Anggrek menjadi salah satu bunga hias yang sangat diminati oleh banyak orang, karena pada bunga tersebut memiliki cukup banyak sekali manfaatnya. Seperti yang sudah kalian ketahui semua, jika manfaat bunga anggrek memang sangat banyak sekali. Untuk saat ini memang sudah banyak sekali orang memiliki dan merawat bunga anggrek atau bahkan sudah banyak pembudidaya bunga anggrek. Terlabih untuk di Indonesia sendiri sudah terdapat cukup banyak jenis bunga anggrek, seperti anggrek bulan, anggrek vanda, anggrek tebu dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya orang sangat menyukai bunga anggrek, membuat sejumlah orang ingin merawat bunga anggrek sendiri. Terlebih cara merawat bunga anggrek memang sangat mudah sekali, karena dalam merawat anggrek sama seperti kita merawat tanaman bunga lainnya. Kunci dalam merawat bunga anggrek cukup ketekunan dalam merawat setiap harinya. Di mana alian semua harus memperhatikan pertumbuhannya, apakah harus dikasih pupuk atau tidak dan perhatikan sirkulasi udara dan suhu udaranya sesuai dengan kriteria dari bunga anggrek yang kalian rawat.

Seperti yang sudah ketahui semua, jika dalam merawat bunga anggrek memang harus memperhatikan secara seksama dari nutrisinya, media tanamnya sampai suhunya juga harus diperhatikan. Sebetulnya dalam cara merawat bunga anggrek memang sangat mudah sekali, kami yakin kalian semua sudah bisa melakukannya meski masih tahap belajar dalam hal merawat bunga anggrek. Jika kalian masih ragu dan ingin tahu cara merawat bunga anggrek, bisa konsultasikan saja langsung kepada orang yang berpengalaman mengenai bunga anggrek.

Memiliki banyak sekali manfaatnya, membuat bunga anggrek sangat disukai oleh banyak orang. Hanya saja untuk saat ini memang sudah terdapat beberapa jenis bunga anggrek yang hampir punah dan terdapat banyak juga yang sudah punah. Oleh karena itu senmua, kita sebagi penikmat bunga anggrek diharuskan untuk melestarikan keberadaan bunga anggrek.

Baiklah untuk kesempatan sangat baik ini, kami akan informasikan kepada kalian semuanya cara merawat bunga anggrek untuk pemula yang mudah sekali dan untuk lebih lengkapnya dapat simak langsung saja ulasan  dibawah ini.

1. Pakai Media Tanam yang Cocok Untuk Bunga Anggrek

Pakai Media Tanam yang Cocok Untuk Bunga Anggrek

Pakai Media Tanam yang Cocok Untuk Bunga Anggrek via https://travel.kompas.com

Untuk kalian yang ingin merawat sebuah bunga anggrek, pastikan terlebih dahulu jenis bunga anggrek yang akan kalian rawat. Karena setiap jenisnya memiliki kriteria sendiri, dari yang sangat menyukai suhu udara lembab dan ada juga yang sedang. Oleh karena itu hal yang perlua kalianj perhatikan terlebih dahulu, media tanamanya yang cocok menggunakan media mana.

2. Tempatkan Pada Lokasi yang Sesuai dengan Karakternya

Tempatkan Pada Lokasi yang Sesuai dengan Karakternya

Tempatkan Pada Lokasi yang Sesuai dengan Karakternya via https://travel.kompas.com

Advertisement

Untuk cara merawat bunga anggrek selanjutnya cukup taruh saja pada tempat yang sesuai dengan karakter dari bunga angggrek kalian semuanya. Semisalnya saja jenis anggrek kalian tidak terlalu suka dengan sinar matahari langsung,sebaiknya ditempatkan pada tempat yang agak lemba atau pada tempat lain yang tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Siram Secara Rutin

Siram Secara Rutin

Siram Secara Rutin via https://radarbali.jawapos.com

Sama seperti tanaman lainnya, bunga anggrek juga perlu disiram secara rutin. Meskipun kita sudah tahu jika anggrek sangat menyukai dengan kelembaban, namun dalam menyiramnya secukupnya saja. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya pembusukan pada bagian akar dikarenakan terlalu banyak air di dalamnya.

4. Atur Sirkulasi Udaranya

Atur Sirkulasi Udaranya

Atur Sirkulasi Udaranya via http://kaltim.tribunnews.com

Untuk langkah selanjutnya cukup atur saja sirkulasi udara yang masuk pada tanaman bunga anggrek kalian semua. Hal tersebut memang harus kita perhatikan betul, karena pada dasarnya bunga anggrek sangat menyukai sirkulasi udara yang lancar untuk mempercepat pertumbuhan bunga annggrek. Sehingga bunga anggrek yang kalian tanam akan tumbuh subur dan pastinya akan lebih cepat berbunga.

5. Pastikan Nutrisi Terpenuhi

Pastikan Nutrisi Terpenuhi

Pastikan Nutrisi Terpenuhi via https://travel.tempo.co

Advertisement

Dalam hal merawat bunga anggrek, tidak hanya sekadar menyiram secara rutin saja, kalian semua juga harus memperhatikan nutrisinya. Terlebih jika bunga anggrek kalian semua umurnya masih muda, pastinya akan sangat membutuhkan nutrisi agar tanaman anggrek kalian dapat tumbuh dengan segar dan subur.

6. Kasih Pupuk Secara Rutin

Kasih Pupuk Secara Rutin

Kasih Pupuk Secara Rutin via https://covesia.com

Tidak hanya nutrisi saja dalam merawat bunga anggrek, kalian  juga harus memperhatikan  pemberian pupuknya. Kalian harus tahu kapan waktunya untuk diberi pupuk. Pemberian pupuk memang sudah hal yang wajib dalam merawat sebuah tanaman. Terlebih untuk tanaman anggrek, pastinya harus diperhatikan sekali dalam memberikan pupuknya.

7. Sesuaikan Ketinggian Bunga Anggrek

Sesuaikan Ketinggian Bunga Anggrek

Sesuaikan Ketinggian Bunga Anggrek via https://finance.detik.com

Pada dasarnya anggrek memang sangat menyukai dengan ketinggian, oleh karena itu banyak sekali pembudiaya bunga anggrek yang menarauh tanamanya pada tempat lebih tinggi. Kalian juga bisa melakukannya dengan cara menaruh tanaman anggrek di ketinggian 1 meter atau lebih.

8. Tempatkan pada Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Tempatkan Pada Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Tempatkan Pada Tempat yang Terkena Sinar Matahari via https://travel.detik.com

Terdapat beberapa jenis bunga anggrek yang sangat menyukai sinar matahari langsung dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, kalian  harus perhatikan secara benar akan kriteria dari bunga anggrek yang kalian rawat.

9. Atur Suhu Udaranya

Atur Suhu Udaranya

Atur Suhu Udaranya via https://faktualnews.co

Cara merawat bunga anggrek untuk pemula yang selanjutnya, kalian semua cukup mengatur suhu udaranya saja. Kalian bisa menaruh pada tempat yang memiliki sushu udara lembab atau bisa kalian bikin tempat agar suhu udaranya terasa lembab.

10. Perhatikan Secara Benar Pertumbuhannya

Perhatikan Secara Benar Pertumbuhannya

Perhatikan Secara Benar Pertumbuhannya via https://www.suaramerdeka.com

Untuk langkah yang terakhir, kalian semua cukup tekun dalam merawatnya dan pastikan kalian semua perhatikan secara benar pertumbuhan dari bunga anggrek. Dengan memperhatikan secara benar, pastinya kalian semua sudah tahu bagiaman kondisi tanaman anggrek sehat atau terkena hama.

Cukup mudah dan sederhana, bukan? Yuk, mulai menanam anggrek dari sekarang. Biar pekaranganan rumahmu jadi lebih cantik dan berwarna. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya