Sekitar tahun 2010-an demam K-pop mulai terasa di Indonesia. Inilah awal dimana musik K-pop begitu digemari oleh remaja Indonesia. Dan bahkan mulai banyak muncul Girlband & Boyband lokal yang menghiasi layar televisi. Bagi kalian yang sudah mengenal K-Pop saat itu, inilah 15 Boyband & Girlband Korea yang bisa bikin kamu kangen dan bernostalgia mengenang saat awal-awal kalian mengenal K-pop. Terlebih lagi banyak girl grup atau boy grup berikut yang memutuskan untuk bubar.

1. TVXQ

TVXQ atau juga dikenal dengan nama Dong Bang Shin Ki adalah boyband asal Korea Selatan yang terdiri dari U-Know Yunho dan Changmin. Sebelumnya mereka punya 5 personil nih guys yang terdiri dari Yunho, Changmin, Yoochun, Jaejoong dan Junsu, namun karena suatu hal akhirnya 3 personilnya memutuskan untuk keluar dan membentuk boyband sendiri yaitu JYJ. TVXQ sendiri mulai menarik perhatian pada akhir dekade 2000-an. Dan salah satu lagu hits mereka yaitu “Mirotic” berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus musik Internasional sebagai salah satu lagu K-Pop terbaik. Saat ini personil TVXQ tengah disibukkan dengan wajib militer. Siapa yang udah nggak sabar nunggu TVXQ comeback nih?

2. Big Bang

big bang

big bang via https://google.com

Advertisement

Bang! Bang! Bang!

Hayo ngaku siapa diantara kalian yang nggak tau Big Bang? Jangan ngaku sebagai K-popers kalau kalian gak tau sama salah satu boyband bentukan YG Entertainment ini. Big Bang sendiri resmi debut pada tahun 2006. Personilnya terdiri dari 5 cowok kece yaitu G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Daesung, dan Seungri. Pada tahun 2011 Big Bang pernah bikin heboh VIP (sebutan fans Big Bang) karena mereka muncul di acara MTV Europe Music Awards 2011 sebagai pemenang penghargaan “Best Worldwide Act”. Big Bang sudah banyak sekali mengukir prestasi, atas popularitas global dan kontribusi mereka kepada musik K-pop, Hollywood. Reporter mendeskripsikan mereka sebagai boyband terbesar di dunia loh.

3. Super Junior

Bicara soal K-pop kita tidak bisa lepas dari Super Junior. Boyband bentukan SM Entertainment ini sendiri pernah membuat heboh publik dunia karena jumlah personilnya yang tidak lazim yaitu 13 orang. Oleh karena itu Suju (sebutan lain super junior) pernah dinobatkan sebagai boyband dengan jumlah personil terbanyak di dunia. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah mereka tidak lagi ber-13, dan sekarang berjumlah 11 orang karena 2 personilnya memutuskan keluar.

Advertisement

Boyband yang terdiri dari Lee Teuk, Heechul, Kang In, Siwon, Donghae, Yesung, Eunhyuk, Ryeowook, Shindong, Sungmin, dan Kyuhyun ini menjadi artis pertama yang meraih penghargaan Asia’s Artist of the Year pada Tencent Stars Magnificent Ceremony di Cina dan menjadi grup musik kedua yang memenangkan Artis Favorit Korea di MTV Asia Awards.

Pada tahun 2015 super junior menjadi artis Asia pertama yang memenangkan Internasional Artist Teen Choice Awards 2015. Dan kalau bicara soal suju maka nggak lepas dari kebiasaan nyeleneh mereka yang suka nge-cosplay berbagai macam karakter. Dan aksi mereka itu sering mendapatkan perhatian dari ELF (sebutan penggemar suju). Saat ini para personil suju tengah disibukkan dengan comeback mereka di tahun ini.

4. Girls Generation

Girls Generation atau yang sering kita kenal dengan sebutan SNSD resmi melakukan debut pada tahun 2007. SNSD yang terdiri dari Taeyeon, Yuri, Hyohyeon, Tiffany, Sunny, Sooyoung, Jessica, Yoona, dan Seohyun ini sudah menarik perhatian di awal karier mereka lewat lagu “Into the New World” dan “Kissing You”, namun karier mereka mulai menanjak saat tahun 2009 lewat lagu “Gee”. Saat debut hingga tahun 2013 mereka berkarir dengan 9 member namun pada tahun 2014 Jessica mengumumkan bahwa ia dikeluarkan dari grup.

SM Entertainment mengkonfirmasi hal ini dan berkata bahwa jessica bukan lagi anggota SNSD karena konflik antara jadwal jessica dan grup. Seiring debut bereka di tahun 2007, SNSD telah menjadi figur penting dalam budaya dan industri musik korea selatan, kritikus musik memandang grup ini sebagai sosok representatif dari budaya Korea Selatan. Beberapa waktu yang lalu SNSD sendiri telah melakukan comeback dan merayakan 10 tahun karir mereka. Sukses selalu buat SNSD.

5. 2NE1

2NE1 pertama kali muncul dalam lagu “Lollipop”, sebuah kampanye komersial untul LG bersama Big Bang dan resmi melakukan debut pada tahun 2009. Girlband yang terdiri dari CL, Park Boom, Minzy, dan Dara ini mulai menarik perhatian para pencinta musik kpop saat merilis lagu “I Am The Best” dan menjadi lagu yang paling banyak diunduh di Korea Selatan pada tahun 2011. 2NE1 terkenal atas gayanya yang unik dan tak biasa, dan banyak yang dianggap sebagai versi cewek dari Big Bang. Setelah tahun 2011, 2NE1 telah menyabet banyak penghargaan besar untuk penyanyi wanita dalam sejarah MAMA dengan 4 kemenangan (2 Song of the year, 1 Album of the year, dan 1 Artist of the year).

Penampilan kejutan oleh 2NE1 di acara MAMA 2015 sangat diapresiasi dan dianggap sebagai penampilan terbaik pada tahun 2015 oleh Fuse. Namun sayang setahun berikutnya, tepatnya pada 25 November 2016, YG Entertainment mengumumkan bahwa 2NE1 bubar padahal sebelumnya mereka diharapkan akan comeback pada musim panas. Siapa nih yang sedih saat tau 2NE1 bubar?

6. Sistar

Girlband yang terdiri dari Hyorin, Bora, Soyu dan Dasom ini resmi melakukan debut pada tahun 2010 dan merilis single “Push Push”. Namun mereka mulai dikenal publik saat merilis album “So Cool”. Dan album tersebut menjadi album studio pertama mereka. Tahun 2011 mereka memenangkan penghargaan mutizen pertama mereka di Inkigayo. Kemudian ditahun 2012 mereka mengumumkan bahwa penampilan comeback mereka akan disiarkan secara global di 41 negara. Namun sayang nasib mereka sama seperti 2NE1, pada awal tahun ini Sistar mengumumkan bahwa mereka telah bubar.

7. Wonder Girls

wonder girls

wonder girls via https://google.com

Girlband besutan JYP Entertainment ini telah mencetak 3 single hits nomer satu, “Tell Me”, “So Hot”, dan “Nobody”. Kalian semua pasti tau kan lagu Nobody yang memang sangat booming saat tahun 2000-an, mulai dari anak kecil sampai orang tua ngerti lagu itu. Sedangkan single Tell Me menjadi hits dan jadi nomer satu di televisi Korea, termasuk di Musik Bank. Pada tahun 2008, Wonder Girls memenangkan 3 piala dalam Festival Musik Mnet KM. Di tahun yang sama mereka terpilih sebagai girl grup peringkat atas oleh Virgin Media, sekaligus menempatkan mereka bersama Pussycat Dolls, Girls Aloud, dan Danity Kane. Grup ini secara resmi bubar pada 26 Januari 2017. Dan sebelum bubar mereka sempat merilis single terakhir mereka “Thank You For Being So Wonderful”.

8. Infinite

infinite

infinite via https://google.com

Sebelum debut infinite muncul dalam acara reality “You Are My Oppa” yang memperkenalkan grup ini sebelum resmi debut pada Juni 2010. Boyband yang satu ini juga masih langgeng dengan 7 personilnya hingga saat ini. Infinite melakukan konser pertama mereka yang di hadiri 8.000 penonton padan tahun 2012. Dimana tiketnya langsung ludes terjual dalam hitungan 10 menit setelah dirilis. Setahun kemudian mereka sukses mengadakan tour dunia. Kita tunggu saja semoga infinite akan melakukan comeback dalam waktu dekat.

9. 2PM

Sebelumnya boyband kece satu ini mempunyai 7 member yang terdiri dari Jun K, Taecyeon, Wooyoung, Junho, Chansung, Nickhun, dan Jay Park. Namun pada tahun 2010, Jay Park yang merupakan leader dari grup ini memutuskan keluar dan tinggal di Amerika. 2PM sendiri mulai debut pada tahun 2008 dengan lagu "10 Jeom Manjeome 10 Jeom". Mereka pertama kali meraih peringkat pertama dengan "Again & Again".

Kedua single dimasukkan ke dalam album studio pertama mereka, The First Album 1:59PM yang dirilis pada tahun 2009. Mereka kemudian kembali merilis sebuah album, Hands Up, pada tahun 2011. Saat ini para member 2PM juga tengah disibukkan dengan wajib militer. Kita tunggu saja karya terbaru dari 2PM ya guys.

10. 2AM

Boyband yang masih "saudara" dari 2PM ini resmi memulai debutnya pada 11 Juli 2008 di acara Music Bank, membawakan lagu debut mereka "This Song". Mereka memenangkan Mutizen pertama mereka di Inkigayo pada 7 Februari 2010 dengan lagu "Can't Let You Go Een If I Die", bahkan lagu mereka yang satu ini menjadi salah satu soundtrack drama korea yang booming banget, yakni Dream High. Walaupun sudah jarang tampil di TV, ternyata 2AM belum bubar loh, walaupun saat ini personilnya hanya tinggal Jo Kwon. Siapa yang kangen sama 2AM nih?

11. After School

after school

after school via https://google.com

After School adalah grup pertama yang debut dengan bentuk yang unik dan berkonsep kelulusan di Korea, di mana anggotanya bertambah atau berkurang dengan cara yang “alami”. Jadi kalau personilnya keluar maka ia akan dinyatakan graduated. After School sendiri debut pada tahun 2009 dengan 9 personil yang terdiri dari Park Kahi, Kim JungAh, Lee Jooyeon, Uee, Raina, Nana, Lizzy, E-Young dan Ga Eun.

Mantan anggota Soyoung meninggalkan group pada akhir tahun 2009 dan Bekah secara resmi lulus dari group pada bulan Juli 2011. Girl grup ini juga memiliki sub unit seperti AS Red, AS Blue, dan Orange Caramel. Grup ini menjadi populer dengan mengeluarkan single hitsnya, "Because of You", di mana meraih No. 1 dan a triple crown di SBS's Inkigayo. After School telah memenangkan beberapa penghargaan di Billboard Japan Music Awards dan Seoul Music Awards. Lagu After School banyak yang enak loh, seperti "Flashback" atau "In The Night Sky" yang merupakan lagu andalan dari sub unit After School Red.

12. 4Minute

4minute

4minute via https://google.com

4Minute adalah girl grup bentukan Cube Entertainment yang memulai debut pada tahun 2009. Single dan album mereka tidak hanya dirilis di Korea Selatan, namun juga di Jepang. Walaupun namanya 4Minute tapi jumlah personil dari girlband kece satu ini adalah 5 orang yang terdiri dari Nam Jihyun, Heo Gayoon, Jeon Jiyoon, Kim Hyuna, dan Kwon Sohyun. Mereka memulai debut dengan merilis single “Hot Issue” yang berhasil menarik perhatian pencinta K-pop di tahun 2009. Oh ya Hyuna sendiri merupakan eks member Wonder Girls yang memutuskan hengkang karena alasan kesehatan, walaupun begitu Hyuna tidak benar-benar berhenti dari dunia musik, buktinya ia mengagetkan banyak orang karena comeback bersama 4Minute.

Girl grup satu ini pernah meraih penghargaan Bonsang Award pada Seoul Music Awards dan The K-pop New Artist Award pada Billboard Japan Music Awards pada tahun 2010. Dan di tahun 2016, Cube Entertainment mengumumkan bahwa 4Minute bubar karena tidak tercapainya negosiasi kontrak dengan para member 4Minute.

13. Brown Eyed Girl

Girl grup yang terdiri dari 4 anggota yaitu Jea, Gain, Narsha, dan Miryo. Mereka debut sebagai grup vokal R&B pada tahun 2006. Mereka mulai menarik perhatian saat merilis lagu “L.O.V.E” pada tahun 2008. Dan mereka mulai diperhitungkan di dunia K-pop setelah merilis “Abracadabra” pada tahun 2009. Mengangkat konsep yang unik dalam lagu “Abracadabra”, gerakan dance di lagu tersebut sangat iconic dan berhasil membuatnya viral secara global, bahkan banyak idol K-pop yang memparodikan dance ini, sebut saja seperti Super Junior, 2PM, 2AM, dan bahkan SHINee.

14. SHINee

Banyak orang mulai menyukai SHINee sejak boyband asuhan SM Entertainment ini mengisi original soundtrack dari drama Boys Before Flowers. Boy grup yang terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho, dan Taemin ini resmi debut pada tahun 2008 dengan single berjudul “Replay”. Grup ini juga sudah meraih banyak penghargaan, menggelar tour konser dan membintangi acara reality show mereka sendiri. SHINee juga dianggap sebagai ikon fashion setelah menciptakan gaya berbusana yang disebut “Tren Shinee”, selain itu grup ini juga dikenal dengan gerakan dance yang rumit dan kompak.

15. B1A4

Boy grup yang satu ini cukup punya cara unik untuk memperkenalkan diri mereka saat pertama kalinya sebelum debut ke publik. Para anggota B1A4 pertama kali terungkap melalui webtoon sebelum merilis foto resmi mereka. Karena strategi promosi yang unik inilah boyband asuhan WM Entertainment ini mendapatka perhatian sebelum debut.

Pada tahun 2011, tiket showcase pertama mereka di Jepang terjual habis hanya dalam satu menit, sebuah prestasi yang tidak biasa yang dicapai oleh setiap rookie di Jepang. Yang paling mengejutkan adalah bahwa boyband yang terdiri dari CNU, Baro, Jinyoung, Sandeul, dan Gongchan ini masih menjadi rookie di Korea dan berhasil menjual semua tiket showcase mereka.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya