5 Alasan Jurusan Agribisnis Pertanian Harus Dipilih

Jangan lewatkan ini kalau kamu bingung memilih jurusan kuliah !

Pendidikan tinggi atau kuliah merupakan impian banyak orang, apalagi bagi siswa yang baru lulus SMA. Banyak siswa yang bertekad kuat dapat kuliah di jurusan kedokteran. Kuliah di jurusan yang didambakan seperti kedokteran harus punya effort lebih dibanding jurusan lain, karena terkenal dengan jurusan yang sulit dan mahal. Namun banyak juga diantara mereka yang memilih jurusan bisnis, karena dinilai sebagai jurusan berprospek baik kedepannya. Sehingga jurusan agribisnis kini semakin banyak diminat siswa.

Agribisnis adalah jurusan yang mempelajari bagaimana cara bisnis dan manajemen yang baik di sektor pertanian. Secara istialah, jurusan Agribisnis merupakan program studi yang mempelajari bidang pertanian beserta dengan bisnis dalam pengelolaan pertanian modern dan industri makanan untuk pengelolan skala perseorangan hingga perusahaan. Jurusan agribisnis ini dikenal juga sebagai jurusan Sosial Ekonomi Pertanian.

Setelah mengetahui arti agribisnis, sekarang alasan apa saja yang megharuskan siswa memilih agribisnis sebagai jurusan kuliahnya?. Nah di bawah ini dipaparkan beberapa alasan memilih jurusan ini.

Advertisement

1. Potensi Negara Indonesia sebagai Negara Agraris

padi di sawah

padi di sawah via https://drive.google.com

Pertama, potensi negara Indonesia merupakan negara agraris. Dimana sektor pertanian mendominasi. Nah, ini jadi peluang yang besar, bagi pelaku usaha untuk berinovasi dan menggunakan sumber daya ini. Semua orang pasti tahu kalau Indonesia adalah negara kaya yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Kekayaan alam itu mendukung Indonesia menjadi salah satu negara penghasil komoditi pangan besar di dunia. Apakah kamu yakin tidak ingin turut serta menjadi salah satu pendukung utama?

Menjadi seorang pelaku bisnis di dalamnya, merupakan salah satu bentuk sumbang sih kita lo. Ingat Indonesia itu kaya raya akan sumber daya alam, khususnya komoditi pertanian.

Advertisement

Orientasi kuliah di jurusan agribisnis tidak hanya menguntungkan bagi diri sendirl. Namun, dengan belajar mengenai agribisnis, maka akan dapat ikut membantu menyejahterakan masyarakat sekitar dan sekaligus melestarikan alam Indonesia.

2. Cakupan Bisnis Pertanian Luas

panen buah cokelat

panen buah cokelat via https://drive.google.com

Ingat pertanian itu tidak melulu menanam saja. Banyak sub sektor pertanian itu. Pertanian terbagi atas beberapa sub, yaitu pertanian itu sendiri, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan. Banyak sekali kan! Nah dengan banyaknya pilihan itu, cakupan bisnis pasti luas sekali. Jangan terlalu memikirkan menjual ke siapa, karena sejatinya setiap orang pasti membutuhkan. Cara pemasaran yang baik pasti diajarkan kok di agribisnis, jadi tenang saja.

Kamu dapat bebas memilih mau usaha sub sektor yang mana kedepannya setelah lulus. Kamu juga bisa melakukan kegiatan usaha agribisnis bersamaan dengan kuliah. Contoh kamu dagang makanan atau jajanan seperti kue, jus buah, telur gulung dan masih banyak lagi. Itu semua ranah agribisnis.

Advertisement

3. Prospek Kerja yang Luas Ke Depannya

starup sayur

starup sayur via https://images.app.goo.gl

Selanjutnya, prospek kerja untuk lulusan Agribisnis itu sangatlah luas. Tidak hanya di bidang bisnis saja, kamu juga bisa terjun ke dunia perbankan. Lalu di dalam Agribisnis juga dapat mempelajari bagaimana seharusnya pertanian di Indonesia berkesinambungan dan memiliki profit yang baik dengan pengelolaan maksimal. Hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat di Indonesia ini yang bergantung pada dunia pertanian.

Lulusan agribisnis dapat bekerja di mana saja. Selain sebagai pelaku bisnis atau entrepreneur, kamu dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar milik pemeritah ataupun swasta. Contoh bekerja di BUMN, perusahaan pupuk Indonesia, industri pengalengan ikan, dan masih banyak lagi. Selain itu kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintahan sebagai ASN juga.

4. Mempelajari Banyak Hal

panen buah cokelat

panen buah cokelat via https://drive.google.com

Jurusan agribisnis tidak melulu mempelajari cara budidaya tanaman, tapi jurusan agribisnis ini lebih bergengsi. Pasalnya, fakta di jurusan agribisnis kamu akan mempelajari bagaimana cara menejemen dan pemasaran yang baik atas produk pertanian hasil panen.

Oleh karena itu, di awal tadi dikatakan bahwa, jurusan agribisnsi itu sering disebut sebagai jurusan sosial ekonomi pertanian. Jadi otomatis akan mempelajari mengenai ilmu sosial dan ekonomi di dalamnya.

Ilmu sosial dan ekonomi ini sangat erat kaitanyya dengan bisnis. Contohnya kamu ketika melakukan kegiatan penawaran barang ke konsumen pasti kamu harus pandai bercakap nah ini adalah penerapan ilmu sosial. Selanjutnya saat kamu menentukan harga jual produk, di situ kamu sudah menerapkan ilmu ekonominya.

5. Penghasilan Terbilang Besar

perusahaan agribisnis rajendra farm

perusahaan agribisnis rajendra farm via https://www.swadayaonline.com

Terakhir, penghasilan dari lulusan agribisnis terbilang besar. Karena dalam jurusan agribisnis mahasiswa dituntut untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Sehingga penghasilan pengusaha agribisnis tak main-main. Banyak perusahaan-perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang sektor pertanian. Jadi tak salah jika kamu ambil agribisnis.

Alasan untuk memilih jurusan Agribisnis sebetulnya ialah memperoleh penghasilan yang besar, sehingga mendapat kehidupan yang layak nantinya. Pasalnya, jurusan ini bisa membuatmu menjadi seorang yang memiliki jabatan yang keren di pemerintahan atau pengusaha muda. Pastinya gaji atau penghasilan yang diberikan sangatlah besar.

Selain itu, jika kamu tak berminat menjadi seorang pengusaha, kamu juga dapat bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Seperti BUMN yang tentunya penghasilannya juga cukup besar.

Nah, itu tadi penjelasan tentang alasan-alasan kamu harus memlih jurusan agribisnis. Sekarang pasti kamu sudah tau gambaran mengenai jurusan agribisnis. Oleh karena itu, jurusan agribisnis bisa jadi pertimbangan kamu untuk memilih jurusan kuliah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya lahir di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 19 tahun yang lalu. Saya sekolah dari SD hingga SMA di Ngawi, namun di tahun 2022 saya mulai merantau ke Kota Surakarta untuk menempuh pendidikan kuliah di UNS.

CLOSE