.

 

10. Exo-Tempo

Boy grup asal SM Entertainment, EXO, melakukan comeback pada awal bulan November dengan lagu yang berjudul ‘Tempo’. Lagu ini langsung menempati posisi tertinggi di berbagai tangga musik tak lama setelah dirilis.

 

Lagu ini juga menjadi tanda kembalinya salah satu member mereka, yakni Lay, yang sebelumnya memilih untuk bersolo karir di China.

 

Itulah 10 lagu K-pop terbaik pada tahun 2018 versi penulis. Versimu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya