5 Alasan Untuk Berhenti Merokok Sambil Naik Motor

Udah deh enggak usah merokok sambil naik motor

Sebagai seorang pengendara motor, ada satu hal yang menyebalkan dan sering sekali mengganggu saya ketika berkendara, yaitu orang yang merokok sambil naik motor. Saya rasa banyak juga pengendara lainnya yang sama kesalnya seperti saya. Oleh karena itu bagi kalian yang masih suka mengendarai motor sambil merokok lebih baik stop kebiasaan itu, karena banyak dampak negatifnya. Dampak negatifnya itu seperti:

Advertisement

1. Abu rokok yang terbang bisa melukai pengendara lain

Abunya membahayakan pengendara lain

Abunya membahayakan pengendara lain via https://pixabay.com

Ini adalah salah satu alasan penting kenapa tidak bolehnya merokok sambil naik motor. Abu yang terbang bisa saja melukai orang lain di belakangnya. Sudah banyak banget kan keluhan masyarakat di media sosial yang matanya terluka karena terkena abu dari pengendara yang merokok.

2. Mengurangi fokus dalam berkendara

Fokus saat berkendara akan berkurang

Fokus saat berkendara akan berkurang via https://unsplash.com

Fokus dalam berkendara itu sangat penting. Apabila kita sudah tidak fokus dalam berkendara, bisa saja meningkatkan resiko kecelakaan. Dengan seseorang merokok sambil berkendara, tentu saja dapat mengurangi fokusnya dalam berkendara. Tanpa merokok saja sudah ada potensi kecelakaan, apalagi ditambah merokok.

3. Bisa kena hukuman

Awas nanti kena tilang

Awas nanti kena tilang via https://pxhere.com

Untuk saat ini sudah ada aturan bahwa merokok sambil mengendarai motor itu bisa kena hukuman 3 bulan penjara atau denda Rp. 750 ribu. Lebih baik gak usah deh dari pada kena hukuman kan?

4. Menimbulkan sampah

Jadi banyak sampah puntung rokok di jalan

Jadi banyak sampah puntung rokok di jalan via https://unsplash.com

Rata – rata orang yang merokok sambil naik motor itu akan membuang puntung rokoknya sembarangan. Asalkan rokoknya habis, puntungnya pun akan dibuang begitu saja di jalanan. Apabila hal ini terus terjadi, akan ada banyak sampah puntung rokok di jalan raya. Atau yang lebih buruk lagi, puntung rokok yang masih terdapat bari api, apabila dibuang sembarangan bisa menyebabkan kebakaran.

5. Bentuk kita menghargai pengendara lainnya

Advertisement
Respect satu sama lain

Respect satu sama lain via https://www.freepik.com

Selain alasan – alasan yang ada di atas, ini menjadi alasan yang cukup penting. Pada poin ini harus ada kesadaran masing – masing dari para pengendara motor yang merokok. Dengan kita tidak merokok di saat naik motor, kita telah menghargai para pengguna jalan lainnya. Karena bagimanapun juga, jalan itu milik kita bersama bukan milik pribadi. Seperti sebuah kalimat yang sering muncul “emang ini jalan punya nenek lu”.

Bagi para pengendara sepeda motor yang masih suka berkendara sambil merokok, lebih baik stop kebiasaan itu. Karena hal itu bisa merugikan banyak pihak. Kalau memang lagi ingin sekali merokok, lebih baik berhenti dulu di pingir jalan, lalu merokok sepuanya. Bukan malah merokok di jalan dong.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Halo saya adrial akbar. Selamat membaca ~

CLOSE