Isu pemecatan karyawan atau pemutusan hubungan kerja bukanlah hal baru di dunia kerja. Namun yang kini menjadi fenomena aneh adalah karyawan dengan suka rela mengundurkan diri. Bahkan bukan hanya karyawan biasa, tetapi juga karyawan terbaik dengan prestasi cemerlang di kantor.

Ternyata tindakan para karyawan tersebut ada alasannya. Berikut 5 alasan kenapa karyawan terbaik malah mengundurkan diri dari pekerjaan.

1. Karyawan terbaik resign karena tekanan kerja yang terus membesar.

Tekanan kerja yang terus menghimpit bisa jadi adalah pendorong karyawan untuk mundur. Tekanan kerja semisal banyaknya pekerjaan, waktu yang semakin ketat, beban kerja dan sebagainya. Ketika tekanan kerja sudah berada di luar kesanggupan karyawan, ia akan keluar.

2. Karyawan terbaik resign karena ada intrik dan drama di kantor.

sikap iri dengan karyawan lain

sikap iri dengan karyawan lain via https://www.google.co.id

Intrik dan drama bisa terjadi di mana saja, kantor misalnya. Berawal dari perasaan iri karyawan lain yang punya prestasi terbaik, sehingga menciptakan kompetisi yang tidak sehat. Misalnya menyebarkan gosip buruk dan sebagainya hingga membuat karyawan harus mengundurkan diri.

3. Karyawan terbaik resign karena gaji yang tidak sesuai

gaji tak sesuai

gaji tak sesuai via https://www.google.co.id

Advertisement

Karyawan berharap dengan membaiknya performa kerja, maka ada peningkatan dalam urusan pendapatan. Meskipun gaji tidak naik, paling tidak ada fasilitas baru yang diperoleh. Jika performa mereka terus meningkat tetapi gajinya tetap, mereka bisa berpikir kantor hanya mengeksploitasi dirinya.

4. Karyawan terbaik resign karena ingin mendirikan usaha sendiri.

buka usaha sendiri

buka usaha sendiri via https://www.google.co.id

Dengan kondisi perekonomian dunia yang terus membaik, banyak kesempatan usaha yang terbuka di luar sana. Jadi tak heran orang-orang berlomba-lomba membuat usaha rintisannya sendiri. Termasuk para karyawan terbaik dari sebuah kantor tertentu.

5. Karyawan terbaik resign karena ada tempat lain yang menawarkan gaji atau fasilitas lebih baik dari kantor yang sekarang.

ada penawaran bagus

ada penawaran bagus via https://www.google.co.id

Bila prestasi tak ditunjang dengan perbaikan pendapatan, jangan heran bila karyawan akan keluar kerja. Apalagi bila ada perusahaan lain yang memiliki penawaran gaji atau fasilitas lebih baik.

Advertisement

Dan kamu perlu tahu, orang yang bertugas merekrut karyawan terbaik dari kantor lain dinamakan ‘headhunter’.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya