10 Wisata Kuliner Tempat Ngopi Bernuansa Sawah di Jogja yang Menyejukkan Pikiran

Yuk main ke Jogja~

Kalian para pecinta kuliner bosen dengan tempat ngopi yang bergaya monokrom, minimalis, dan desain-desain aesthetic? 10 daftar tempat ngopi bernuansa sawah di Jogja ini akan membuat moodmu kembali naik untuk berkumpul bersama. Tak hanya untuk nongkrong bersama teman sebaya yang kekinian, tetapi 10 tempat ngopi ini juga bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Karena tempat ngopi dengan pemandangan sawah yang indah akan membuat nyaman dan leluasa untuk digunakan berkumpul dengan segala usia.

Selain itu, dengan pemandangan yang hijau dan udara yang segar akan kembali merefresh pikiran anda yang sedang suntuk. Apalagi setelah masa karantina yang berkepanjangan ini, suasana hati yang buruk akan kembali baik ketika anda duduk dan menikmati keasrian sawah disana.

Eh, tapi jangan salah, walaupun 10 coffeeshop ini tidak bergaya aesthetic seperti coffeeshop biasanya. Tapi, setiap spot yang diberikan tetap instagramable loh. Jadi, tidak perlu sedih karena tidak bisa update di instagram. Justru setiap bidikan kamera yang anda ambil disana akan memberikan kesegaran disetiap postingan yang anda posting.

Advertisement

1. Kopi Klotok

Photo by Instagram Kopi Klotok

Photo by Instagram Kopi Klotok via https://www.instagram.com

Tempat ngopi yang terletak di Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582 ini merupakan tempat ngopi langganan para public figure yang sedang berwisata ke Jogja loh. Beberapa di antaranya ada Nagita Slavina, Najwa Shihab, Pevita Pearce, dan masih banyak lagi.

Selain pemandangan sawah yang indah dan menyejukkan, menu-menu yang disajikan juga tidak kalah menggodanya. Sesuai nama tempatnya, kopi klotok juga mempunyai menu andalannya yaitu kopi klotok. Selain itu juga beragam minuman yang disediakan. Untuk makanannya disajikan secara prasmanan atau pelanggan dapat mengambil sendiri sesuai keinginannya. Lauk yang disediakan seperti lodeh tempe, lodeh terong, sayur asem, dan masih banyak lagi.

Advertisement

2. Ingkar Janji Kopi

Photo by Instagram Ingkar Kopi Janji

Photo by Instagram Ingkar Kopi Janji via https://www.instagram.com

Tempat ngopi ini pernah didatangi langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Sandiaga Uno loh. Tempat ini beralamatkan di Jl. Raya Kaligesing No.17, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.

Untuk menunya terdapat beberapa minuman yang disediakan seperti kopi ingkar janji sesuai nama tempatnya, kopi tubruk, kopi turki, kopi vietnam drip, dan masih banyak lagi. Untuk snacknya ada geblek yaitu makanan khas Kulonprogo, pisang goreng, jadah goreng, dan lainnya. Dan untuk makanan beratnya terdapat beberapa olahan sayuran seperti lodeh, trancam, dan sayur lainnya. Harganya dibandrol mulai dari 2 ribuan saja.

3. Kopi Ampirono

Photo by Instagram Kopi Ampirono

Photo by Instagram Kopi Ampirono via https://www.instagram.com

Tempat ngopi yang selalu rame dipenuhi oleh pengunjung ini memang menyediakan pemandangan yang begitu indah. Pengunjung juga bisa duduk lesehan diarea undak-undakan sawahnya. Selain pemandangan, Kopi Ampirono juga sering menampilkan live music untuk menghibur para pengunjungnya. 

Untuk menu-menunya sendiri, Kopi Ampirono menyediakan kopi joss, kopi menoreh, teh kalibiru, dan lain-lain untuk minumannya. Untuk makanan prasmanan bersama nasi terdapat beberapa olahan sayur seperti sayur lodeh kluwih, tempe, dan terong. Dan untuk snack ringannya terdapat geblek dan  gorengan-gorengan lainnya. Alamat dari tempat ini ada di Jl. Raya Kaligesing, Tileng, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674

4. Kopi Nuri

Photo by Instagram Kopi Nuri

Photo by Instagram Kopi Nuri via https://www.instagram.com

Kopi yang belum lama buka ini sudah ramai didatangi pengunjung setiap harinya. Tempat yang terletak di Jl. Anggajaya 2, Sanggrahan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 ini buka mulai dari pukul 08.00-00.00 WIB.

Menu-menu yang disajikan diantaranya kopi caramel, kopi rum, redvelvet, strawberry squash dan minuman berbasis kopi dan non kopi lainnya. Untuk snack ringannya seperti onion rings, chicken wings, jamur crispy, dan lain-lain. Serta untuk makanan beratnya terdapat nasi goreng, mie, katsu, chic skin spicy, dan masih banyak lagi. Untuk harganya diberikan mulai dari 5 ribuan saja.

5. Always Coffee

Photo by Always Coffee

Photo by Always Coffee via https://www.instagram.com

Tempat ngopi yang sangat direkomendasikan untuk bersantai ataupun untuk mengerjakan beberapa pekerjaan atau tugas ini memiliki suasana yang membuat nyaman dan tenang. Selain suasananya yang menyenangkan, menu makanannya pun juga tak kalah enak. Untuk varian minumannya sendiri ada seperti espresso, americano, vanilla latte, dan lainnya.

Snack ringannya antara lain singkong, mendoan, dan pisang. Namun Always Coffee belum menyediakan menu makanan berat. Untuk yang mau berkunjung kesini, alamatnya berada di Jl. Melon Mundusaren, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

6. Tepi Sawah Coffee Eatery

Photo by Instagram Tepi Sawah

Photo by Instagram Tepi Sawah via https://www.instagram.com

Selain memberikan suasana sawah yang menyejukkan, Tepi Sawah juga menampilkan sunset yang sangat indah pada sore hari. Dan tak hanya itu, menu-menu yang disajikan juga diberikan dengan cita rasa yang mengenakkan lidah. Seperti varian makanan terdapat nasi goreng, bihun goreng, pempek, dan lainnya. Sedangkan minumannya seperti cendol susu gula aren, es kacang ijo, es timun nata de coco, es kacang merah, brownsugar freshmilk boba, ovaltine creamcheese, dan masih banyak lagi.

Letak dari Tepi Sawah ini berada di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

7. English Ivy Coffee

Photo by English Ivy Coffee

Photo by English Ivy Coffee via https://www.instagram.com

Selain suasana syahdu yang disajikan. English Ivy Coffee juga memiliki keunikan dalam pelayanannya. Yaitu seperti dalam menyajikan nama menunya, selain yang dicantumkan pada papan menu seperti redpresso, nutmarry coffee, coffee blend, all pastry, dan all cake/salad. English Ivy Coffee memberikan keunikan untuk sistem AQ yaitu Ask Question kepada baristanya untuk bertanya mengenai menu-menu rahasia disana.

Untuk kalian yang tertarik datang ke English Ivy Coffe dapat mengunjunginya di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

8. Kopi Klotok Menoreh

Photo by Kopi Klotok Menoreh

Photo by Kopi Klotok Menoreh via https://www.instagram.com

Kopi Klotok Menoreh berbeda dengan Kopi Klotok Jogja. Tetapi juga memiliki keindahan tempat yang luar biasa. Tempat ngopi yang sering dihampiri para pesepeda ini beralamat di Jl. Raya Kaligesing, Kenteng, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55671

Berbagai macam menu kopi disajikan di sana dan dibedakan antara proses pembuatan modern dan tradisional. Selain itu di sana juga menyediakan berbagai minuman-minuman tradisional seperti jamu-jamuan. Snack ringan yang disajikan juga masih berbasis tradisional seperti limpung kimpul, balok telo, pisang goreng, dan tahu susur larva menoreh.

Serta untuk makanan beratnya terdapat berbagai macam olahan seperti nasi sayur mangut iwak pari, pindang goreng, sambel bawang korek, sambel ndeso, dan masih banyak lagi.

9. Terraloka

Photo by Instagram Terraloka.id

Photo by Instagram Terraloka.id via https://www.instagram.com

Tempat ngopi yang berada di Jl. Raya Kaligesing, Krikil, Pendoworejo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674 ini sedang hitz di kalangan remaja masa kini. Selain karena belum lama buka, tetapi karena pemandangan dan suasana yang disajikan benar-benar menyenangkan.

Untuk menu yang disajikan juga merupakan menu-menu yang kekinian seperti burger, pizza, sandwich, spaghetti, nasi teriyaki, chicken cream soup, dan lainnya. Serta untuk minumannya terdapat berbagai macam varian kopi maupun non kopi.

10. Marisini Coffee

Photo by Marisini Coffee

Photo by Marisini Coffee via https://www.instagram.com

Selain feed instagram yang dibuat cantik dan elegan, tempat ngopinya juga tidak kalah indah dan menawannya. Apalagi menu-menu yang disajikan seperti americano, moccachino, latte, dll untuk varian minuman. Dan juga terdapat minuman non coffee juga seperti cincau susu es krim coklat, baby chino marsmellow hot, lavender squash, dll. Menu makanannya  antara lain olahan nasi dan mie, pasta, dan bubur. Dan  untuk snack ada tekwan, ketan serikaya, pempek, canai, dll.

Alamat Marisini Coffee ini berada di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ilmu Komunikasi | Yogyakarta

CLOSE