Disadari atau tidak, seringkali kita selalu membandingkan hidup kita dengan orang-orang disekitar kita. Entah membandingkannya dengan temanmu di lingkungan kerja atau kampus, bahkan sampai dengan orang lewat pun pernah kamu komentarin kemudian kamu bandingkan hidupmu dengan mereka. Jangankan orang yangt lewat di depanmu, guys.

Ketika kamu membuka salah satu aplikasi media sosial pun acapkali kamu membandingkan hidupmu dengan mereka yang terlihat wah di media sosial,menurutmu. Padahal, orang yang kamu bandingkan dengan diri kamu pun juga sibuk membandingkan diri mereka dengan orang lain sampai mereka kehilangan jati diri mereka.

Guys, percayalah. Bahwa efek negatif akibat terlalu sering membandingkan diri dengan orang lain itu banyak, amat sangat banyak guys. Tuntutan kata 'sempurna' bisa jadi selalu membawa dampak buruk yang nyata dalam hidup kita. Masih gak percaya? Berikut ini adalah 5 alasan kenapa kita harus stop untuk membandingkan diri kita dengan orang lain.

1. Karena Kamu adalah Kamu Sebagaimana Dirimu!

Manusia pada dasarnya diciptakan unik, diciptakan spesial dengan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena kamu adalah kamu, sebagaimana dirimu. Dengan kamu selalu membandingkan hidupmu dengan orang lain, justru akan menjatuhkan dirimu sendiri. Bukankah kamu sendiri yang seharusnya menentukan siapa dan bagaimana hidupmu?

2. Membandingkan Diri Sendiri adalah Salah Satu Bukti Bahwa Kamu Tidak Bisa Menikmati Hidup

woman-in-blue-floral

woman-in-blue-floral via https://www.pexels.com

Advertisement

Rasa tidak pernah puas akan membuatmu menjadi pribadi yang iri hati dan rendah diri. Dan yang paling parah, kamu dapat membenci hidupmu sendiri. Kamu akan terus dibayangi rasa takut sampai tak dapat mengenali siapa dirimu sendiri, karena hatimu selalu sibuk membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain yang pada akhirnya berujung pada rasa iri.

3. Selalu Dipenuhi Pikiran Negatif, Sehingga Lupa Untuk Mengembangkan Diri

woman angry

woman angry via https://www.pexels.com

Ketika mereka yang hidupnya sedang kamu bandingkan sibuk mengembangkan kemampuan dirinya, kamu sering kali lupa diri bahwa kamu telah menyia-nyiakan waktumu hanya untuk membanding-bandingkan. Perasaan bersalah dan pikiran negatif selalu menghantui sehingga menghalangi dirimu untuk menjadi pribadi yang lebih produktif.

4. Padahal Sejujurnya, Kamu Sama Istimewanya Dengan yang Lain

woman holding camera

woman holding camera via https://www.pexels.com

Guys, tahu nggak kalau sebetulnya kalian itu adalah pribadi luar biasa. Percayalah setiap pribadi adalah luar bisa, begitu juga dengan kalian. kamu juga sama istimewa dan berharganya dengan yang lain. Jadi, belajarlah untuk lebih mencintai dirimu sendiri dimulai dari sekarang. Kalau bukan kamu, lalu siapa lagi?

Advertisement

 

5. Berhasil Menerima Diri Sendiri adalah Langkah Awal Untuk Memerdekakan Hidup

woman wearing

woman wearing via https://www.pexels.com

Langkah awal untuk menciptakan gambar tentang pribadi yang baik adalah dengan cara menerima diri sendiri. Dengan begitu, kamu dapat menjalani hidup lebih nyaman dengan menciptakan 'damai' pada dirimu sendiri, guys.

kalau menurut definisi dari sempurna yaitu dengan cara mengikuti standar hidup orang lain, maka kamu salah besar. Percayalah, bahwa nyatanya langkah kecil dengan berhenti membandingkan dirimu sendiri adalah langkah yang paling tepat untuk membuat hidupmu lebih bermakna.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya