Semua orang pasti ingin sekali membentuk rumah tangga saat sudah dewasa. Namun, untuk mewujudkan itu semua tidaklah mudah. Berbagai macam halangan dan rintangan mengiringi setiap orang saat akan membina rumah tangga, mulai dari terbatasnya biaya dan lain sebagainya. Namun, ada satu hal yang bisa dibilang menjadi idaman bagi setiap pasangan, terlebih jika sudah menikah nanti, yakni rumah sendiri.

Kebanyakan orang yang baru saja menikah, biasanya masih satu atap dengan orang tua alias tinggal dan masih "numpang" di rumah orang tua. Namun, banyak juga yang sebelum menikah, mereka sudah menyiapkan rumah sendiri untuk ditempatinya suatu saat nanti. Dan sekarang pertanyaannya, lebih baik punya rumah sebelum menikah atau lebih baik numpang bersama di rumah orang tua atau saudara dulu? Ini yang akan saya coba sampaikan di artikel ini.

Satu hal yang realistis, punya rumah itu tidak mudah, harganya mahal dan jika memang kamu belum mampu, maka tak perlu memaksakan. Berikut ini adalah alasan pentingnya punya rumah sendiri setelah menikah.

Perlu digarisbawahi di sini, punya rumah sendiri maksudnya bukan berarti setiap pasangan harus punya rumah sendiri, bisa saja rumah hasil ngontrak dan sebagainya. Intinya, kita sebagai pasangan suami istri tinggal di satu atap dan tidak bersama orang tua.

1. Punya Rumah Sendiri, Kita Bisa Mengatur Rumah Tangga Sendiri Tanpa Campur Tangan Orang Tua

bisa mengatur rumah tangga sendiri

bisa mengatur rumah tangga sendiri via http://hipwee.com

Bukannya egois dan tak mau dicampuri urusannya, hanya saja kadang campur tangan dari orang lain termasuk orang tua justru membuat kita sebagai pasangan menjadi tak nyaman, apalagi jika kita adalah pengantin baru. Berdua tentu akan menjadi lebih indah untuk membuat kita dan pasangan kita menjadi lebih menyatu satu sama lain.

2. Jika Sudah Berumah Tangga, Itu Artinya Kalian Sudah Siap Untuk Mandiri dan Sudah Saatnya Punya Rumah Sendiri

punya rumah sendiri

punya rumah sendiri via https://bedspreadss.com

Menikah jelas bukan perkara mudah. Jika kamu sudah melakukannya, itu artinya kamu sudah berpikir matang dan siap dengan segala sesuatu yang akan terjadi pada kehidupan berumah tangga. Dengan menikah, bukankah kamu artinya harus sudah mandiri? Sampai kapan terus bergantung pada orang tua? Termasuk masalah rumah. Pasangan yang sudah menikah akan lebih afdol jika punya rumah sendiri.

3. Punya Rumah Sendiri Sebelum Menikah Akan Membuat Kita Layak di Mata Orang Lain dan Tetangga

pentingnya punya rumah sebelum nikah

pentingnya punya rumah sebelum nikah via http://google.com

Advertisement

Bukan bermaksud untuk sombong, namun faktanya, orang yang punya rumah sendiri sebelum menikah pasti akan dianggap layak oleh tetangga dan orang lain. Mereka tidak akan lagi berpikir “apa dia mampu kok mau menikah?, apa penghasilan dia cukup untuk ber rumah tangga.” Terkadang, kata-kata seperti itu seringkali dilontarkan orang lain, terutama pada mereka yang menikah di usia muda. Namun yang pasti, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu sudah punya rumah sendiri sebelum saatnya akan menikah.

4. Dengan Punya Rumah Sendiri Sebelum Menikah, Restu Orang Tua Pasti Didapat

restu orang tua

restu orang tua via http://hipwee.com

Ada 1 masalah terbesar bagi mereka yang akan melaksanakan pernikahan, yakni masalah restu atau ridho orang tua. Semua orang tentu setuju bahwa mendapatkan restu dari orang tua sangatlah sulit dan butuh perjuangan. Kita harus berusaha meyakinkan calon mertua kita seyakin mungkin pada diri kita. Bukan cuma materi, ada banyak hal lain yang harus kita wujudkan sebelum melamar dan menikahi pasangan kita. Namun, dengan sudah punya rumah sendiri sebelum menikah, yakin deh, orang tua doi bakal merestui hubungan kamu untuk lanjut ke pelaminan, karena sudah pasti kamu akan dianggap sebagai orang yang sudah mampu, sudah siap mental, dan terkesan sudah menyiapkan segala sesuatunya. Rumah saja sudah, berarti niat berumah tangga juga sangat besar.

5. Jika Sudah Punya Rumah Sendiri dan Punya Anak, Kamu Akan Benar Benar Merasakan Artinya "Keluarga Kecil" yang Bahagia

indahnya keluarga kecil

indahnya keluarga kecil via http://google.com

Saat kamu menikah dan kemudian mempunyai seorang anak nantinya, kamu akan benar benar merasakan arti keluarga kecil, jika kamu sudah punya rumah sendiri. Beda jika kita selama menikah sampai punya anak masih seatap dengan orang tua. Kita belum benar benar menjadi keluarga kecil yang berbahagia, seperti ada yang kurang. Ya, dengan punya rumah sendiri, seutuhnya kamu, dia dan anakmu adalah keluarga kecil yang berbahagia yang hidup di satu atap bersama.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya