Semua orang pasti pernah mengalami kesepian di dalam hidup, walaupun berada ditengah keramaian sekalipun. Hidup tidak selamanya menyenangkan, kadang kegelisahan, kehampaan, dan kesepian selalu menghiasi hidup ini.

1. Kamu Jauh Dengan Tuhan

Dekatkanlah dirimu pada Tuhan

Dekatkanlah dirimu pada Tuhan via https://pixabay.com

Tentu kamu akan merasa kesepian jika kamu jauh dengan Tuhan. Kamu merasa hidupmu tidak ada yang menemani. Kamu mungkin pernah menginginkan sesuatu dan kamu berdoa kepada Tuhan tetapi Tuhan belum menjawab doamu, kamu berpikir bahwa Tuhan tidak sayang padamu. Kamu salah!!! Itu bukan karna Tuhan tidak sayang padamu, hanya saja ia lebih memberi apa yang kamu butuh dan bukan yang kamu inginkan.


Tuhan selalu memberi sinyal kepada kita umatnya untuk kembali kejalannya, tetapi justru sering sekali kita tidak peka atas panggilan yang diberikan Tuhan melalui cobaan sedikit demi sedikit. Kamu harus tahu bahwa semua hal yang ada di hidup ini tidak hanya soal dunia saja .


2. Kamu Kurang Bersyukur

Jangan Lupa Bersyukur

Jangan Lupa Bersyukur via https://pixabay.com

Advertisement

Ada kalanya kamu merasa kesepian karna kamu kurang bersyukur dengan hidup kamu yang sekarang. Kamu bahkan lebih menginginkan kehidupan orang lain yang kamu pikir jauh lebih baik.

Padahal kamu harusnya sadar bahwa hidup kamu sekarang jauh lebih baik dari mereka yang kekurangan, tapi kamu lupa bersyukur sehingga kamu akan selalu merasa kesepian dengan hari-hari yang kamu jalani.


Cobalah mulai sekarang bersyukur atas apa yang dikaruniakan Tuhan pada kamu. Sekecil apapun nikmat yang diberikan Tuhan padamu anggaplah itu sebuah anugrah untuk kehidupan kita. Jangan pernah menyia-nyiakannya, karna kadang sesuatu yang diberikan Tuhan yang kita anggap hal kecil tetapi besar dan sangat berharga bagi orang lain.


Advertisement

3. Kurang Menyibukkan Diri

Mulai lakukan hal yang menyibukkan dirimu tapi jangan lupa bersantai

Mulai lakukan hal yang menyibukkan dirimu tapi jangan lupa bersantai via https://pixabay.com

Jika kamu merasa kesepian, cobalah untuk mulai menyibukkan diri kamu dengan berbagai hal misalkan melakukan pekerjaan rumah yang biasa dikerjakan oleh adikmu, boleh juga kamu membagi cerita kamu boleh tentang asmara, keluarga, atau kegiatan yang paling sering kamu lakukan sepanjang hidup kamu ke orang lain misalkan melalui artikel hipwee ini.

Mungkin kamu bingung harus mulai dari mana, mulailah dari berbagi dengan orang sekitarmu, dengan berbagi menunjukkan bahwa kita makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri.


Dengan begitu, hidup kamu akan selalu bahagia dan rasa kesepian yang selalu menghantui akan perlahan hilang.


4. Menjaga Jarak Dengan Orang Lain

Menjaga Jarak

Menjaga Jarak via https://google.com

Jika saat ini kamu mulai menjaga jarak dengan orang lain, bisa jadi kamu akan merasa kesepian.

Menjaga jarak sebenarnya boleh saja mungkin alasannya jika perlahan-lahan teman kamu sudah menikah, kamu mulai menjaga jarak dari mereka karna kamu merasa tidak dibutuhkan lagi.

Bila hal ini yang menyebabkan kamu jaga jarak, mulailah berpikiran positif bisa jadi itu hanya perasaan kamu saja yang berpikir seperti itu.

Memang berteman dengan teman yang sudah berkeluarga agak repot, karna mereka tidak bisa bebas seperti dulu ketika single, tapi bukan berarti kamu memutuskan pertemanan kamu karna telah menikah.


Janganlah menarik dirimu, karna kamu pantas untuk bahagia.


5. Kurang Peduli Dengan Orang Lain , Bahkan Ramah Pun Tidak

Kurangin ya sikap tidak pedulinya

Kurangin ya sikap tidak pedulinya via https://pixabay.com

Rasa peduli itu penting didalam kehidupan masing – masing orang. Ada banyak hal yang membuat seseorang menjadi teman dimana salah satunya karna kita peduli dengan mereka. Salah satu kepedulian tertinggi ketika kita hadir disaat mereka sedang sedih atau di titik bawah kehidupan yang sulit.

Masa seperti inilah yang bisa mengubah status dari teman bisa menjadi seorang sahabat. Oleh karna itu mulailah belajar peduli kepada orang lain dimulai dari mereka yang berada disekitar kamu saat ini. Lakukan dari hal yang paling sederhana, misalnya dengan ramah (senyum, menyapa, sentuh, tolong, terimakasih, maaf) dan jadilah pendengar yang baik.


Karna kamu hidup bukan untuk sendirian , kamu memerlukan seseorang yang membuat hidupmu berarti, dari mulai kamu bangun pagi hingga larut malam pun kamu bisa tetap bahagia :)


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya