Berencana berlibur atau sekadar bermimpi untuk mengunjungi kota London? Hati-hati, orang London itu terkenal dengan attitude, style dan cara hidup yang berkelas. Mereka sangat tidak suka dengan turis-turis yang norak dan terlalu banyak bertanya. Wah serem dong? gakusah khawatir, ini nih 11 hal yang kamu harus tau untuk jadi turis yang gak norak dan juga memudahkan perjalananmu di London

1. Orang London mengendarai di sebelah kiri

"Boro-boro mengendarain mobil, kan Cuma berkunjung beberapa hari" Ia sih bukan sesuatu yang penting kalo kamu gak mengendarai mobil tapi, sesuatu yang genting jika ingin menyebrang jalan karena tata cara menyeberang disana berbeda dengan di Indonesia. Tapi nggak perlu takut nyebrang terus minta british "om or tante" bantuin kita nyebrang, karna pemerintah London sudah membuat tanda di setiap penyebrangan, cukup lihat kebawah untuk tahu harus menengok kanan atau menengok kiri sebelum menyebrang.

2. Double Chek Bill

Double cek bill

Double cek bill via https://www.visitlondon.com

Pastikan apakah harga akhir yang ada di bill kita sudah termasuk sevice atau belum, Jika sudah, maka kamu nggak perlu repot-repot memberi tip kepada pelayan. Tapi jika belum termasuk, tidak ada salahnya kamu memberi tip sekitar 10-15% dari total bill mu kepada mereka sebagai tanda kamu puas dengan pelayanan mereka, turis nggak boleh pelit kan.

3. Tourguide Andalan : CityMapper app

CityMapper app

CityMapper app via https://citymapper.com

Advertisement

Aplikasi ini sangat membantu dan lebih canggih dari Google maps, tidak heran hampir seluruh warga London menggunakan aplikasi ini. Kenapa? Karena aplikasi ini akan menawarkanmu berbagai opsi untuk mencapai sebuah tujuan lengkap dengan variasi rute dan perkiraan ongkos. Jadi nggak perlu takut nyasar deh.

4. Mata uang nya banyak (?)

Seperti yang kita ketahui mata uang Inggris adalah poundsterling, di mana 1 poundsterling sama dengan 19 ribu rupiah. Orang London nya sendiri seringkali menggunakan istilah lain untuk menyebut mata uang. Untuk menyebut 1 poundsterling, mereka bakalan bilang 100 pence atau 100 p, ada juga yang menggunakan kata quid yang adalah slang dari poundsterling. jadi jangan bingung ya guys kalau pas kamu nanya harga air mereka bilang 1p, bukan berarti lagi belajar algoritma ya.

5. Oyster Card, Kartu Ajaib

Oyster Card

Oyster Card via https://tfl.gov.uk

Untuk mengelilingi kota London, wajib banget nih punya yang namanya Oyster Card untuk membayar bus atau kereta, karena dengan kartu ini, ongkos dengan transportasi umum lebih murah dibanding membayar dengan cash, jadi nggak perlu lagi bawa banyak cash dan keteteran untuk ngambil uang kecil.

Advertisement

Oh iaa sahabat Hipwee, apabila kamu sudah mencapai jumlah penggunaan tertentu, maka setelah itu perjalanan kamu seharian bakalan gratis kemanapun kamu mau di London lho.

6. Warung Tukar Duit

Post Office London

Post Office London via http://www.ngautomatics.co.uk

Saat keasikan belanja kita seringkali khiaf dan kehabisan uang mata uang negara asing, Jangan sedih dan batal berbelanja, karena di London kamu bisa menukar uang kamu di Post Office yang terebar di berbagai titik di London, jadi nggak ada cerita nggak beli oleh-oleh karena kehabisan uang Poundsterling ya.

7. Kekejaman Black Taxy

Black Taxy

Black Taxy via http://cheaperpay.me

Alternatif perjalanan yang paling mudah dan nyaman memang adalah taxi, tapi jika kamu butuh pergi ke suatu tempat di London meskipun terburu-buru sebisa mungkin jangan menggunakan Black Taxy apalagi pada Rush hour, karena harganya itu jeng..jeng..jeng., bisa lebih mahal dari sewa kamar hotel kamu. Jadi lebih baik jika kamu menggunakan UBER yang jauh lebih murah dan praktis untuk bepergian.

8. 999

Petugas 999

Petugas 999 via https://www.flickr.com

Untuk keadaan darurat, jangan panik dan teriak teriak nggak jelas di tengah keramaian. Segera hubungi 999 di keadaan genting. Untuk lebih amannya lagi searching terlebih dahulu letak kantor kedutaan Indonesia, agar apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kamu dapat dibantu, jangan parno karena kedutaan selalu sedia membantu warga negara Indonesia.

9. Bahasa gaul nya orang London

London Slang

London Slang via http://quizly.co

Meskipun orang London menggunakan Bahasa inggris, seperti di negara kita, mereka juga punya berbagai bahasa gaul seperti

Loo = Kamar mandi

Cheers = Terimakasih

Queue = Antrian

Bin = Sampah

Boot = Bagasi

Fag = Rokok

Cashpoint = ATM

Trainers = Sepatu tennis

Chemist = Apotek

Biscuit = kue

Chips = Kentang Goreng

Crisps = Keripik

Ground floor = Lantai 1

Petrol = Bensin

Jadi pastikan kamu tahu sedikit bahasa gaul mereka ya, sebelum berkenalan terlebih dengan anak muda di sana, kamu juga bisa mengakses http://www.timwoods.org/the-london-slang-dictionary-project/ jika kamu tidak mengerti dengan bahasa gaul yang mereka gunakan.

10. Kostum yang tepat

Best Outfir of British

Best Outfir of British via https://www.visitlondon.com

Di London, sebenarnya mudah untuk terlihat sebagai Turis, biasanya turis disini akan menggunakan sepatu boots, celana berresleting, kamera SLR, backpack sambil membawa guidebook. Tapi itu bukanlah gaya yang recommended untuk menjelajah kota London, akan lebih baik apabila kamu berpakaian layaknya orang London sendiri yang style nya hampir serupa dengan style di negara eropa lainnya yang kasual namun elegan.

Menggunakan kaos dan celana pendek bukan alternatif yang cocok, akan lebih baik jika kamu menggunakan atasan yang lebih dressy atau semi formal dengan jeans dan jaket casual.

*sesuaikan ketebalan jaket dengan suhu

11. Kata-kata yang Sering Salah Ucap

Banyak kata-kata yang sering diucapkan orang london yang pengucapannya berbeda dari pengejaannya. contohnya adalah salah satu tempat yang paling populer untuk turis, Leicester Square yang dibaca less-ter bukan laisester seperti yang kerap kali diucapkan para turis. Kemudian Greenwich yang dibaca gren-itch.

Buckingham palace yang dibaca (buck-ing-em) bukan buck-ing hem dan satu lagi yang kerap di mispronounced oleh turis terkhusus orang indonesia, sungai Thames yang dibaca "tehmz" bukan thames ya sahabat Hipwee.

Setelah kamu tahu ke 11 hal ini, dijamin deh kamu akan jadi turis yang menyenangkan, nggak norak dan tentu saja perjalananmu untuk menikmati kota London akan terasa lebih nyaman dan mudah. Jadi sudah memutuskan kapan mau mengunjungi kota London?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya