5 Penguat Mengapa Kamu Perlu Puasa Media Sosial. Demi Hidup yang Lebih Hidup

puasa media sosial

Sosial media kini sudah menjadi kebutuhan setiap orang mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Dan di era yang serba modern ini, bermain sosial media menjadi suatu keharusan yang tidak bisa dilewati oleh para penggunanya. Aktivitas sehari-hari rasanya juga tidak akan lengkap jika tidak bermain sosial media. Dan terkadang sosial media juga bisa memberikan segudang manfaat untuk kamu yang senang bermain sosial media.

Namun, apa jadinya jika kamu sudah terlalu kecanduan bermain sosial media dan semua kegiatan yang harusnya kamu lakukan menjadi terabaikan? Hal ini tentu akan mengganggu produktivitas mu sehari-hari. Di sisi lain, kecanduan bermain sosial media juga bisa mengganggu kehidupanmu dan tak jarang membuat emosimu menjadi tidak stabil. Jika sudah begitu, kamu sudah seharusnya rehat sejenak dari sosial media untuk menghindari rasa stres yang lama kelamaan akan muncul. Berikut adalah 5 alasan mengapa kamu harus rehat sejenak dari sosial media!

Advertisement

1. Sosial media bisa membuatmu kehilangan percaya diri

Photo by Anthony Tran on Unsplash

Photo by Anthony Tran on Unsplash via https://www.unsplash.com

Bermain sosial media tentu membuatmu memiliki jaringan yang luas untuk melihat segala aktivitas yang di post oleh orang lain. Postingan tersebut bisa berupa aktivitas jalan-jalan mereka, penghargaan mereka, kesuksesan yang mereka capai dan lain-lainnya yang tak jarang membuatmu iri dan menjadi tidak percaya diri. Tak jarang hal ini membuat kita lebih memperhatikan kehidupan orang lain dan membandingkan kehidupan sendiri. 

Padahal, postingan tersebut belum tentu mencerminkan kehidupan nyata nya. Jika ini sudah sampai mengganggu pikiranmu dan membuatmu cemas. Sudah saatnya kamu rehat sejenak dari sosial media untuk menghindari rasa iri dan cemas yang berkepanjangan.

Advertisement

2. Aktivitas harianmu jadi terhambat dan terabaikan

Photo by Austin Distel on Unsplash

Photo by Austin Distel on Unsplash via https://www.unsplash.com

Bermain sosial media memang sudah menjadi rutinitas yang tidak bisa dilewati. Namun jika kamu terlalu kecanduan bermain sosial media hingga lupa waktu, hal ini hanya akan merugikan dirimu sendiri nantinya. Pekerjaan dan aktivitas harian yang harusnya dilakukan akan terabaikan dan terhambat.

Akibatnya, kamu juga akan sering menunda-nunda pekerjaan dikarenakan terlalu asik bermain sosial media. Ada baiknya kamu harus rehak sejenak dari sosial media dan mengerjakan terlebih dahulu prioritas harianmu.

3. Hanya menambah stres dan beban pikiran

Advertisement
Photo by Kleiton Silva on Unsplash

Photo by Kleiton Silva on Unsplash via https://www.unsplash.com

Ketika kamu mempunyai banyak sekali pekerjaan menumpuk atau tanggung jawab lain yang harus diselesaikan, itu sudah membuatmu stress. Ditambah lagi, jika kamu harus membuka sosial media dan menemukan konten-konten yang tidak sesuai moodmu saat itu. 

Jika sudah begitu, sebaiknya kamu harus berhenti sejenak dari sosial media dan fokus untuk menyelesaikan tanggung jawab pribadi terlebih dahulu. Jika ingin refreshing, cobalah dengan melakukan me time atau berpergian dengan keluarga dan teman-teman daripada bermain dengan sosial media.

4. Bisa merusak quality time dengan keluarga dan teman

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Photo by Brooke Cagle on Unsplash via https://www.unsplash.com

Ada saatnya kamu harus bisa membagi waktu antara bermain sosial media dan melakukan quality time dengan keluarga atau teman. Saat sedang berkumpul dengan mereka, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu tersebut untuk bercerita, sharing ataupun bercanda dengan mereka daripada terus menerus pantengin sosial media. Sebab, waktu dengan keluarga dan teman itu sangat berharga loh!

5. Melindungi diri dari overthinking

Photo by Nik Shuliahin on Unsplash

Photo by Nik Shuliahin on Unsplash via https://www.unsplash.com

Setiap harinya, ada banyak sekali informasi yang beredar dari sosial media dan segala postingan yang di upload oleh teman terdekat kita. Dari banyak nya informasi yang tersebar melalui sosial media tersebut membuat kita kurang bisa mengetahui mana informasi yang benar dan tidak benar. Dan karena hal itu bisa membuat kita kepikiran dan merasa cemas sampai terkadang menyita waktu tidur kita. 

Tidak hanya itu saja, terkadang komentar buruk orang lain terhadap postingan mu bisa membuat mu kepikiran dan takut untuk mengekspresikan dirimu sendiri. Oleh sebab itu, penting untuk dirimu lepas dari sosial media sejenak dan kembali menikmati kehidupan mu sendiri. 

Nah itulah 5 alasan mengapa kamu harus berhenti sejenak dari sosial media. Tidak ada salahnya untuk melakukan detoksifikasi digital jika hal itu sudah mengganggu kehidupan pribadimu. Karena kamu juga berhak untuk menjalani kehidupanmu dengan nyaman. Semoga bermanfaat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE