Jangan keburu nyalahin abang-abang teknisinya, ya...

Seiring berkembangnya teknologi, kini internet sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. ada banyak sekali manfaat penggunaan internet baik itu untuk pekerjaan, hiburan dan tentu saja sebagai sumber informasi. Sekarang, hampir atau bahkan semua pengguna smartphone pasti punya akses internet, belum lagi sosial media yang sangat populer mulai dari Instagram, Facebook, Twitter dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, sekarang ini perkembangan game online juga makin marak di berbagai kalangan, sampai yang terbaru ada game Mobile Legends yang hampir semua orang mainkan.

Namun terlepas dari hal itu, sadar nggak sih? Kalau harga paket kuota internet itu semakin mahal dan koneksinya justru semakin lemot? Nah, ini semua bukanlah tanpa sebab, ada beberapa penyebab kenapa koneksi internet di indonesia kian mahal dan juga lemot yang harus kamu tahu sekarang juga, jadi nanti jangan salahkan provider terus. Seperti yang terjadi tahun lalu di mana web resmi Telkomsel di-hack oleh salah seorang hacker yang emosi karena harga kuota internet Telkomsel yang mahal.

1. Koneksi Internet Memerlukan Infrastruktur yang Mahal

infrastruktur yang mahal

infrastruktur yang mahal via http://cekinternet.com

Harga paket internet yang semakin mahal salah satunya juga dipengaruhi oleh biaya infrastruktur yang memang perlu biaya yang tidak sedikit. Untuk bisa menyediakan jaringan internet, ada begitu banyak infrastruktur mulai dari kabel, tower dan lain sebagainya.

Sehingga membuat harga semakin mahal. bukan hanya itu saja, akibat jumlah penduduk yang semakin meningkat dan penggunaan internet semakin banyak, juga mempengaruhi biaya infrastruktur yang semakin tinggi.

2. Mengakses Facebook, Youtube dan Website Luar Negeri butuh Biaya Lebih

biaya server website luar negeri

biaya server website luar negeri via http://google.com

Advertisement

Di Indonesia sendiri, situs situs seperti Facebook, Youtube, Instagram dan Twitter merupakan salah satu situs yang paling sering dikunjungi atau diakses oleh para pengguna internet. Dan tahukah kamu? Kalau untuk itu semua, Indonesia harus berlangganan koneksi internasional yang biayanya juga mahal karena situs tersebut jelas memakai server luar negeri.

Hal inilah yang membuat biaya koneksi internet makin mahal karena banyak juga pengusaha digital yang memilih menggunakan server luar negeri karena justru harga server di Indonesia lebih mahal.

3. Adanya Biaya Hak Penggunaan Frekuensi

biaya penggunaan frekuensi

biaya penggunaan frekuensi via http://google.com

BHPF atau biaya hak penggunaan frekuensi merupakan biaya yang harus dibayar pemerintah untuk keperluan penggunaan frekuensi seperti internet, radio dan televisi. Hal ini juga yang membuat koneksi makin mahal dan lemot selain infrastruktur dan biaya server. Sehingga banyak provider yang mematok harga tinggi karena keharusan membayar BHPF dan besarnya tergantung bandwith yang dipakai provider itu sendiri.

4. Sebenarnya Koneksi Internet Indonesia Tidak Begitu Mahal, Coba Lihat Negara Negara Ini.

masih ada negara dengan koneksi internet yang lebih mahal

masih ada negara dengan koneksi internet yang lebih mahal via http://google.com

Advertisement

Untuk kamu masyarakat Indonesia, coba deh jangan mengeluh dulu karena harga koneksi yang mahal, tahukah kamu? Kalau di negara seperti Gambia, Myanmar dan Uzbekistan, biasanya menghabiskan 1 juta lebih per bulan untuk kebutuhan akses internet. Bandingkan dengan kita di Indonesia, paling 1 bulan hanya 100 Ribu-500 ribuan dan itu juga untuk yang berlangganan wifi, kalau hanya untuk kuota HP, paling hanya 50 ribuan saja kan?

5. Bukan Juga yang Terlambat, Banyak Negara Yang Internetnya Lebih Lambat Lagi.

bersyukurlah, k

bersyukurlah, k via http://pexels.com

Terakhir, kamu perlu tahu bahwa sebenarnya koneksi internet di Indonesia tidak begitu lambat juga, kalau kita bandingkan dengan negara seperti Suriah, Libya dan Yemen, di negara tersebut kecepatannya hanya 1 Mbps saja. Dan yang perlu diingat, koneksi internet Indonesia perkembangannya bisa dibilang juga cepat, so bersyukurlah kamu yang masih bisa menikmati internet di Indonesia ini.

Itulah beberapa penyebab kenapa harga internet Indonesia mahal dan lemot, yang jelas, penggunaan koneksi internet yang semakin tinggi juga menjadi penyebab kenapa harga internet makin mahal. Hal ini di karenakan biaya infrastruktur jelas meningkat juga. Untuk itu, manfaatkanlah internet dengan baik, gunakanlah sebagai sumber informasi dan untuk hal-hal yang bermanfaat lainnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya