Anak-anak sering kali mengajukan pertanyaan yang bisa membuat orang dewasa kebingungan untuk menjawabnya. Bagi kamu yang sudah memiliki anak pasti sangat memahami situasi ini. Situasi dimana anak selalu bertanya akan apa yang dilihatnya, dan seringkali pertanyaannya sederhana namun sangat sulit untuk dijelaskan jawabannya. Satu-satunya hal yang dapat kamu lakukan dalam situasi seperti ini adalah dengan tetap focus dan mencoba bertanya dengan mbah google.

Dalam artikel ini juga terdapat rangkuman 14 pertanyaan sulit yang seringkali dilontarkan dari mulut anak-anak dan bagaimana cara menjawabnya. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi buat kamu menjawab salah satu pertanyaan dari anak-anakmu. Kuy, langsung saja disimak.

1. Apakah orang dewasa lebih baik daripada anak-anak?

Apakah orang dewasa lebih baik daripada anak-anak? via https://depositphotos.com

Kita mengajari anak-anak kita bahwa "anak-anak" dan "orang dewasa" adalah antonim. Tidak heran mereka lalu mulai percaya bahwa orang dewasa adalah orang yang lebih baik. Kamu harus menjelaskan kepada anakmu bahwa orang dewasa hanya berbeda – tidak lebih baik atau lebih buruk. Dan semua orang dewasa sebelumnya adalah anak-anak juga.

Penting agar anakmu mengerti bahwa orang dewasa bisa saja baik dan buruk, ramah dan jutek, dan lain sebagainya. Mereka seharusnya tidak serta merta langsung saja mempercayai seseorang hanya karena dia adalah orang dewasa.

2. Mengapa jam berputar ke kanan, tidak ke kiri?

Mengapa jam berputar ke kanan, tidak ke kiri? via https://pixabay.com

Advertisement

Orang dewasa rata-rata menerima kenyataan tanpa mengemukakan pertanyaan tambahan, namun si penjelajah kecil kamu belum tentu siap untuk melakukan hal yang sama. Untuk menjawab pertanyaan jam, tunjukkan pada mereka gambar jam matahari. Katakan kepada mereka bahwa jam kuno menggunakan objek proyeksi khusus, yang disebut "gnomon." Hal itu menunjukkan waktu dengan cara membuat bayangan yang bergerak searah jarum jam.

Lebih baik lagi, buatlah jam matahari DIY, dan tunjukkan pada mereka bagaimana cara kerjanya pada hari yang cerah. Untuk membuatnya kamu akan memerlukan pensil dan piring kertas, atau kamu juga bisa menggambar lingkaran di tanah dan menancapkan tongkat kayu lurus tepat di tengahnya.

3. Mengapa kita semua tidak berbicara dalam bahasa yang sama?

Mengapa kita semua tidak berbicara dalam bahasa yang sama? via https://depositphotos.com

Kamu tidak perlu menceritakan kisah Menara Babel untuk menjelaskan kepada anak-anakmu mengapa ada banyak bahasa di dunia ini. Para ilmuwan mengatakan bahwa dulu pernah ada yang namanya protolanguage.

Advertisement

Kamu dapat menyederhanakan teori ini: katakan kepada anakmu bahwa jutaan tahun yang lalu, hanya ada sedikit orang yang tinggal di bumi, dan mereka semua hidup bersama dan berbicara dalam bahasa yang sama karena bersama-sama mereka menamai hal-hal baru yang mereka lihat. Lamu populasi tumbuh, dan orang-orang kemudian membentuk kelompok yang lebih kecil. Dengan demikian, nama yang berbeda diberikan pada hal-hal baru oleh berbagai kelompok orang, dan dari situlah dimulainya terdapat bahasa yang berbeda-beda.

4. Apakah binatang juga berbicara dalam bahasa yang berbeda?

Apakah binatang juga berbicara dalam bahasa yang berbeda? via https://depositphotos.com

Hewan tidak memiliki bahasa yang eksplisit seperti bahasa yang kita pahami. Artinya seekor kucing asal Kanada akan bisa dengan mudah berkomunikasi dengan kucing dari Mesir. Tapi walaupun begitu, burung tampaknya memiliki aksen regional sama seperti kita.

5. Waktu itu apa?

Waktu itu apa? via https://depositphotos.com

Jangan mencoba menjelaskan bagaimana hukum fisikanya waktu bekerja. Katakan saja waktu itu adalah sesuatu yang diciptakan orang untuk mengatur hidup mereka. Kamu bisa menggunakan contoh yang menunjukkan betapa sulitnya menjalani hidup tanpa waktu. Misalnya, kapan merayakan ulang tahun seseorang, berapa lama merebus telur, dan bagaimana membuat janji teman?

6. Mengapa saya adalah saya?

Mengapa saya adalah saya? via https://depositphotos.com

Ketika seorang anak pertama kali menghadapi masalah identitas pribadi, mereka akan bertanya pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar mereka, "Mengapa saya seperti saya?", anakmu mungkin mempertanyakan penampilan, ciri kepribadian, kebiasaan, dll.

Cobalah untuk menjelaskan bahwa setiap manusia itu unik. Kita mendapatkan fitur wajah dari orang tua kita. Kepribadian kita terbentuk di rumah, di taman kanak-kanak, dan di sekolah. Seseorang juga bisa mengadopsi beberapa kebiasaan mereka dari teman mereka. Jadi, pada dasarnya, segala sesuatu yang kita lihat dan dengarkan akan membekas. Seorang anak harus menyadari bahwa beberapa orang mungkin saja terlihat sama, beberapa memiliki banyak kesamaan, namun tidak ada 2 orang yang benar-benar identik.

7. Mengapa saya dilahirkan?

Mengapa saya dilahirkan? via https://depositphotos.com

Jika pertanyaan seperti itu ditanyakan karena penasaran, kamu bisa mengatakan bahwa Ibu dan Ayah saling mencintai, dan karena itulah mereka memutuskan untuk memulai sebuah keluarga. Jika detektif kecilmu masih berumur 4 atau lebih, maka kamu dapat memberi tahu dia apa itu pohon silsilah dan betapa pentingnya meneruskan jalur keluarga.

Jika kamu mendengar sesuatu seperti, "Jadi ayah / ibu tidak ingin membelikan saya mainan itu … Lalu mengapa ayah / ibu melahirkan saya?", jangan khawatir, itu hanyalah salah satu cara si manipulator kecil mencoba untuk mendapatkan maunya. Kamu tidak perlu menjawab apabila si kecil melontarkan pertanyaan yang ini.

Penting: Jangan pernah mengatakan bahwa dia adalah kecelakaan, bahkan jika hanya bercanda. Anak-anak perlu tahu bahwa mereka datang ke dunia di mana mereka dibutuhkan dan sangat dicintai.

8. Jika itu buruk, mengapa orang dewasa berbohong?

Jika itu buruk, mengapa orang dewasa berbohong? via https://depositphotos.com

Jangan pernah mencoba menjelaskan apa itu kebohongan demi kebaikan. Jujur saja dengan anak-anak, dan beritahu mereka bahwa orang dewasa juga bisa melakukan kesalahan. Berbohong bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Tetapi jika anak-anakmu mendapati kamu berbohong kepada mereka, akuilah kalau kamu telah membuat kesalahan kepada mereka dan kamu benar-benar menyesalinya. Dengan begitu mereka juga bisa belajar bagaimana mengakui kesalahan mereka sendiri.

9. Mengapa si anu / si anu membenci saya?

Mengapa si anu / si anu membenci saya? via https://depositphotos.com

Setelah dipanggil bodoh atau jelek oleh seseorang di sekolah, anakmu mungkin akan sangat bingung – kenapa? Padahal semua orang di rumah bilang aku imut dan pintar.

Cobalah menjelaskan kepada anak anda bahwa tidak apa-apa jika orang tidak saling menyukai. Wajar saja, sama seperti dia suka es krim vanilla sementara ibunya lebih menyukai es krim cokelat. Anakmu harus mengerti bahwa jika seseorang tidak menyukai dia, hal itu tidak serta-merta membuat dirinya menjadi orang yang buruk.

10. Bagaimana cara membuat pilihan yang tepat?

Bagaimana cara membuat pilihan yang tepat? via https://depositphotos.com

Ketika anak-anak mulai menyadari apa yang baik dan buruk, mereka pasti akan menemukan masalah tentang pilihan: bagaimana cara saya membuat keputusan yang tepat jika saya tidak tahu apa yang akan terjadi setelah saya membuat pilihan saya? Dalam hal ini beritahu anak-anakmu bahwa mereka perlu mendengarkan suara hati mereka dan mengandalkan intuisi mereka. Keputusan yang telah diambilnya itu harus bisa membuat mereka bahagia, tapi, pada saat yang sama, seharusnya juga tidak menyakiti siapa pun.

11. Mengapa kita sering melihat Bulan di siang hari?

Mengapa kita sering melihat Bulan di siang hari? via https://depositphotos.com

Semua anak tahu bahwa bulan bersinar di malam hari. Tapi bagaimana jika mereka melihatnya di siang hari? Ini adalah kesempatan besar untuk menjelaskan bagaimana planet-planet mengelilingi Matahari. Kamu bisa menghilangkan semua detail ilmiah dan mengubah penjelasanmu menjadi permainan yang menyenangkan.

Ayah memainkan peran matahari, jadi dia berdiri di tengah. Ibu adalah planet bumi, jadi dia harus mengorbit matahari, dan anakmu juga mengorbit matahari, berperan menjadi bulan. Ketika ayah dan anak menemukan diri mereka berdiri tepat di depan sang ibu, hentikan permainan dan tunjukkan pada anakmu bahwa matahari dan bulan bisa bersinar bersama. Itulah sebabnya kita bisa melihat keduanya di siang hari.

12. Pelangi itu terbuat dari apa?

Pelangi itu terbuat dari apa? via https://depositphotos.com

Kamu tidak akan pernah berhasil untuk menjelaskan kepada anakmu bagaimana caranya pembiasan cahaya bekerja, jadi katakana saja bahwa "pelangi itu terbuat dari air dan cahaya." Kamu bisa membuat pelangi kamu sendiri menggunakan selang penyemprot tanaman pada hari yang cerah. Tapi ini ada juga ide lain:

Pilihlah sebuah jendela yang cerah, masukkan segelas air ke meja di depan jendela, dan letakkan selembar kertas di lantai. Dengan menggunakan botol semprot, semprotkan beberapa air panas ke jendela, lalu gerakkan gelas dan kertas sampai pelangi muncul di atas kertas.

13. Kemana perginya "poop" saya setelah saya menyiram toilet di pesawat?

Kemana perginya "poop" saya setelah saya menyiram toilet di pesawat? via https://depositphotos.com

Setelah menggunakan kamar mandi di pesawat untuk pertama kalinya, kebanyakan anak-anak akan bertanya-tanya apakah limbah toilet dikeluarkan dari pesawat. Dan seperti anak-anak, beberapa orang dewasa juga percaya bahwa toilet kereta penumpang dan pesawat terbang memiliki fungsi yang sama.

Anak-anak harus tahu bahwa pesawat memiliki wadah khusus untuk limbah. Setelah mendarat, awak darat membuang kotorannya.

14. Apa yang akan terjadi jika saya berjalan di Mars tanpa baju ruang angkasa?

Apa yang akan terjadi jika saya berjalan di Mars tanpa baju ruang angkasa? via https://pixabay.com

Mars adalah topik yang sangat populer saat ini, jadi bersiaplah untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang si Planet Merah itu. Lalu apa yang akan terjadi dengan seseorag yang berjalan di Mars tanpa setelan ruang angkasa?

Jika hal pertama yang terlintas dalam pikiranmu adalah adegan dari film Total Recall, maka kamu sudah punya jawabannya. Ya, darah manusia akan mendidih di Mars karena tekanan atmosfer tinggi yang rata-rata 640 pascal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya