Ketika lulus dari jenjang sekolah menengah atas, banyak pelajar yang semangat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas, beberapa dari mereka mungkin sudah tidak sabar untuk memulai kehidupan yang baru. Namun, ketika ditanya, program studi apa yang akan dipilih, atau universitas mana yang akan dituju, banyak pelajar yang masih bingung.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dalam memilih universitas, kali ini Galedu akan mengulas tentang universitas terbaik di Asia berdasarkan QS University Rankings pada tahun 2016. Simak yuk!

1. National University of Singapore

NUS merupakan salah satu universitas unggulan yang terletak di Singapore. National University of Singapore telah menempati ranking pertama sebagai universitas terbaik di Asia sebanyak tiga kali berturut-turut. NUS juga menempati peringkat ke-12 sebagai universitas terbaik di dunia. NUS merupakan universitas tertua yang berusia 111 tahun pada tahun ini dan merupakan universitas negeri di Singapore. Universitas ini menerapkan sistem pendekatan global untuk program pendidikan dan penelitian di kampus.

Advertisement

Universitas ini juga dikenal dengan universitas yang secara intensif melakukan penelitian dan memiliki 38,000 pelajar dengan 9,400 pelajar internasional. NUS menjadi global top 10 di bidang studi berikut: Civil Engineering, Chemical Engineering, Electrical Engineering, Chemistry, Social Policy, Materials Sciences, Statistics and Operational Research, Mechanical Engineering, Architecture, Pharmacy and Pharmacology, Geography, Computer Science, dan Environmental Science.

2. University of Hong Kong

Sama seperti NUS, University of Hong Kong juga merupakan universitas tertua di Hong Kong yang berusia 105 tahun pada tahun ini. Universitas ini memiliki 28,000 pelajar dengan 8,194 pelajar yang merupakan pelajar internasional. University of Hong Kong menempati peringkat ke-27 sebagai universitas terbaik di dunia. Tak hanya itu, selain menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan, ada 37 bidang studi di University of Hong Kong yang menempati peringkat top 100 di dunia.

Beberapa bidang studi unggulan di University of Hong Kong adalah Dentistry, Education and Training, Mineral and Mining Engineering, Civil and Structural Engineering, Architecture, Linguistics, dan Social Policy and Administration.

3. Nanyang Technological University

Advertisement

Sebagian besar dari Sobat Galedu pasti tahu dimana letak Nanyang Technological University atau yang dikenal juga dengan NTU. Yep, NTU terletak di Singapore dan merupakan salah satu universitas terbaik di Singapore selain NUS. Universitas ini merupakan universitas negeri di Singapore yang juga menjadi salah satu universitas dari dua universitas terbesar di Singapore. Universitas ini juga dikenal sebagai universitas yang banyak melakukan riset.

NTU menempati peringkat ke-13 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas ini juga mendapat 5+ QS STARS, salah satu sistem rating yang mengukur kualitas universitas di seluruh dunia. Universitas ini berusia 25 tahun dan menempati peringkat ke-1 dalam QS Top 50 Under 50 pada tahun 2016. NTU memiliki 25,300 pelajar dengan 7,800 pelajar internasional dari 95 negara. Bidang studi unggulan di NTU yang menjadi top 10 di dunia adalah Material Sciences dan Electrical Engineering.

4. The Hong Kong University of Science and Technology

The Hong Kong University of Science and Technology adalah universitas negeri yang dikenal sebagai salah satu universitas riset di Hong Kong. Sama seperti Nanyang Technological University, The Hong Kong University of Science and Technology juga berusia 25 tahun dan menempati peringkat ke-2 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016. Tak hanya itu, HKUST menempati peringkat ke-36 sebagai universitas terbaik di dunia. HKUST memiliki 12,100 pelajar dengan 4,500 pelajar internasional.

Universitas ini populer dan dikenal dengan reputasi pada bidang studi teknik dan international outlook. Beberapa bidang studi unggulan di HKUST adalah Computer Science, Business and Management, Accounting and Finance, Civil and Structural Engineering, Statistics and Operational research, Electrical Engineering, Economics and Econometrics, Chemistry, Chemical Engineering, Materials Sciences, Mechanical Engineering dan Mathematics.

5. Tsinghua University

Tsinghua University merupakan universitas negeri riset yang berlokasi di Beijing, China. Tsinghua University menempati peringkat ke-24 sebagai universitas terbaik di dunia. Universitas yang berusia 105 tahun pada tahun ini pun dinobatkan sebagai salah satu dari 9 universitas bergengsi di China. Tsinghua University memiliki 35,400 pelajar dengan 3,900 pelajar internasional.

Tsinghua University menyediakan 34 program sarjana, 56 program pasca sarjana, 41 program doctoral kepada mahasiswa intenasional. Kurang dari 15 tahun Tsinghua telah memberikan 400 perusahaan dan lapangan pekerjaan berbasis teknologi. Selain itu, yang tak kalah keren adalah terdapat 33 bidang studi di Tsinghua University yang menempati peringkat top 100 dunia. Beberapa bidang studi yang dinobatkan sebagai bidang studi yang masuk top 10 di dunia adalah Architecture, Civil Engineering, dan Materials Sciences.

6. Korea Advanced Institute of Science and Technology

Bagi Sobat Galedu yang ingin melanjutkan studi di negara Korea Selatan, universitas yang satu ini akan membuat kamu pangling. KAIST atau yang dikenal Korea Advanced Institute of Science and Technology merupakan salah satu universitas negeri yang berlokasi di Daejeon, Korea Selatan. Universitas yang didirikan pada tahun 1971 yang berusia 45 tahun ini sangat terkenal dengan hasil risetnya. KAIST menjadi institusi riset pertama di bidang science and engineering di Korea Selatan.

KAIST memiliki 9,800 pelajar dengan 550 pelajar internasional dan menempati peringkat ke-3 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU dan HKUST. Terdapat 15 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia. Beberapa bidang studi unggulan di KAIST adalah Materials Sciences, Chemical Engineering, Electrical Engineering, Chemistry, Mechanical Engineering, Civil and Structural Engineering dan Computer Science.

KAIST juga termasuk universitas yang aktif memberikan beasiswa, salah satunya program KAIST International Student Scholarship. Jika kamu ingin menempuh pendidikan di KAIST, kamu bisa coba mendaftarkan diri ke program beasiswa tersebut.

7. City University of Hong Kong

City University of Hong Kong merupakan salah satu universitas negeri riset yang terletak di Kowloon, Hong Kong. City University of Hong Kong didirikan pada tahun 1984 dan saat ini berusia 32 tahun sekaligus menempati peringkat ke-4 dalam QS Top 50 Under 50 pada 2016 setelah NTU, HKUST, dan KAIST. Tak hanya itu, City University of Hong Kong juga mendapat 5+ QS STARS dalam kualitas.

City University of Hong Kong 9,300 pelajar dengan 3,400 pelajar internasional. Universitas ini menempati peringkat ke-55 sebagai universitas terbaik di dunia. Ada 25 bidang studi yang menempati peringkat top 100 di dunia, beberapa bidang studi unggulan di City University of Hong Kong adalah Linguistics, Communication and Media Studies, Mathematics, Civil and Structural Engineering, Business and Management, Accounting and Finance dan Computer.

8. The Chinese University of Hong Kong

Masih dengan universitas yang terletak di Hong Kong, The Chinese University of Hong Kong menjadi salah satu universitas terbaik di Asia. Universitas yang berusia 53 tahun ini merupakan universitas kedua tertua di Hong Kong. CUHK merupakan satu-satunya universitas di Hong Kong yang mengklaim beberapa penghargaan seperti Nobel Prize, Turing Award, Fields Medal, Veblen Prize.

CUHK menempati peringkat ke-44 sebagai universitas terbaik di dunia. Dengan 17,600 pelajar dan 4,300 diantaranya merupakan pelajar internasional, CUHK memiliki 32 bidang studi unggulan di dunia, diantaranya Electrical Engineering, Social Policy and Administration, Computer Science and Information Systems, Nursing, dan Linguistics.

9. Peking University

Peking University merupakan salah satu universitas yang paling terkenal di China. Peking University merupakan salah satu universitas penelitian besar yang terletak di Beijing, China yang juga dinobatkan sebagai salah satu dari 9 universitas di China yang paling bergengsi. Peking University didirikan pada tahun 1898 dan saat ini sudah berusia 118 tahun. Universitas ini terkenal dengan kualitas pendidikan dan juga keindahan arsitektur China pada bangunannya.

Dengan menempati peringkat ke-39 sebagai universitas terbaik di dunia, Peking University memiliki 39,700 pelajar dan 6,400 diantaranya adalah pelajar internasional. Tak hanya itu, Peking University memiliki 35 bidang studi unggulan di dunia, diantaranya Modern Languages, Linguistics, Chemistry, Dentistry, Mineral and Mining Engineering and Social Policy, dan Administration.

10. Seoul National University

Seoul National University merupakan universitas negeri yang terletak di ibukota Korea Selatan, yaitu Seoul. Seoul National University merupakan universitas yang sangat populer dan dikenal sebagai salah satu universitas yang paling bergengsi di Korea Selatan. Seoul National University yang didirikan pada 1946 dan saat ini berusia 70 tahun ini, merupakan universitas pertama di Korea Selatan.

Universitas ini memiliki 27,700 pelajar dengan 2,200 pelajar internasional. Yang tak kalah keren, Seoul National University dianugerahi 5+ QS STARS dan menempati peringkat ke-35 universitas terbaik di dunia. Seoul National University memiliki 38 bidang studi unggulan di dunia, diantaranya Modern Languages, Social Policy and Administration, Materials Sciences, Chemical Engineering, Chemistry, Mechanical Engineering, dan Pharmacy and Pharmacology.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya