Pernah nggak sih kaliah ngerasa kamar kalian itu sempit parah? Terus barang-barangnya juga berserakan kemana-kemana. Pengen diberesih cuman gak ada waktu. Tapi kalo dibiarin juga ribet nanti kalo mau nyari barang. Nahh, kali ini saya akan membahas tentang kasih tips & trick yang pastinya bakalan berguna banget buat anak-anak kos tentang bagaimana caranya biar kamar kalian keliatan luas.

1. Pilihlah kamar yang sesuatu kebutuhan.

Karna nggak semua orang terlahir berada, maka step pertamanya adalah bagaimana cara kalian untuk memilih kamar kost yang bakalan kalian huni nantinya, karena visi anak kost adalah, hidup hingga uang bulanan diberikan.

Advertisement

Kalau kalian bukan orang yang suka banget bersih-bersih, sebaiknya jangan pilih kamar kost dengan kamar mandi di dalam. Selain harga kamar yang disediakan lebih mahal jika dibandingkan dengan kamar yang memiliki kamar mandi luar. Perawatan yang diperlukan juga lebih mahal, dan jika kalian jarang sekali ngebersihin kamar kalian apalagi kamar mandi kalian dan jika kamar mandi kalian kotor secara langsungpun kamar mandi yang kalian miliki akan menjadi bau juga dan akan menjadi sarang penyakit buat kalian.

Untuk ukuran sih menurut pendapat pribadi, 2×2 meter persegi sudah cukup untuk kalian yang kesibukannya cuman tidur, makan, kerjain tugas, sama main game doang.

2. Buat kamar kalian menjadi beberapa sections.

Kali Ini kita akan membahas sesuatu yang menjadi hal yang sangat penting untuk memiliki kamar yang layak untuk kita huni, yaitu membuat beberapa bagian dalam kamar kalian.

Advertisement

Dengan memisahkan bagian tersebut, maka kamar yang rapih dapat dilaksanakan lebih mudah. Karena, jika kalian menyatukan area belajar dan tidur menjadi satu maka barang yang ada di sanapun akan menjadi satu atau berantakan, jadi akan lebih baik jika kalian membuat beberapa sekat.

Idealnya sih bagian untuk tidur harus berseberangan dengan meja belajar. Ada beberapa alasan mengapa kalian harus menjauhkan kedua bagian tersebut. Selain membuat kalian gampang teralihkan pada saat belajar, kalian juga akan mudah terganggu dengan adanya cahaya dari beberapa barang elektronik lainnya di atas meja.

Lalu susunlah bagian tersebut di ujung-ujung. Karena akan membuat kesan yang luas di area tengah kamar kalian. Dan biasanya di bagian ini bakalan dijadikan tempat untuk berkumpul bersama teman-teman kalian.

3. Barang yang memiliki banyak fungsi

Hanging Desk Organizer

Hanging Desk Organizer via http://google.com

Cobalah cari sesuatu yang dapat membuat barang yang ada di kamarmu menjadi memiliki banyak fungsi. Karena, selain dapat menghemat tempat, kamar yang kalian dekorasikan juga akan terlihat minimalis.

Contohnya hanging desk organizer. Ya sesuai dengan namanya organizer, yang pastinya kalian dapat mengatur barang apa aja yang pantas diletakkan di hanging table desk tersebut.

Selain barang sebelumnya, barang yang satu ini juga cukup penting dimana kita membutuhkannya di waktu yang tidak terduga, benar barang tersebut adalah tape dispenser.

Kita nggak tau kapan kita membutuhkan barang ini, maka pastinya kita perlu menyimpan barang seperti ini. Tapi karena jarang dibutuhkan juga, barang ini suka menjadi barang pajangan. Kalau gitu kenapa kita gak beli sesuatu yang lebih bermanfaat aja?

4. Hack life

100 Incredible Life Hacks That Make Life So Much Easier

100 Incredible Life Hacks That Make Life So Much Easier via http://cdn.lifehack.org

Atau yang sering kalian sebut juga dengan kata barang DIY (Do It Yourself) yang dimana kalian bisa menggunakan barang yang jarang kalian pakai menjadi lebih bermanfaat.

Barang-barang tersebut seperti; paperclip, hair clip, soda-pop tab, dll. Barang barang tersebut ternyata juga barang-barang yang multi-fungsi juga, tapi itu semua tergantung bagaiman otak kita berfikir.

Kita ambil contoh kegunaan lain dari paperclip, jika kalian jepit meja anda dengan paperclip, maka bisa digunakan sebagai cable organizer yang dimana kalian bisa memisahkan kabel-kabel penting seperti kabel charger untuk laptop, handphone, komputer, dll.

Lalu soda-pop tab juga dapat dijadikan alat untuk menggantung baju jika kalian lagi kekurangan tempat buat hanger kalian, hairclip yang biasanya digunakan para kaum hawa pun dapat digunakan sebagai tempat buat menaruh headset.

5. BONUS!!!

Kadang kita udah ngelakuin itu semua. Tapi kok masih keliatan sempit ya? Kalau itu masih pertanyaan kalian terhadap kamar sempit kalian.

Mungkin kali ini kalian membutuhkan cermin di kamar kalian. Karena kalian perlu ngaca kalau kamar kalian juga sempit kenyataannya. Tapi dengan cermin juga itu akan menciptakan ilusi terhadap otak kita yang membuat otak kita berfikir kamar yang kalian miliki tidak sempit-sempit banget, tapi ini berlaku jika kamar kalian itu rapih, karna jika kalian tidak merapihkan kamar kalian. Secara langsung juga apa yang kalian liat dicermin juga sama, akan terlihat berantakan.

For your information, membuat kamar menjadi rapih dan menarik juga dapat membuat kebiasaan bagus untuk gaya hidup kalian, dan juga membuat kualitas hidup kalian menjadi lebih baik lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya