Penampilan #Advani6 terkesan sangat fancy untuk smartphone yang hanya berharga Rp1.499.000, penampilan fancy ini didapatkan dari efek glossy yang diintegrasikan pada bagian belakang smartphone tersebut. Efek glossy ini bahkan lebih menawan melalui varian warna Advan i6 yakni warna hitam dan warna biru.

Pembelian Advan i6 ini akan disertai dengan mendapatkan kepala charger 5 volt 1 ampere, micro usb, quick guide (panduan singkat) advan i6, buku info garansi, dan bonus paket bundling berupa paket internet 60 GB dari telkomsel. Advan i6 tidak menyertakan headset atau earphone di dalam kotaknya, namun, hal ini bukanlah hal utama yang harus kita pertimbangkan dalam pembeliannya. jika dilihat dari segi performa dan penampilannya, Advan i6 adalah smartphone yang berkualitas dalam jajarannya.

1. Seperti smartphone flagship

Advan i6 seperti Smartphone Flagship

Advan i6 seperti Smartphone Flagship via https://jalantikus.com

FullView display adalah display kekinian yang terdapat pada smartphone. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari smartphone yang memiliki display ini diantaranya yaitu mampu menampilkan lebih banyak konten dalam satu layar daripada display konvensional.

Advertisement

Keuntungan lainnya yaitu Display ini akan membuat smartphone lebih tipis dan panjang, hal ini berbeda dengan smartphone yang memiliki display konvensional yang akan membuat body smartphone lebih lebar dan berat untuk hasil display yang lebih banyak menampilkan konten dalam satu layar.

Smartphone yang tipis dan panjang juga akan terkesan seperti smartphone flagship yang mahal. Hal yang perlu diperhatikan adalah smartphone yang menggunakan FullView Display tidak memiliki home button atau tombol lainnya pada bagian depan smartphone tersebut.

FullView Display pada Advan i6 memiliki aspek ratio 18:9 dengan 5.5” IPS panel. IPS panel ini adalah salah satu keunggulan lainnya dari Advan i6, IPS panel adalah Layar kelas menengah atas pada smartphone, panel ini akan menampilkan gambar dengan warna dan tingkat akurasi yang tinggi. Selain itu, panel ini juga tahan terhadap benturan dalam ukuran tertentu.

Advertisement

Nah, dapat disimpulkan bahwa dengan Fitur FullView Display dan IPS panelnya, Advan i6 akan terlihat seperti smartphone flagship pada umumnya, yang menampilkan video, gambar, wallpaper, dan lain-lain. dengan warna dan akurasi yang tinggi.

2. Memiliki fitur fingerprint scanner (pemindai sidik jari) dan face recognition (pengenal wajah)

Fingerprint belakang pada Advan i6

Fingerprint belakang pada Advan i6 via https://www.ilyasweb.com

Dengan harga yang sangat murah, Advan juga berhasil mengintegrasikan fitur fingerprint scanner dan face recognition sebagai salah satu sistem keamanannya. Fitur ini tidak hanya berguna sebagai sistem keamanannya saja, akan tetapi juga berguna sebagai kemudahan bagi pengguna dalam lock dan unlock Advan i6.

Cukup dengan menempelkan jari saja, atau hanya dengan mengarahkan wajah ke kamera depan, maka Advan i6 akan terbuka dengan sendirinya.

Fingerprint pada Advan i6 terletak pada bagian belakang smartphone tersebut (rear-facing sensors), kelebihan rear-facing sensor daripada tipe sensor lainnya adalah kemudahan bagi pengguna untuk meggunakan fingerprint tersebut, hal ini dikarenakan, fingerprint smartphone terletak tepat dibawah tempat jari telunjuk beristirahat. Jadi, Advan i6 akan lansung terbuka dengan hanya menggunakan genggaman saja.

Fitur fingerprint pada Advan i6 memiliki tingkat akurasi dan kecepatan yang tinggi, dengan durasi waktu yang hanya 0,3 detik, smartphone akan lansung terbuka setelah membaca data fingerprint tersebut.

Selain fitur fingerprint, Advan i6 juga mengintegrasikan fitur face recognition yang memiliki tingkat akurasi dan kecepatan yang tinggi pula. Fitur ini akan menggunakan algoritma tertetu untuk mengenal titik-titik detail wajah pengguna dan membuka smartphone dalam durasi waktu yang hanya 0,4 detik.

3. Menggunakan IDOS (Indonesian Operating System)

tampilan IDOS pada Advan

tampilan IDOS pada Advan via http://teknologi.metrotvnews.com

IDOS merupakan OS Smartphone buatan anak bangsa yang berbasis Android, sama halnya dengan Xiomi yang memiliki MIUI, Samsung yang memiliki TouchWiz, dan Huawei yang memiliki EMUI, Advan juga memiliki IDOS sebagai OS Smartphonenya.

Advan i6 menggunakan IDOS versi 6.2.1 yang berjalan pada kernel Android Marshmallow. IDOS versi ini memiliki empat aspek ungulan yakni security (keamanan), power saving (fitur penghemat baterai), smart manager (pengaturan pintar), dan unique feature (fitur unik).

Berikut akan admin jabarkan empat keunggulan tersebut:

Aspek Security memiliki empat fitur unggulan yakni Anti-theft: fitur yang akan mengambil gambar pengguna yang gagal login ke smartphone, sistem enkripsi: fitur yang akan mengenkripsikan atau membuat password pada data pengguna saat melakukan online shopping. App Lock: fitur yang akan mengkunci aplikasi pada smartphone untuk menjaga privasi pengguna, dan Guest mode: fitur yang akan membantu pengguna dalam menjaga privasinya saat meminjamkan smartphone pada orang lain.

Aspek Power Saving memiliki tiga fitur unggulan yakni fitur All-Time Saving: fitur yang akan menghemat daya baterai dalam pemakaian normal, Smart Saving: fitur yang hanya akan mengoptimalkan daya baterai pada aplikasi yang berjalan, Ultra Saving: fitur yang akan mengoptimalkan daya baterai melalui pengaktivan komunikasi dasar saja.

Aspek Smart Manager memiliki tiga fitur unggulan yakni fitur Health Guard: fitur yang akan mengukur, dan menginformasikan kesehatan, dapat dibayangkan bahwa Advan i6 akan membuat penggunanya lebih sehat, QR scan ID: pengguna dapat menyimpan kontak dengan hanya melalui scanning Barcode, Picture in Picture: fitur ini dapat digunakan untuk memutar video pada saat melakukan aktivitas lain atau sedang menggunakan aplikasi lainnya, jadi dapat dibayangkan bahwa Advan i6 ini akan seperti tablet ataupun PC yang dapat melakukan multitask dalam satu window.

Aspek Unique Feature merupakan fitur tambahan pada IDOS yang memiliki lima fitur menarik diantaranya yaitu fitur Shack To Play and Shoot: pengguna dapat memutar musik dan membuka kamera dengan hanya menggoyangkan smartphone, Quick Touch: fitur yang memberikan akses shortcut pada fungsi seperti home, airplane mode, screenshoot, dll, One Touch Command: fitur yang memberikan akses shortcut pada satu fungsi seperti mengganti wallpaper, dan lain-lain. Quick Universal Search: pengguna hanya perlu menggesek ke bawah untuk mengakses fitur ini, fitur ini akan mencari aplikasi yang diinginkan baik pada website maupun Playstore, Panduan Muslim: merupakan fitur yang akan menampilkan waktu shalat, masjid terdekat, arah kiblat, dan Al-qur’an.

Melalui integarasi aplikasi panduan muslim, kita dapat menyimpulkan bahwa Advan i6 membuktikan pernyataannya mengenai interface Advan i6 yang dibuat berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat Indonesia.

4. Memiliki kamera kekinian

Kamera pada Advan i6

Kamera pada Advan i6 via http://teknologi.solopos.com

Advan i6 memiliki kamera belakang 13 MP dengan Aperture f/2.0 dan kamera belakang 5 MP. Dengan banderol harga yang sangat murah, Advan mampu meintegrasikan kamera yang sesuai dengan kebutuhan pengguna smartphone.

Kamera smartphone terbesar umumnya memiliki resolusi 20,7 MP dengan hasil gambar yang sangat berkualitas dan size yang besar, cocok bagi photographer profesional yang ingin mencetak gambar besar untuk majalah, dibingkaikan, dan lain-lain. Kamera 13 MP merupakan kamera standar bagi pengguna smartphone yang ingin membagikan hasil jepretannya pada media sosial tanpa perlu crop atau dipotong, sebaliknya hasil jepretan kamera 20,7 MP perlu crop bahkan perlu dikonversi karena size yang sangat tinggi, maka dari itu, kamera 13 MP sangat cocok bagi pengguna smartphone non-profesional.

Kemudian, 13 MP sangat diperlukan sebagai kamera belakang karena pengguna cenderung ingin memotret pandangan yang fokus kameranya jauh, tidak seperti kamera depan yang hanya cenderung digunakan sebagai wefie ataupun selfie, maka dari itu, kamera dengan resolusi yang lebih kecil diperlukan sebagai kamera depan.

Advan i6 mengintegrasikan kamera 5 MP sebagai kamera depan dikarenakan kualitas gambar bagus dan cocok untuk di unggah ke media sosial. Di sisi yang lain, kamera 3 MP juga menghasilkan gambar yang bagus dan size yang lebih kecil daripada kamera 5 MP, akan tetapi, hasil jepretan kamera 3MP tidak akan terlihat bagus pada smartphone yang memiliki layar yang besar, ini merupakan hal utama yang harus kita perhatikan karena perusahan smartphone cenderung tidak lagi memproduksikan smartphone yang kecil atupun memiliki layar yang kecil.

Melalui penjabaran diatas, dapat kita simpulkan bahwa Advan i6 memiliki fitur kamera yang sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kamera dengan hasil gambar yang berkualitas namun tidak memakan memory smartphone yang banyak.

5. Baterai tahan lama dan memory internal yang besar

baterai Advan i6 dengan memory internalnya

baterai Advan i6 dengan memory internalnya via https://selular.id

Dari penjambaran diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa dengan harganya yang sangat murah, Advan i6 masih mempertimbangkan kebutuhan terkini konsumen berupa layar yang besar, OS yang tepat, keamanan smartphone yang tinggi, dan tak lupa pula, kamera yang berkualitas.

Di samping itu, Advan i6 juga memiliki baterai 3300 mAh yang dapat bertahan sampai sepuluh jam lebih, dilengkapi dengan RAM 2GB, dan RAM 16 GB. Dan tak lupa pula, efek glossy yang terdapat pada bagian belakang Advan i6.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya