Tidak pernah disangka bahwa tanah Britain merupakan tanah magis, penuh mistis dan legenda. Harry Potter? Benar sekali, namun bukan itu saja. Ada banyak tempat tempat di penjuru Britain yang penuh dengan kisah mistis.

Ini dia 13 tempat misterius di Britain yang dapat menyihir kalian menjadi ingin mengunjunginya.

1. The Old Man of Storr

The Old Man of Storr

The Old Man of Storr via http://www.kineticphotos.co.uk

Dibalik keindahan alam yang ada di Isle of Skye, ternyata menyimpan sebuah misteri. Batu yang berbentuk lancip itu dipercayai adalah wajah dari seorang raksasa tua yang dulu pernah tinggal disana bernama Storr. Menurut legenda dia meninggal di atas bukit dan jari-jarinya membentuk batu-batu curam.

2. Loch Ness

Danau Loch Ness

Danau Loch Ness via https://www.gildshire.com

Danau yang ciamik ini dipercayai merupakan tempat tinggal monster laut yang biasa dipanggil Nessie. Konon katanya makhluk tersebut pertama kali muncul di tahun 565 dan berhasil diusir dengan doa dari St. Columba. Namun menurut warga sekitar, mereka sering melihat penampakannya, mulai dari pergerakan air yang tidak normal, hingga kepala monster yang muncul. Hingga kini masih terus dilakukan perburuan dan pencarian si Nessie.

3. Edinburgh

Edinburgh Old Town

Edinburgh Old Town via https://sobreescocia.com

Advertisement

Ibukota negara bagian Skotlandia ini merupakan destinasi wisata terpopuler kedua di Britain, namun siapa yang menyangka dibalik jantung kota ini terdapat mitos dan legenda yang turun temurun diwariskan. Salah satunya adalah penampakan di Edinburgh Castle, bahwa sering terlihat orang tanpa kepala yang memainkan drum yang berkeliaran ketika malam.

Konon juga diceritakan bahwa ada seorang perempuan menemukan terowongan di bawah kastil, ia pun masuk dan ingin mencari tahu kemana terowongan ini menuju. Namun hingga kini dia tidak bisa keluar dari terowongan tersebut, entah kemana.

4. Alnwick Castle

Alnwick Castle

Alnwick Castle via https://storyofyourday.co.uk

Selain cerita Harry Potter di Alnwick Castle, ternyata kastil ini dipercayai merupakan tempat kelahiran vampire yang buruk rupa, bungkuk, dengan banyak belatung di punggungnya, yang selalu meneror kerajaan.

5. Hadrian's Wall

Hadrian's Wall

Hadrian's Wall via http://history.com

Advertisement

Tidak banyak cerita mistis di Hadrian’s Wall. Meski begitu tembok ini dibangun dengan keringat tentara romawi yang diperintah Kaisar Hadrian untuk melatih kekuatannya. Namun dipercaya menurut cerita, tembok ini merupakan tempat pertempuran terakhir Raja Arthur yang melegenda itu.

6. York

York City

York City via http://ganlob.com

Kota ini dianggap sebagai kota paling berhantu di eropa. Bagaimana tidak, bangunan-bangunan kuno yang masih berdiri gagah itu dianggap seiring dengan masih bertahannya arwah penduduk kuno disana. Seringkali ditemukan sosok hantu di lorong-lorong sempit kota York, bahkan ada paket wisata yang menawarkan perburuan hantu di sana.

Hantu yang paling terkenal oleh warga sekitar adalah penampakan Mad Alice dan The Grey Lady.

7. Sherwood Forest

Sherewood Forest

Sherewood Forest via http://marisworld.co.uk

Benar sekali, menurut legenda hutan ini merupakan tempat persembunyian Robin Hood dan Merry Men. Hutan ini menyimpan keangkeran, di mana setiap anjing yang melewati hutan ini tidak akan pernah kembali dalam keadaan sehat. Tahun lalu ada 4 anjing yang mati dan 14 sakit setelah melewati hutan ini, sampai-sampai polisi setempat menghimbau agar anjing-anjing warga tidak dibiarkan berkeliaran di hutan Sherewood.

Hingga kini masih menjadi misteri mengapa anjing-anjing tersebut menjadi terkutuk di hutan Sherewood.

8. Lavenham Suffolk

Lavenham Suffolk Village

Lavenham Suffolk Village via https://60andthenext10.blogspot.co.id

Merupakan tempat kelahiran serial Harry Potter yang pertama. Di sini terdapat desa bernama Woolpit, yang terkenal dengan misteri The Green Children of Woolpit. Serring terlihat sejak abad ke 12, bahkan banyak yang menganggap bahwa anak hijau tersebut adalah nyata.

Teori-teori pun bermunculan untuk menjelaskan tentang keberadaan anak-anak kecil yang seluruh tubuhnya berwarna hijau ini, sampai-sampai ada teori yang mengatakan bahwa mereka itu adalah alien.

9. Stonehenge

Batu-batu yang tersusun rapi menampilkan keindahan ini ternyata menyimpan banyak misteri. Mitos mengatakan bahwa batu-batu tersebut dibawa oleh orang-orang raksasa dari Afrika, memang dari susunan batu tersebut terlihat bahwa batu-batu itu bukan berasal dari Eropa namun mirip dengan bebatuan yang ada di Afrika. Ada pula yang mengaitkan dengan legenda Raja Arthur.

Kisah mistis lain yang terkenal di sini adalah ada sebuah batu yang bernama batu tumit. Konon katanya batu itu merupakan batu yang dilempar setan kepada seorang uskup ketika mereka berdua bertengkar. Batu yang dilempar oleh setan tersebut mengenai kaki sang Uskup, sehingga disebutlah batu tersebut sebagai Batu Tumit atau Heels Stone.

10. Rye

Rye merupakan sebuah kota kecil yang indah seperti mengajak kita ke abad pertengahan dengan jalan yan tersusun dari batu dan rumah-rumah kuno yang menghiasi. Konon dulunya kota ini memiliki 4 gerbang masuk yang legendaris dan sekarang hanya tersisa satu gerbang saja bernama Landgate. Kota kecil ini dipercaya telah ada sejak pemerintahan Raja Edward III.

11. Tintagel Castle

Kastil yang dibangun pada abad ke 13 ini menyimpan keindahan dan banyak legenda. Salah satunya adalah kastil ini merupakan tempat kelahiran Raja Arthur yang melegenda itu. Namun ada pula yang mempercayai bahwa Kastil Tintagel hanyalah tempat dikandungnya Raja Arthur, bukan tempat kelahirannya.

Di sini juga terdapat patung penjaga kastil yang melegenda yang bernama Galos yang dalam bahasa Cornish berarti kekuatan.

12. Llyn Llydaw

Llyn Llydaw Lake

Llyn Llydaw Lake via http://regmarshall.co.uk

Danau yang luar biasa indah ini merupakan tempat berlayarnya Raja Arthur ketika hendak menuju Isle of Avalon. Di danau ini Raja Arthur melemparkan pedang yang bernama Excalibur yang terkenal itu.

13. Tintern Abbey

Keindahan bangunan tua di negara bagian Wales ini menyimpan cerita mistis. Dibangun pada tahun 1131, di sini sering terlihat penampakan seorang prajurit berbaju baja, juga tak jarang terlihat penampakan seorang biarawan yang berlalu lalang. Konon katanya disini Iblis biasa berkhotbah di antara batu-batu dan tiang-tiang bangunan untuk melemahkan para biarawan disana.

Cerita lain yang santer di masyarakat tentang Tintern Abbey adalah, bahwa dahulu ada sekelompok pemuda yang mengggali situs tersebut untuk mencari barang antik. Dan barang antik pun mereka temukan, berupa 2 kerangka manusia kuno. Anehnya bukan malah ketakutan, mereka justru senang dengan penemuan mereka tersebut, dan merayakan penemuannya dengan sedikit pesta makan-makan di sana.

Tiba-tiba langit menjadi gelap, petir pun menyambar, tiba-tiba muncul di hadapan mereka bayangan seorang kesatria yang berpakaian baju besi, lengkap dengan pedang dan perisai menatap tajam kepada mereka. Bersamaan itu disamping kiri dan kanan mereka muncul juga hantu-hantu biarawan yang seakan ingin mengepung mereka, sontak merekapun lari ketakutan. Dan cerita ini pun menyebar di kalangan warga sekitar.

Itulah 13 tempat misterius yang dapat menyihir kalian menjadi ingin mengunjungi Britain. Tak disangka di balik keindahan panoramanya yang ciamik yang memukai, ternyata tersimpan banyak misteri di dalamnya yang mungkin inghin kalian pecahkan sendiri.


#AyoKeUK


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya