Yang Bingung Yuk Kemari! Semua Penjelasan Tentang Everything Everywhere All At Once

Ditulis dan disutradarai oleh Dan Kwan dan Daniel Scheinert (bersama-sama dipanggil Daniels), membahas tentang konsep multiverse pada seorang protagonis biasa yang menjadi luar biasa. Kisah sci-fi adventure telah banyak dipuji oleh kritikus tentang cerita, karakter, dan visualisasi dari seseorang yang hidup di universe lain.

Multiverse adalah konsep yang telah disinggung di banyak media. Konsep itu sendiri didasarkan pada hipotetis — bahwa beberapa alam semesta ada secara bersamaan, yang masing-masing terdiri dari elemen yang sama yang membentuk dunia kita sendiri. Teori multiverse telah populer selama berabad-abad dan telah mengakar dalam karya-karya fiksi ilmiah, dengan film, acara TV, dan komik memanfaatkan teori tersebut untuk menciptakan aturan dan variasi mereka sendiri yang memusatkan konsep tersebut.

Everything Everywhere All at Once memusatkan multiverse dalam kisahnya tentang Evelyn Wang (Michelle Yeoh), seorang wanita Cina-Amerika yang disadap untuk menyelamatkan multiverse dari potensi kehancuran berkat doppelgänger putrinya, Jobu Tapaki (Stephanie Hsu). Multiverse versi film ini memiliki banyak aturannya sendiri dan memperkenalkan beberapa cara menarik untuk memungkinkan karakternya berpindah dari satu wujud keberadaan ke wujud keberadaan lainnya

Advertisement

1. Penjelasan Alpha-Verse

Penjelasan Alpha-Verse

Penjelasan Alpha-Verse via https://www.gamelivestory.com

Everything Everywhere All At Once Alpha-Verse adalah pusat pengetahuan dari multiverse. Penghuni Alpha-Verse paling tahu tentang multiverse, aturannya, dan cara memanfaatkan masing-masing universe karena merekalah yang pertama kali menemukan keberadaan multiverse. Yang terpenting, Alpha-Verse adalah yang pertama mengembangkan teknologi untuk melacak arah universe lain, serta kemampuan untuk secara mental memasuki bagian lain dari multiverse. Mungkin saja Alpha-Verse adalah universe asli sebelum semua perpecahan lainnya terjadi. Lagi pula, setiap universe parallel dibuat setelah keputusan dibuat oleh seseorang yang kemudian bercabang, jadi kemungkinan Alpha-Verse adalah salah satu universe yang lebih tua.

Teknologi yang mereka ciptakan untuk melacak, mengamati, dan belajar tentang multiverse tanpa mengganggu keseimbangan universe lain. Asal-usul Alpha-Verse di Everything Everywhere All at Once menawarkan penjelasan yang lebih baik mengapa mereka adalah universe utama di antara banyaknya universe lain. Sedangkan dalam komik Marvel dan DC, sistem multiverse menggunakan penomoran dari satu hingga tak terhingga sehingga tidak ada alasan mengapa universe seperti Earth-Prime DC — adalah universe yang utama.

Advertisement

Untuk itu, Daniels telah membuat sebuah film yang memungkinkan penonton untuk memahami proses pemikiran di balik Alpha-Verse dan mengapa Alpha-Verse dianggap sebagai universe utama dalam keseluruhan multiverse.

2. Bagaimana Multiverse di Everything Everywhere All At Once Bekerja

Bagaimana Multiverse di Everything Everywhere All At Once Bekerja

Bagaimana Multiverse di Everything Everywhere All At Once Bekerja via https://akcdn.detik.net.id

Seperti berbagai film sci-fi adventure yang bagus, ada aturan yang mengatur cara kerja segala sesuatu di universe. Everything Everywhere All At Once mungkin memiliki multiverse yang luas, tetapi karakternya tidak dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan. Dengan menggunakan teknologi Alpha-Verse, orang dapat melakukan verse-jumping, tetapi tidak persis seperti yang terdengar.

Advertisement

Alpha-Verse Waymond, misalnya, tidak bisa begitu saja melompat dari satu alam semesta ke alam semesta lain melalui teleportasi, juga tidak bisa secara fisik melompat dari satu multiverse ke yang lain sesuka hati. Sebaliknya, verse-jumping adalah kemampuan untuk memasuki kesadaran doppelgänger dari alam semesta paralel lain dan mengendalikan pikiran mereka untuk waktu yang singkat. Ini dilakukan tanpa disadari orang lain, itulah sebabnya Waymond tidak mengingat apa pun setelah rekan Alpha-Verse-nya meninggalkan kesadarannya dan kembali ke kesadarannya sendiri.

Kedengarannya cukup mudah, tetapi verse-jumping membutuhkan sedikit lebih banyak usaha. Para verse-jumping harus menemukan cara untuk mencapai jalan mereka melintasi multiverse dan ke dalam kesadaran mana pun yang mereka butuhkan pada saat melakukan verse-jumping.

Teknologi Alpha-Verse menghitung dengan tepat apa yang dibutuhkan biasanya, verse-jumping diperlukan untuk melakukan sesuatu yang cukup aneh dan konyol untuk mencapainya. Contohnya, seperti menyatakan cinta kepada musuh (diucapkan dengan perasaan) atau pisau yang ditusuk masuk ke dalam pantat seseorang. Itu hanyalah beberapa situasi aneh yang dialami oleh berbagai karakter di Everything Everywhere All At Once.

Evelyn dan Alpha-Verse Waymond serta karakter lainnya, juga memiliki alat yang membantu menuntut mereka, suatu bluetooth headphone yang akan berubah menjadi hijau apabila mereka diizinkan melakukan verse-jumping yang memastikan jalan mereka ke universe tujuan tepat dan aman dan mereka bisa masuk ke kesadaran doppelgänger universe tersebut.

Jika tidak, seperti yang segera disadari Evelyn, verse-jumping akan mengguncang pikirannya dan mengaburkan realita di antara setiap verse-jumping.

3. Kenapa Joy & Evelyn Bisa Mengakses Banyak Universe

Kenapa Joy & Evelyn Bisa Mengakses Banyak Universe

Kenapa Joy & Evelyn Bisa Mengakses Banyak Universe via https://static01.nyt.com

Alpha-Verse Joy adalah yang pertama dapat mengakses multiverse sesuka hati karena Alpha-Verse Evelyn mendorong putrinya untuk bereksperimen dengan verse-jumping. Ketika Joy melakukan terlalu banyak verse-jumping, pikiran Alpha-Verse Joy (atau Jobu Tapaki) tidak dapat pulih ke universe asalnya sehingga ia membagi kesadarannya melintasi multiverse, memungkinkannya untuk verse-jumping sesuka hati dan memasuki pikiran doppelgängernya secara bersamaan.

Pikiran Evelyn menjadi sama di akhir film. Setelah melompat-lompat begitu sering — dan melakukannya tanpa sepenuhnya siap atau membiarkan pikirannya pulih dari verse-jumping sebelumnya — kesadaran Evelyn juga menjadi terbelah saat dia memanfaatkan semua versi dirinya di seluruh multiverse.

4. Bagaimana Multiverse Everything Everywhere All At Onces Multiverse Dibandingkan dengan Marvel dan DC

Bagaimana Multiverse Everything Everywhere All At Once\'s Multiverse Dibandingkan dengan Marvel dan DC

Bagaimana Multiverse Everything Everywhere All At Once\’s Multiverse Dibandingkan dengan Marvel dan DC via https://variety.com

Multiverse adalah konsep yang telah dieksplorasi di beberapa media, termasuk komik, acara TV, dan berbagai film lainnya. Serial animasi Rick and Morty telah bergulat dengan multiverse, melihat karakter utamanya berinteraksi dengan versi berbeda dari diri mereka sendiri. Spider-Man: Into the Spider-Verse juga berhasil menyelidiki pesawat multiversal yang membuat Miles Morales, berinteraksi dengan berbagai iterasi dari Spider-Man. Baru-baru ini, Spider-Man: No Way Home membuka gerbang ke multiverse setelah mantra Doctor Strange gagal dan justru membawa beberapa villain yang mengetahui identitas Spider-Man datang ke universe MCU.

Yang membedakan multiverse dalam Everything Everywhere All at Once dengan konsep multiverse lain adalah penjelasan di balik keberadaannya. Universe dalam Everything Everywhere All At Once menjabarkan tetang dampak dari konsep sebab-akibat. Setiap universe sama dalam banyak hal, tetapi universe baru terbentuk setiap kali seseorang membuat pilihan yang menyimpang dari satu lintasan tertentu. Kung fu Evelyn menjadi seorang aktris karena dia memilih untuk tidak meninggalkan orang tuanya untuk menikahi Waymond universe hot dog ada karena perubahan evolusioner di masa lalu umat manusia.

Bukannya berbagai dunia di multiverse ada secara terpisah atau merupakan cermin yang tepat dengan universe utama, tetapi mereka semua dilahirkan akibat percabangan pilihan dari dunia sebelumnya. Itu juga terus tumbuh, seperti pohon dan cabang-cabangnya, dihubungkan bersama oleh akarnya. Ini memberi Everything Everywhere All At Once pandangan yang unik karena melihat multiverse dan banyak sisinya dengan wujud baru.

5. Jobu Tupaki dan Everything Bagel

Jobu Tupaki dan Everything Bagel

Jobu Tupaki dan Everything Bagel via https://www.thisisbarry.com

Puncaknya terjadi di gedung IRS di mana Evelyn Wang (Michelle Yeoh) dan agen Alphaverse lainnya mengambil sikap terakhir mereka melawan Jobu Tupaki (Stephanie Hsu), varian dari putri Evelyn sendiri, Joy, dan yang kekuatan multiversalnya dihasilkan dari eksperimen Alphaverse-Evelyn. Kekuatan Tupaki untuk melihat dan merasakan segala sesuatu di mana-mana sekaligus membuatnya percaya bahwa tidak ada yang benar-benar penting di setiap alam semesta. Maka, tujuan utamanya adalah menggunakan everything bagel — literalisasi segala sesuatu yang tidak penting — untuk menyedot semua multiverse ke dalam kehampaan yang tak terbatas.

Jobu Tupaki mencoba meyakinkan Evelyn tentang visi nihilistiknya, menunjukkan kepadanya bagaimana di setiap alam semesta upaya Evelyn untuk menjaga keluarganya tetap bersama akan selalu gagal. Inilah mengapa Tupaki mencari Evelyn, sehingga dia akhirnya dapat menemukan seseorang yang dapat memahami mengapa tidak ada yang penting dan bergabung dengannya di jalan kehancuran ke dalam Everything bagel. Bahkan dalam usahanya untuk mengakhiri multiverse, Tupaki lebih suka tidak sendirian dalam mengatur semua yang terlupakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE