Hari libur sekolah sudah berakhir dan kamu harus segera mempersiapkan tahun ajaran baru di Sekolah sebaik mungkin agar prestasi kamu lebih membanggakan untuk kedua orang tuamu dan tentunya bagi kamu sendiri. Di era teknologi sekarang, banyak aplikasi edukasi di smartphone yang bisa kamu install agar menunjang aktivitas belajarmu di tahun ajaran baru ini.

Nah kali ini Sobat Hipwee akan merangkum 10 rekomendasi Aplikasi yang wajib kamu install tersebut. Catat ya guys!

1. WPS Office

Aplikasi WPS Office

Aplikasi WPS Office via https://play.google.com

Aplikasi Edukasi pertama yang wajib kamu install adalah WPS Office. Aplikasi ini pasti sangat kamu butuhkan untuk membuka file-file Microsoft Office (Word, Excel, dan Powerpoint). Selain itu, kamu juga bisa mengedit sekaligus mengerjakan tugas dari guru dengan mengetik langsung dari smartphone kamu.

2. Office Lens

Aplikasi Office Lens

Aplikasi Office Lens via https://play.google.com

Pasti kamu pernah menemui guru yang mencatat materi pelajaran yang cukup panjang di papan tulis kemudian menyuruh kalian mencatat. Maka aplikasi edukasi besutan Microsoft ini yang bisa menjadi solusinya. Caranya cukup kamu buka aplikasi Office Lens dan arahkan kamera smartphone kamu ke papan tulis.

Advertisement

Kamu akan mendapatkan hasil jepretan gambar dengan detil tulisan yang jelas meskipun kamu mengambil gambar dari berbagai sudut pandang karena ingat ini bukan aplikasi kamera biasa.

3. Google Translate

Aplikasi Google Translate

Aplikasi Google Translate via https://play.google.com

Terkendala soal dan materi Bahasa Inggris yang harus kamu pelajari? Tenang, dengan aplikasi Google Translate kamu bisa menerjemahkan Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia dan sebaliknya. Cukup dengan copy tulisan yang ingin kamu terjemahkan kemudian paste ke aplikasi Google Translate.

Selain Bahasa Inggris kamu bisa menerjemahkan berbagai macam bahasa secara online seperti Jepang, Mandarin, Perancis, Arab, Belanda dan masih banyak lainnya.

4. Photomath

Aplikasi Photomath

Aplikasi Photomath via https://play.google.com

Advertisement

Masih menganggap pelajaran Matematika sebagai momok yang menakutkan? Tenang, kamu bisa menginstal aplikasi edukasi Photomath untuk membantu kamu belajar mengerjakan soal-soal matematika yang kamu anggap rumit. Caranya cukup mudah yaitu hanya dengan mengarahkan kamera smartphone-mu ke soal matematika yang kamu anggap rumit dan "voila" jawaban yang kamu inginkan akan segera muncul.

Jika kamu ingin mengetauhi langkah-langkah dalam pengerjaannya, cukup kamu klik jawaban yang muncul tersebut

5. Duolingo – Learn Language Free

Aplikasi Duolingo

Aplikasi Duolingo via https://play.google.com

Bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa asing seperti Bahasa Inggris menjadi lebih baik lagi maka aplikasi edukasi ini reccomended banget untuk kamu install. Pasalnya kamu akan belajar bahasa lebih lengkap dengan beragam fitur seperti latihan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis yang tentunya dijamin gratis.

Tak hanya tersedia di Android, aplikasi ini juga tersedia di Apple Store dan ada juga versi web yang bisa kamu akses di komputer

6. Camscanner

Aplikasi Camscanner

Aplikasi Camscanner via https://play.google.com

Aplikasi yang menunjang aktivitas kamu selanjutnya adalah CamScanner. Bagi kamu yang tidak memiliki alat scanner pada mesin printer, kamu akan dimudahkan men-scan file-file kamu layaknya menggunakan mesin scanner sungguhan hanya dengan menjepret via kamera smartphone-mu.

Kamu bisa menyimpan hasil file scan kamu dengan format .pdf atau .jpg/.jpeg untuk selanjutnya kamu print atau kirim melalui e-mail.

7. Tabel Periodik

Aplikasi Tabel Periodik

Aplikasi Tabel Periodik via https://play.google.com

Bagi kamu pelajar SMP, SMA jurusan IPA, atau mahasiswa Sains pasti akan membutuhkan Tabel Periodik Unsur untuk mata pelajaran Kimia. Cukup dengan menginstal aplikasi edukasi ini di smartphone, kamu tidak perlu repot-repot membeli atau membawa Tabel Periodik Unsur versi cetak kemana-mana.

8. RAR

Aplikasi RAR

Aplikasi RAR via https://play.google.com

Aplikasi ini dijamin akan membantu aktivitas kamu saat sekolah nanti. Pasalnya kamu mungkin pernah mengalami mengunduh file dokumen satu persatu dari teman kamu yang pastinya akan merepotkan. Aplikasi RAR ini bisa menjadi solusi karena dapat mengompress beberapa dokumen menjadi satu format file saja.

Dengan demikian, kamu bisa mengunduh atau mengupload beberapa dokumen dengan rapi kepada temanmu.

9. Hiper Scientific Calculator

Aplikasi Hiper Scientific Calculator

Aplikasi Hiper Scientific Calculator via https://play.google.com

Kamu pasti pernah menghadapi soal-soal matematika trigonometri seperti sin, cos, tan. Kalkulator yang harus kamu gunakan adalah tipe scientific-calculator dimana terkadang aplikasi kalkulator bawaan di smartphone kamu belum mendukung versi ini. Jika harus membeli harganya cukup mahal.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu cukup menginstal aplikasi edukasi Scientific Calculator untuk menemani kamu menghitung soal-soal matematika.

10. Ruangguru

Aplikasi Ruangguru

Aplikasi Ruangguru via https://play.google.com

Aplikasi edukasi terakhir yang wajib kamu install adalah Ruangguru. Aplikasi ini memungkinkan kamu mendapatkan bimbingan belajar dengan guru terbaik secara daring atau online. Para guru terpilih di aplikasi Ruangguru akan membantu kamu memecahkan soal-soal dari pekerjaan rumah (PR), latihan, atau tugas selama 24 jam.

Selain itu, aplikasi Ruangguru juga menyediakan beragam konten edukatif seperti video, latihan soal, dan try out untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, hingga SMA.

Nah, bagaimana menurutmu? Sudah siap menyambut tahun pelajaran baru dengan semangat untuk menjadi lebih baik lagi? Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya