Ribuan pariwara atau TV Commercial tayang di layar kaca setiap hari. Durasi akumulatif TVC tersebut tak terhitung jumlahnya. Namun belum banyak TVC yang sukses mencuri perhatian pemirsa. Jamak pariwara disudahi begitu saja dengan sekali gerak jemari memindahkan saluran televisi.

Ruh emosional itulah yang tampaknya ditiupkan ke dalam sebuah TVC yang akhir-akhir ini menjadi pembicaraan pengguna media sosial.

Iklan yang saya maksud adalah sebuah pariwara produk bahan bangunan yang baru saja dirilis. Iklan ini berjudul “Kembali Untuk Berbakti, Cerita Merantau Empat Bersaudara”. Bercerita tentang empat bersaudara yang merantau.

Kita tahu bersama, merantau adalah budaya yang sangat kuat mengakar di masyarakat kita.

Nah, setelah sukses di tanah rantau, empat bersaudara ini berinisiatif mudik membawa kejutan untuk orang tua mereka. Bagi ortu, pulang kampung dan mencium keduanya saja sebenarnya sudah sangat cukup.

Tapi empat bersaudara ini ingin lebih. Memberikan kejutan pada kedua orang tua mereka.

Sebelum lanjut, kisah mereka dapat kamu tonton di sini : https://www.youtube.com/watch?v=BZaI8reJGf8

Nah, ada lima alasan mengapa iklan ini sangat ngena ke anak rantau.

1. Pertama, Momentum Mudik

Arus mudik di stasiun

Arus mudik di stasiun via https://statik.tempo.co

TVC ini ditayangkan jelang musim mudik. Momentum di mana anak rantau sedunia, kompak kembali ke kampung halaman. Tujuan utama mudik tentu saja melepas rindu. Khususnya kepada kedua orang tua.

2. Kedua, Sarat Nostalgia

sesaat sebelum berpisah

sesaat sebelum berpisah via http://tamagustaman.blogspot.co.id

TVC ini sarat nilai-nilai nostalgia. Menggambarkan kehangatan hidup di kampung. Unsur story dalam pariwara ini juga mengingatkan kita, bahwa sejauh apapun kita melangkah pergi, langkah untuk kembali pasti terus memanggil di sanubari.

Advertisement

3. Ketiga, Sarat Inspirasi

Kejutan buat emak

Kejutan buat emak via https://www.flickr.com

TVC ini menginspirasi kita para anak rantau agar mempersiapkan kejutan untuk emak dan bapak di musim mudik ini. Kejutannya tak harus renovasi rumah seperti yang tampak dalam TVC tersebut. Bisa jadi mengganti kulkas tua milik ibu, ganti TV berkonde dengan TV berlayar flat, atau hadiah lain yang bermanfaat untuk menemani hari-hari kedua orang tua di kampung.

4. Keempat, Memberikan yang Terbaik

Senyum orang tua merekah ketika sang anak tiba

Senyum orang tua merekah ketika sang anak tiba via http://pakansie.com

Advertisement

TVC ini mengajarkan kita untuk memberikan yang terbaik. Terbaik bukan berarti terbesar atau termahal. Terbaik bisa aja kecil, tapi paling bermakna, paling dibutuhkan dan paling berguna.

5. Kelima, Saatnya Memutuskan Mudik

Kampung halaman dan orang-orangnya merindukanmu

Kampung halaman dan orang-orangnya merindukanmu via https://statik.tempo.co

Jika sebelumnya kamu berencana tidak mudik tahun ini karena merasa belum sukses, ubah rencana dan pandanganmu tentang sukses. Untuk kamu ketahui, hadiah paling istimewa buat ibu dan bapak adalah saat kita hadir dan berkumpul bersama mereka di hari istimewa, Hari Raya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya