Ketika kamu merasa pacar sering pergi sama teman, keluarga, atau main sendiri; ada keinginan buat menguntit hal apa yang sebenarnya ia lakukan saat tak bersamamu. Rasa sayangmu memang tidak bisa disembunyikan, lantas kamu meluapkannya lewat kekhawatiran saat ia tidak ada di sampingmu.

Mengecek ponselnya adalah langkah yang kerap kamu ambil untuk memenuhi rasa penasaranmu. Campur aduk antara penasaran, cemburu, dan takut kehilangan. Kamu coba ulik-ulik tiap percakapan yang ada dalam aplikasi pesan instan. Kamu juga cek apakah ada orang lain yang pernah melakukan sebuah panggilan.

Tapi apakah kamu sadar, bahwa perlakuanmu tadi sebenarnya tidak sehat dan bisa saja merusak hubungan? Ngecek HP pacar secara psikologis disinyalir dapat menumbuhkan sikap minder dan tidak percaya pada pasangan, lho. Kamu sebenarnya sayang dan percaya, atau justrus takut kehilangan dan curiga?

Oleh karena itu, kamu wajib tuntaskan bacaan ringan ini. Alasan kenapa kamu wajib berhenti melakukan kebiasaan mengecek HP pasangan, sekarang juga. Cek yuk!

1. Mengecek ponsel miliknya ialah tanda minimnya rasa percaya pada dirimu sendiri dan juga pasangan

Kepercayaan adalah fondasi hubungan

Kepercayaan adalah fondasi hubungan via https://www.pexels.com

Semua tentu tau dong, kepercayaan adalah fondasi dalam hubungan? Kalau rasa percaya saja tidak punya, bagaimana bisa membangun hubungan yang bahagia? Mengecek ponsel miliknya adalah salah satu bentuk rasa kurang percaya diri. Merasa dirinya belum layak sehingga membutuhkan validasi.

Kalau percaya diri saja belum maksimal, bagaimana bisa memercayai orang lain, apalagi pasangan? Kalau memang kamu percaya sama dia, tentu kamu tak akan kepo dan mengecek segala aktivitas di ponselnya. Kalau memang dia masih hubungan sama mantan pacarnya, bilang, bukan acak-acak gadget pasangan.

2. Kebiasaan mengecek ponsel milik pasangan akan berujung pada kebiasaan stalking seharian

Jangan jadi stalker yaa

Jangan jadi stalker yaa via https://stocksnap.io

Advertisement

Awalnya memang hanya melihat siapa saja yang sedang bercakap dengannya di pesan instan. Tapi karena saking penasaran, kamu berlanjut ke opsi panggilan. Belum puas, kamu beralih ke hal-hal di luar ponsel pasangan, seperti laptop atau komputer, bahkan barang-barang pribadi milik pasangan.

Paling parahnya, kamu menguntit dia ke mana pun dia pergi. Bertanya lagi dimana dan dengan siapa. Cemburu dan mengatur-atur hidupnya. Semakin besar rasa curiga, cemburu, dan tidak percaya; semakin besar pula risiko kamu untuk berubah menjadi stalker yang menguntitnya.

3. Mengecek ponsel miliknya tak akan memberimu faedah, justru akan timbul rasa curiga yang amat parah

Pikirkan apa faedahnya

Pikirkan apa faedahnya via https://stocksnap.io

Coba sebutkan satu dampak positif yang kamu dapat saat mengecek ponsel pacar. Apakah itu memang benar-benar berdampak positif terhadap hubungan kalian? Seberapa besar? Tentu tidak bisa dikatakan besar pengaruhnya, justru banyak efek negatif dibandingkan efek positifnya.

Advertisement

Ada dua kemungkinan kalau kamu sedang mengecek ponsel pasangan. Pertama, kamu akan menemukan sesuatu yang kamu anggap mencurigakan, dan ujung-ujungnya kamu jadi kesal dan marah. Kedua, kamu tidak akan menemukan apa-apa, justru akan menambah rasa curigamu terhadapnya.

4. Kalau pacarmu yang melakukannya duluan, membalas perlakuannya justru akan menambah beban

Hargai privasimu dan dia

Hargai privasimu dan dia via https://www.pexels.com

Mungkin kamu berpikir, kalau pacarmu yang mengecek HP-mu duluan, lantas kamu membalasnya dengan mengecek HP-nya. Alih-alih menyelesaikan masalah, justru kamu akan menambah masalah. Kalau kamu merasa terganggu, ungkapkan saja, bukan malah mengganggu privasi pasangan.

Kalau perlu, kamu lakukan antisipasi untuk mengajarinya agar tidak mengecek HP lagi. Kamu bisa adopsi fitur pada HP #Advani6 yang memiliki kemampuan Super Applock. Bila pacar kamu coba-coba memaksa membuka kunci, maka langsung ketauan. Biar lebih aman, kamu coba deh fitur gesture unlock, yakni kamu bisa bikin kunci semau kamu, terserah bentuknya apa.

Fitur tadi memungkinkan pacar kamu dan orang lain tidak akan bisa membuka aplikasi. Selain mengunci, fitur tadi juga dapat menyimpan percakapan dan menyembunyikan dokumen rahasia. So, kalau memang kamu punya privasi yang harus dijaga, fitur Advan Secure pada HP Advan i6 ialah rekomendasinya.

5. Sadarlah, meski dia tidak mengatakannya padamu, sebenarnya dia merasa sangat terganggu dengan sikapmu itu

Buat dia nyaman bersamamu

Buat dia nyaman bersamamu via https://www.pexels.com

Tidak peduli apakah pacar kamu memang mencurigakan atau perasaan kamu saja, perlakuanmu yang sibuk mengecek HP pasangan tentu akan mengganggunya. Sikapmu yang begitu tetap saja akan melanggar privasi pasangan. Apabila sudah terjadi, keharmonisan hubunganlah yang akan jadi taruhan.

Sikapmu yang posesif dan takut kehilangan tentu akan membuatnya merasa tidak nyaman. Rasa percaya yang kamu berikan ternyata tidak sebesar kepercayaan yang ia berikan. So, kalau kamu memang kepo sedang apa dirinya, lebih baik bilang saja dan hindari mengacak-acak ponsel pasangan. Demi keharmonisan!

Alasan-alasan tadi diharapkan bisa menyadarkanmu untuk lebih berhati-hati menjaga dan menghargai privasi, baik diri sendiri maupun pasangan dan orang lain. Dalam hubungan, kepercayaan ialah fondasi yang tak boleh dilewatkan. Berhenti mengecek HP pasangan dan mulailah hidup tanpa kecurigaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya