5 Tips Memilih Perabot Ruang Tamu dengan Bujet Rp3 Jutaan

Ruang tamu adalah bagian pertama yang dilihat oleh para tamu saat berkunjung ke rumah kamu. Untuk itulah, kita perlu menatanya dengan baik.

Biasanya, perabot ruang tamu terdiri dari sofa, meja tamu, meja sisi, dan rak pajangan. Tidak melulu harus membeli perabot yang mahal, kamu bisa mengisi ruang tamu dengan bujet sekitar Rp3 jutaan. 

Nah, pasti kamu penasaran ‘kan bagaimana cara membeli perabot ruang tamu yang lengkap dengan bujet terbatas? Simak berikut ini.

Advertisement

1. Gunakan Sofa Bed

Sumber: ruparupa.com

Sumber: ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Agar lebih fungsional, kamu bisa membeli sofa bed untuk diletakkan di ruang tamu. Namun,  pastikan kamu telah mengetahui luas ruang tamu di rumah. Jadinya, kamu akan lebih mudah menentukan ukuran sofa yang cocok. Hindari membeli sofa yang berukuran terlalu besar karena akan mempersempit ruang gerak di ruang tamu. 

2. Pilih Karpet Senada yang Agak Lebar

Sumber: ruparupa.com

Sumber: ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Tidak hanya untuk membuat tampilan ruang tamu jadi lebih cantik, karpet juga dapat membuat kita lebih nyaman saat menginjak lantai. Pilih warna karpet senada dengan ukuran yang cukup lebar. Dengan begitu, kamu lebih mudah meletakkan sofa dan meja tamu di atas karpet.

Advertisement

3. Pilih Meja Tamu Minimalis dengan Tempat Penyimpanan

Sumber: ruparupa.com

Sumber: ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Letakkan meja tamu di depan sofa sebagai tempat buat meletakkan hidangan saat tamu berkunjung ke rumah.  Namun, pastikan ukuran meja tamu kamu tidak lebih besar dari ½ ukuran sofa. 

Misalnya, sofa kamu berukuran 120 cm, maka ukuran meja tamu tidak boleh lebih dari 60 cm. Hal ini bertujuan agar tetap ada ruang gerak di ruang tamu rumah kamu. Selain itu, pastikan meja tamu tidak terlalu pendek atau sekitar 35-45 cm.

4. Tambahkan Meja Sisi Sebagai Pengganti Rak

Advertisement
Sumber: ruparupa.com

Sumber: ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Meja sisi sering dijadikan tempat untuk meletakkan pajangan di ruang tamu. Selain itu, meja ini bisa digunakan sebagai tempat buat menaruh minuman agar lebih mudah mengambilnya saat duduk santai. 

Namun, kamu perlu memilih ukuran yang sesuai supaya tidak membuat ruang tamu terasa sesak.  Pastikan juga menggunakan meja sisi dengan warna yang senada supaya ruang tamu tetap terlihat aesthetic.

5. Berikan Aksen dengan Lampu Lantai

Sumber: ruparupa.com

Sumber: ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Pencahayaan juga berperan penting di ruang tamu, lho. Dengan pencahayaan yang baik, kamu bisa lebih nyaman duduk santai bersama kerabat yang datang ke rumah.

Nah, kamu bisa menambahkan lampu lantai di sudut ruangan dan sebelah sofa. Biasanya, lampu lantai untuk ruang tamu berukuran 120-180 cm. Kamu bisa menyesuaikan warna lampu dengan tema ruangan.

Misalnya, gunakan lampu warm white untuk interior bergaya tropis, Japandi, dan Bohemian supaya tercipta suasana yang hangat. Sedangkan warna cool white, cocok buat ruang tamu minimalis dan monokrom agar memberikan kesan elegan.

Bila kelima perabot tersebut ditotalkan kamu hanya mengeluarkan uang sekitar dari Rp3 jutaan. Nah, hal yang paling penting saat beli furniture adalah pastikan sesuai dengan tema ruangan, kebutuhan di rumah, dan pilih produk yang berkualitas. Apalagi, furnitur rumah termasuk investasi jangka panjang.

Selain itu, kamu bisa membeli furnitur secara berkala agar pengeluaran tidak membengkak. Mulai dari perabot yang paling utama terlebih dahulu, seperti ranjang, lemari pakaian, meja makan, meja kerja,dan kursi kantor. Setelah semua furnitur utama sudah lengkap, baru kamu bisa menambah barang lainnya, mulai dari lampu lantai, rak besi, rak dinding, hingga alat elektronik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE