Memulai bisnis memang sangat sulit dilakukan, jika tidak ada keberanian dan modal usaha. Kadangkala melihat situasi banyaknya perusahaan yang mengalami kebangkrutan, kita jadi ngeri melihatnya dan enggan berbisnis.

Namun kamu jangan salah, berbisnis itu tidak semuanya berakhir seperti itu. Barangkali, kamu boleh coba 20 tips memulai bisnis dari nol dibawah ini:

1. Yakinkan dirimu

Be sure of yourself

Be sure of yourself via https://images.unsplash.com

Mulailah untuk lebih memantapkan hati sebelum memutuskan pilihanmu. Apabila masih setengah hati saat mulai membangun usaha, kamu akan lebih mudah dijatuhkan oleh keadaan. Alih-alih sukses, usaha yang kamu bangun justru berhenti di tengah jalan.

2. Mempersiapkan model bisnis yang akan dijalankan

Preparing a Business Model

Preparing a Business Model via http://pablofurnari.com

Jika hati sudah mantap, cobalah untuk mulai memikirkan model bisnis apa yang akan kamu jalankan nanti. Kamu bisa mulai mencari tahu informasi tren bisnis yang sedang berkembang.

3. Berpikir kreatif

Creative Thinking

Creative Thinking via https://images.unsplash.com

Tidak ada pembisnis yang sukses tanpa berpikir kreatif. Bisnis transportasi online misalnya, ia melihat peluang bagaimana bisnis ini nantinya menjadi solusi masyarakat urban. Nah, jadi biasakan untuk mengasah kemampuan berpikir menjadi lebih kreatif ya.

4. Mempersiapkan visi dan misi yang jelas

Preparing Clear Vision and Mission

Preparing Clear Vision and Mission via https://images.unsplash.com

Hal terpenting saat akan memulai usaha adalah membuat rencana bisnis yang memiliki eksibilitas dan inovasi bisnis di dalamnya. Dan jangan lupa sertakan “Visi dan Misi” yang jelas usaha yang tengah kamu rintis.

5. Organisir diri

Organize Yourself

Organize Yourself via https://www.google.com

Mulailah dengan membiasakan diri lebih terorganisir. Hal ini sangat penting sebagai modal diri dalam mengatur usaha kamu. Sederhananya, jika kamu tak bisa mengorganisir diri, bagaimana kamu akan mengorganisir semua elemen bisnis yang kamu punya?

6. Rajin buat catatan

Catat semua hal penting yang kamu dapat. Mulai dari nasihat orang lain, hingga tantangan-tantangan yang sedang kamu hadapi saat mengelola usaha. Dengan harapan, bila waktunya tiba, kamu tak hanya mewariskan sebuah perusahaan melainkan juga pengalamanmu sendiri.

7. Fokus pada satu bisnis dulu

Jangan terburu-buru menggandakan keuntungan dengan memulai bisnis ke dua. Pastikan bisnis yang kamu kelola saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya.

8. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Ready to face the worst possible

Ready to face the worst possible via https://images.unsplash.com

Nyali memang diperlukan untuk benar-benar terun menjadi pembisnis. Namun, itu saja tidak cukup, analisa dan siapkan diri kamu pada kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi kapanpun itu.

9. Terbuka terhadap setiap evaluasi

Open to Every Evaluation

Open to Every Evaluation via https://www.google.com

Salah satu rahasia kesuksesan adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu terbuka terhadap kritik dan nasihat dari orang lain. Cobalah untuk melakukan evaluasi terhadap kekurangan diri pada saat berbisnis.

10. Terus belajar dan jangan cepat puas

Keep Learning And Dont Get Satisfied Quickly

Keep Learning And Dont Get Satisfied Quickly via https://images.unsplash.com

Setiap perjalanan bisnis pasti ada “naik dan turun”. Saat bisnis yang kamu kelola sedang jaya-jayanya, jangan cepat puas. Gunakan momentum ini untuk semakin mengakselerasi bisnis. Begitupun pada saat bisnis kamu sedang lesu-lesunya, jangan lantas putus asa. Buka hati dan jangan malu untuk bertanya kepada pengusaha senior.

11. Jalankan bisnis yang sesuai keinginanmu

 Run a business that suits you

Run a business that suits you via https://www.google.com

Menjalani sesuatu sesuai dengan passion akan membuat sesorang lebih rileks, bahkan saat sedang diterjang situasi sulit sekalipun. Hal ini juga berlaku di dalam dunia bisnis. Dengan begitu, kamu dijamin tak akan kesulitan dalam mempertahankan komitmen.

12. Jalankan bisnis yang kamu kuasai

Run the Business You Control

Run the Business You Control via https://www.google.com

Bicara bisnis tentu bicara keuntungan. Ada kalanya hal yang kamu sukai kurang menguntungkan, baiknya kamukesampingkan dulu hal yang kamu sukai dan fokus kepada yang kamu kuasai. Pahami potensimu, lalu terapkan ke dalam fokus bisnismu.

13. Mempersiapkan modal usaha

Preparing Business Capital

Preparing Business Capital via https://www.google.com

Sekarang kita bahas faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama soal modal. Pastikan apakah modal dalam bisnis kamu berasal dari dana pribadi atau dari hasil patungan. Bila dari hasil patungan, pastikan semuanya diatur secara jelas, hitam di atas putih. Agar nantinya tak ada yang merasa dirugikan saat bagi hasil.

14. Melihat peluang bisnis

See Business Opportunities

See Business Opportunities via https://sahabatpegadaian.com

Sedikit bocoran, sejak beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Indonesia sedang menaruh perhatian besar di sektor perdagangan digital. Nah hal ini adalah contoh peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan. Kamu bisa mulai berdagang secara online, atau bahkan mendirikan perusahaan startup berbasis digital.

15. Menentukan target pasar

Determining the Target Market

Determining the Target Market via https://www.google.com

Seorang calon pengusaha yang sukses haruslah pandai menganalisa target pasar. Meski ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, namun jika ia tidak memiliki pasar yang tepat, maka penjualan produk yang dilakukan akan mengalami kesulitan.

16. Persiapkan operasional

Prepare Operations

Prepare Operations via https://www.google.com

Pastikan semua kebutuhan bisnis kamu dapat dipenuhi oleh alat atau mesin penunjang operasional. Kamu bisa mempersiapkannya dengan cara membeli atau menyewa. Tergantung dangan besarnya modal yang sudah ada.

17. Pilih SDM yang tepat

Choose the right human resources

Choose the right human resources via https://www.google.com

Sumber daya manusia adalah salah faktor krusial apakah bisnismu dapat bertahan atau tidak. Sebab tak mungkin kamu mengelola semuanya sendirian. Pastikan SDM yang kamu pekerjakan mendatangkan manfaat alih-alih mudarat.

18. Pahami kompetisi

UNDERSTAND COMPETITION

UNDERSTAND COMPETITION via https://www.google.com

Dunia bisnis adalah dunia yang sarat akan kompetisi. Untuk memenangkan persaingan, cara terbaik adalah mempelajari dan belajar dari sainganmu. Jangan malu mengakui keunggulan sainganmu, tetapi juga jangan mau kalah. Belajarlah dari keunggulan pesaingmu, sikapi dengan positif dan cari cara bagaimana kamu bisa menjadi lebih unggul.

19. Bermental baja

Siap segala situasi

Siap segala situasi via https://www.google.com

Satu kali pasti bisnis kamu akan mengalami penurunan, bahkan tidak jarang yang mengalami kebangkrutan. Jika dihadapkan pada kondisi ini, jangan memutuskan untuk berhenti. Sebab apa yang sudah dimulai sayang jika tak diselesaikan. Semua yang kamu butuhkan sudah ada di genggaman, pengalaman. Jadikan pengalaman sebagai modal berharga agar nantinya sukses bisa kamu raih.

20. Action

Saatnya Beraksi

Saatnya Beraksi via https://www.google.com

Hal terpenting dari membangun bisnis adalah “memulai”. Memang tidak gampang, tapi langkah pertama sangat diperlukan. Sukses bukan jatuh dari langit, ia tidak datang sendiri. Sukses didapat lewat perjalanan dan usaha tak kenal lelah. Jadi mulai pijakkan langkah pertamamu menuju kesuksesan.

 

Selamat mencoba!!!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya