10 Hal yang Menjadi Suka Duka Anak Kos, Mana yang Pernah Kamu Alami?

Berbagai hal yang menjadi suka duka anak kos

Siapa yang sekarang sedang menjalani kehidupan sebagai anak kos? Pengalaman hidup mandiri yang biasa dijalani oleh mahasiswa memang mengandung sejuta makna. Di tanah perantauan, bukanlah  hal yang mudah dan  menyenangkan bagi seorang mahasiswa karena dituntut untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri dan dewasa. Tetapi ga selalu menyedihkan juga.

Banyak sekali pengalaman yang akan kamu dapatkan, baik yang menyenangkan maupun yang kurang menyenangkan. Meski terlihat berat, namun  jadi anak kos ga semenyeramkan yang kamu bayangkan kok. Contohnya aku nih yang sekarang sedang menjalani kehidupan sebagai anak  kos. Penasaran ga nih apa saja suka duka yang hanya dipahami anak kos? Yuk simak selengkapnya!

Advertisement

1. Lebih menikmati hidup

Menikmati hidup

Menikmati hidup via https://media.istockphoto.com

Suka duka yang akan kamu lalui sebagai anak kos begitu banyak hingga kamu bisa meyelesaikan pendidikan di tanah orang. Banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan, seperti memiliki banyak teman, belajar toleransi, belajar banyak bahasa dan budaya dari teman yang berasal dari daerah yang berbeda, dan hal-hal positif lainnya. Duka yang kamu dapatkan ketika merantau akan menjadi pelajaran berharga untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Pandai mengatur keuangan

Hal yang wajib kamu  kuasai secepatnya ketika kamu jadi anak kos adalah harus pandai dalam mengatur keuangan agar dikala tanggal yang menunjukkan akhir bulan, kamu tidak akan kelaparan. Kamu akan menjadi orang yang sangat perhitungan dalam hal mengeluarkan uang untuk keperluan sehari-hari.

Advertisement

3. Homesick

Anak kos boleh saja bebas pergi kemanapun, namun ada kalanya kamu merasakan homesick. Suasana rumah, lezatnya masakan ibu, pertengkaran dengan saudara, ocehan orangtua menjadi hal yang paling dirindukan. Biasanya karena hal ini, banyak anak kos yang akan menangis dan solusni yang tepat adalah dengan bertelpon atau video call untuk mengurangi kerinduan.

4. Sakit sendirian

Sakit sendirian

Sakit sendirian via https://cdn.pixabay.com

Duka yang paling dirasakan anak rantau adalah saat sakit. Ketika kita butuh sesuatu, kita sendiri yang akan menghadapinya bukan?. Nah, sebagai solusinya biasanya dengan memanggil teman dekat atau tetangga kamar kos. Maka dari itu, ketika kamu jauh dari orang tua, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya!.

5. Rebutan kamar mandi

Kamar mandi

Kamar mandi via https://cdn.pixabay.com

Hal yang pasti pernah kamu alami sebagai anak kos yang tidak dilengkapi dengan kamar mandi dalam, kamu harus bagun lebih awal jika kamu tidak mau pusing menanti anak kos lain yang mandinya sangat lama. Belum lagi saat kamu harus dengan menghirup ‘aroma surga’ yang ditinggalkan pengguna kamar mandi sebelumnya yang habis buang air besar. Duh, wanginya!

Advertisement

6. Mie instan menjadi andalan saat tanggal tua

Mie instan

Mie instan via https://cdn.pixabay.com

Mungkin makan mie instan menjadi hal yang sangat atau bahkan sering kamu lakukan saat menjadi anak kos. Apalagi saat dilakukan bersama denga teman akan jauh lebih nikmat dirasakan. Berawal dari patungan untuk membeli mie instan, kemudian dimasak bersama, lalu saat selesai dimakan bersama-sama. Kebersamaan itulah yang akan menjadi kenangan yang indah dan tak terlupakan untuk kamu.

7. Menjadi lebih mandiri

Kamar kos

Kamar kos via https://cdn.pixabay.com

Segala sesuatu yang berhubungan dengan kelangsungan hidup sebagai anak kos harus kamu lakukan secara mandiri tanpa bantuan dari orang tua, baik dari makan yang biasanya sudah disiapkan sekarang haus masak atau beli sendiri, mencuci baju sendiri, bersih-bersih kamar kos sendiri, dan masih banyak hal lainnya.

8. Dekat dengan kampus

Orang jalan kaki ke kampus

Orang jalan kaki ke kampus via https://cdn.pixabay.com

Kos yang jaraknya dekat dengan kampus, pasti banyak banget keuntungan yang kamu dapat.  Jika ada kelas, kamu bisa bersiap-siap dengan santai tanpa mengabiskan energi banyak sehingga akan lebih semangat saat pergi ke kampus. Nah, bisa juga saat kamu bangun kesiangan, kamu tidak akan terlalu panik karena bisa bersiap 5 menit lalu jalan ke kampus 5 menit, jadi tidak terlalu terlambat.

9. Tetangga kos yang berisik

Tetangga berisik

Tetangga berisik via https://cdn.pixabay.com

Memiliki tetangga kos yang berisik bisa membuat suasana kos terlihat ceria dan tidak sepi. Namun, ada kalanya kamu akan merasa terganggu saat kita ingin merasakan ketenangan.

10. Kangen pulang kampung

Sebuah desa

Sebuah desa via https://cdn.pixabay.com

Homesick memang selalu akan menghantui saat sedang sendiri di dalam kos. Menelpon atau video call dengan keluarga menjadi obat paling manjur ketika rindu sedang datang.

Nah, itu dia 10 hal menjadi suka duka anak kos. Apa aja nih yang sudah kamu alami selama jadi anak kos?. Walaupun menjadi anak kos ga selalu menyenangkan dan ga selamanya menyedihkan, namun itu akan menjadi salah satu pengalaman yang indah untuk dikenang. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa kok karena juga  kamu pasti akan dikelilingi oleh banyak teman senasib sepenanggungan sehingga kamu tidak akan merasa kesepian. So, kamu harus jadi anak kos yang sekuat baja ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE