Sebagai gunung yang berada di pusat daerah wisata Trawas dan Tretes, Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung yang menjadi destinasi favorit pendaki gunung di Jawa Timur, terutama mereka yang baru berlatih naik gunung. Gunung Penanggungan memiliki tinggi 1653 Mdpl, meskipun begitu bukan berarti mudah untuk di takhlukkan karena gunung ini mempunyai berbagai jenis medan dan cuacanya cepat berubah-ubah.

Gunung ini sangat cocok digunakan untuk liburan singkat para pendaki gunung di sekitaran Jawa Timur karena pemandangannya yang indah dan mempunyai berbagai macam rintangan yang singkat namun cukup sebagai bahan persiapan sebelum melakukan pendakian panjang lainnya.

1. Waktu Pendakian yang Singkat

Gunung Penanggungan dari Ranu Manduro

Gunung Penanggungan dari Ranu Manduro via https://www.instagram.com

Gunung dengan ketinggian dibawah 2000 Mdpl ini bisa kita daki dalam waktu satu hari saja. Normalnya waktu naik sampai ke puncak Gunung Penanggungan hanya membutuhkan waktu 4 jam. Untuk turun gunung malah hanya membutuhkan waktu 2 jam saja. Tentu harus tetap berhati-hati saat perjalanan turun dari puncak karena medannya yang berupa batuan tajam dan mudah longsor itu sudah banyak memakan korban.

2. Jalur Pendakian Berupa Anak Tangga

Anak Tangga di Gunung Penanggungan

Anak Tangga di Gunung Penanggungan via https://web.facebook.com

Trek pendakian Gunung Penanggungan awalnya adalah jalur paving sampai ke kebun warga. Jalur kemudian berganti menjadi makadam dan tanah yang licin. Dari pos 3 ke puncak bayangan baru-baru ini sudah dibangun jalur berupa anak tangga dari kayu yang bisa mempermudah pendaki, sebelumnya jalur ini adalah jalur paling licin dan berbahaya karena selain licin dan tidak ada pegangan, tepat di belakang kita adalah jurang yang sangat dalam.

3. Ada Warung di Pos Pendakian

Warung di Gunung Penanggungan

Warung di Gunung Penanggungan via https://www.google.com

Advertisement

Tidak usah khawatir kelaparan saat mendaki Gunung Penanggungan karena di Pos 2 sampai pos 4 gunung ini ada warung penjual makanan yang menyediakan berbagai jenis logistik nikmat nan murah. Warung makan dan minum di Pos 2 buka setiap hari namun di Pos 4 hanya buka setiap akhir pekan.

Untuk anda yang tidak mau membawa makanan berat-berat dari bawah juga cukup membawa uang lebih untuk membeli makanan di warung ini.

4. Pemandangan yang Menakjubkan

Background Foto Gunung Arjuno-Welirang

Background Foto Gunung Arjuno-Welirang via https://web.facebook.com

Sebelum menuju puncak Gunung Penanggungan umumnya para pendaki akan mendirikan tenda di puncak bayangan atau biasa disebut pelataran. Di tempat kemah ini pemandangan sudah terlihat sangat indah, kita bisa mengambil gambar dengan background gunung arjuno dan welirang yang tepat berada di sebrang gunung ini. Selain itu di sini kita juga bisa menikmati sunset yang indah karena tepat berada di depan mata kita.

5. Suhu yang Tidak Terlalu Dingin

Foto dengan Background Puncak Penanggungan

Foto dengan Background Puncak Penanggungan via https://web.facebook.com

Advertisement

Meskipun berada di daerah dataran tinggi, Gunung Penanggungan termasuk mempunyai suhu yang aman bagi pendaki pemula. Suhunya memang dingin namun tidak terlalu dingin, bahkan beberapa pendaki yang sudah sering mendaki gunung ini biasanya tidak menggunakan sleeping bag untuk tidur karena dirasa suhunya terlalu panas.

Suhu yang tidak terlalu dingin ini membuat para pendaki pemula yang baru pertama kali melakukan pendakian tidak akan kapok naik gunung.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya