Cafe kini kerap dijadikan tempat terfavorit bagi anak muda. Biasanya cafe menyediakan berbagai macam hidangan yang sedang hits, terutama dikalangan anak-anak muda. Selain makanan, suasana di cafe juga asik dan nyaman untuk ngobrol bersama teman-teman. Ditambah lagi, biasanya cafe menyediakan wifi gratis untuk para pelanggannya. Tak heran jika pelanggan betah berjam-jam di cafe.

Ketika sedang berkunjung ke cafe, hampir selalu ada minuman yang dibeli untuk menemani pelanggan ketika menikmati momennya. Biasanya cafe mengutamakan minuman yang sedang menjadi favorit untuk mengisi menunya. Apa sajakah minuman itu?

1. Cappuccino

Photo by Caesar Aldhela on Unsplash

Photo by Caesar Aldhela on Unsplash via https://unsplash.com

Perpaduan dua minuman favorit berupa kopi dan susu menghasilkan menu favorit khas italia bernama cappucino. Cappucino memiliki takaran susu yang sebanding dengan kopi espresso. Berbeda dengan latte, macchiatto ataupun ristretto yang memiliki takaran susu yang berbeda.

Advertisement

Umumnya, pada cappucino terdapat foam yang indah di atasnya. Foam pada cappucino terbuat dari susu segar yang telah di-frothing menggunakan alat khusus.

2. Latte

Photo by Waranya Mooldee on Unsplash

Photo by Waranya Mooldee on Unsplash via https://unsplash.com

Berbeda dengan cappucino, latte memiliki takaran susu yang lebih banyak dibanding espresso dalam satu cangkir. Rasa kopinya lebih lemah, namun rasa creamynya lebih menonjol dibanding cappuccino.

Latte juga memiliki foam lembut diatas kopi. Foam-nya juga terbuat dari frothing milk dan takarannya juga lebih banyak.

3. Matcha Tea

Photo by Jason Leung on Unsplash

Photo by Jason Leung on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Green tea dan matcha tea merupakan dua hal yang berbeda. Mereka berdua sama berwarna hijau, namun matcha tea memiliki warna yang lebih pekat, lebih kental rasanya lebih kuat dan jika dicampur susu rasanya lebih creamy dibanding green tea.

Bentuknya pun berbeda, green tea biasa berbentuk bubuk sedangkan green tea seperti teh celup biasanya. Jika kamu mengonsumsi matcha, kamu seperti mengonsumsi seluruh daun teh, sedangkan pada green tea kamu hanya mengekstraknya saja dan membuang ampasnya layaknya teh celup.

4. Thai Tea

Photo by Jony Ariadi on Unsplash

Photo by Jony Ariadi on Unsplash via https://unsplash.com

Berbeda dengan teh biasa, thai tea terbuat dari daun teh khas thailand yang dicampur dengan berbagai bahan lainnya. Resep tersebut sukses menghasilkan rasa, warna dan aroma unik pada thai tea. Dengan itu, thai tea menjadi minuman favorit.

5. Es Kopi Susu

Photo by Noora AlHammadi on Unsplash

Photo by Noora AlHammadi on Unsplash via https://unsplash.com

Sama-sama perpaduan kopi dan susu namun berbeda dengan cappuccino, latte, macchiatto dan ristretto yang menggunakan mesin espresso. Es susu kopi disajikan tanpa menggunakan mesin espresso. Susu yang dipakai pun tidak melalui proses frothing.

Dengan tehnik yang berbeda, maka minuman yang dihasilkan pun berbeda. Es susu kopi memiliki tekstur yang lebih encer dibanding minuman berbasis espresso. Selain itu, tidak terdapat foam halus diatas es susu kopi.

6. Es Teh

Photo by Ben Kolde on Unsplash

Photo by Ben Kolde on Unsplash via https://unsplash.com

Siapa yang tidak tahu es teh? Hampir di setiap rumah makan dijumpai es teh. Tidak hanya itu, di warung-warung pinggir jalan pun seringkali ditemukan es teh. Rasanya yang favorit, ringan dan pembuatannya yang mudah merupakan alasan es teh menjadi minuman yang mudah ditemukan di mana-mana.

7. Milk Tea

Photo by Rosalind Chang on Unsplash

Photo by Rosalind Chang on Unsplash via https://unsplash.com

Perpaduan antara teh dan susu menghasilkan rasa milky favorit banyak orang kini. Resepnya sangat sederhana, hampir semua orang tahu, namun rasanya adalah favorit bagi kebanyakan orang.

Meskipun resepnya sederhana, tetap saja membutuhkan keahlian untuk menghasil rasa yang istimewa. Yaitu rasa yang berbeda dari karya kebanyakan orang. Kamu bisa mengkreasikan minuman ini dengan menambahkan berbagai macam bahan, seperti madu, gula merah, kayu manis, gula aren dan sebagainya.

8. Minuman Soda

Photo by Frame Harirak on Unsplash

Photo by Frame Harirak on Unsplash via https://unsplash.com

Air soda atau air berkarbonasi memberikan sensasi segar yang berbeda dengan kebanyakan minuman. Didalamnya terdapat gas karbon dioksida yang membuatnya bergelembung. Hal itu juga membuat soda mengandung sensasi yang menggetarkan sekaligus mengasyikkan.

Minuman soda yang dijumpai di cafe biasanya merupakan hasil kreasi cafe tersebut. Air soda kerap dijadikan bahan favorit untuk membuat resep minuman baru. Sehingga rasanya khas dan sulit dijumpai di tempat lain.

9. Milk Shake

Photo by Oscar Nord on Unsplash

Photo by Oscar Nord on Unsplash via https://unsplash.com

Tidak diragukan lagi kalau susu adalah bahan favorit untuk melahirkan resep baru. Salah satu resep yang terfavorit yakni milkshake. Milkshake adalah minuman berbasis susu yang dikocok atau diblender bersama bahan lain.

Milkshake kerap disajikan bersama cream dan beragam topping diatasnya. Perpaduan bahan yang pas menghasilkan rasa milkshake yang sangat enak. Rasanya sangat creamy dan tidak berat membuatnya cocok untuk diminum kapanpun dan di manapun.

10. Juice

Photo by Alex Loup on Unsplash

Photo by Alex Loup on Unsplash via https://unsplash.com

Biasanya setiap cafe, rumah makan, restoran dan sebagainya menyediakan satu deretan menu sehat, yakni juice. Kandungannya yang lebih aman merupakan keunggulan dari minuman ini. Meski begitu, tetap saja pihak cafe harus tetap mempertimbangkan rasa. Karena kandungannya dan rasanya adalah keunggulan dari minuman ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya