5 Cara Kreatif Memasang Lampu Hias di Kamar Tidur

Buat kamu yang paham sama desain interior, terutama soal pencahayaan ruangan, pasti udah tahu banget kalau satu lampu gantung & lampu plafon aja enggak cukup buat ngebangun suasana dan tampilan ruangan yang dinamis dan menawan. Perlu ada tambahan beberapa aksen dan dekorasi yang bikin pencahayaan makin kompleks.

Dikombinasikan sama pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan, sistem pencahayaan perlu direncakan dan diatur sedemikian rupa supaya ruangan enggak terkesan datar dan monoton. Pencahayaan yang dinamis juga bisa memengaruhi suasana hati orang yang lagi ada di ruangan itu, loh.

Setiap ruangan pun biasanya punya pengaturan pencahayaannya sendiri untuk efek yang berbeda-beda. Misalnya ruang keluarga dibuat lebih fleksibel dengan menggabungkan cahaya matahari, lampu utama, dan indirect lighting. Dapur dibuat terang dan memanfaatkan pencahayaan alami sebagai utamanya, atau ruang kerja dengan lampu yang dekat dengan meja & kursi kerja

Kemudian, kamar tidur yang butuh banyak lampu hias dan aksen yang enggak terlalu terang atau menyakitkan mata. Sebagai tempat buat beristirahat dan bersantai, pencahayaan kamar tidur biasanya sengaja dibikin lebih redup, hangat, dan nyaman di mata. Memaksimalkan penggunaan indirect lighting dan lampu-lampu hias sebagai lampu tidur.

Memasang lampu meja, lampu lantai, lampu gantung, atau panel lampu di kamar tidur ini pun juga perlu dilakukan dengan terencana dan sebisa mungkin kreatif. Selain untuk menerangi kamar tidur di malam hari, lampu hias yang dipasang secara kreatif juga bisa jadi dekorasi yang membuat kamar tidur jadi semakin menarik.

Dekoruma punya lima cara kreatif gimana kamu bisa memasang berbagai jenis lampu hias sesuai keinginan di kamar tidur. 

Advertisement

1. Tampilan Lampu Neon di Kamar Tidur Yang Enggak Berlebihan. Tetap Menawan dengan Kreasi Lampu Neon

Sumber: lovePROPERTY

Sumber: lovePROPERTY via https://www.loveproperty.com

Lampu neon warna-warni mungkin menarik bagi sebagian orang yang suka dengan tampilan heboh dan futuristik. Namun, buat penghuni kamar yang pengin tampilan lampu neon yang lebih kalem, kalian bisa coba pakai lampu neon yang bisa dibentuk seperti ini. 

Contoh di atas adalah lampu neon yang dibentuk jadi quote yang ditaruh di atas tempat tidur. Selain tulisan, lampu neon juga bisa dikreasikan dalam berbagai bentuk sesuai keinginan pemilik. Warna lampunya pun juga bisa disesuaikan. Selain lebih nyaman di mata, kamar tidur pun jadi semakin instagramable, deh.

Advertisement

2. Lampu Tidur yang Hangat dan Multifungsi. Cermin Berbohlam Lampu di Samping Tempat Tidur

Sumber: Naver

Sumber: Naver via https://post.naver.com

Sebagai salah satu furnitur yang jarang absen di kamar tidur, kalian juga bisa memanfaatkan cermin buat jadi lampu hias yang menarik. Apalagi, cermin dinding yang besar dan tinggi kayak gini. Pasangkan bohlam di sekeliling cermin kayak kaca meja rias yang ikonik itu.

Tinggal senderkan di dinding sebelah tempat tidur, matikan lampu utama, dan nyalakan lampu cermin ini. Suasana kamar pun jadi lebih hangat, romantis, dan nyaman. Warna lampu yang dipilih juga warna kuning supaya lebih nyaman di mata ketika di malam hari. 

3. Aksen Indirect Lighting Pada Beberapa Titik Tempat Tidur. Panel Headboard Kayu Bertekstur dan Bawah Rangka Tempat Tidur Floating

Advertisement
Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Desainer interior kamar tidur utama ini menggunakan efek lampu hias lava yang seolah-olah akan keluar dari retakan-retakan yang terbentuk dari panel kayu yang bertekstur ini. Desainnya yang kompleks emang bener-bener kasih tampilan yang menawan dan menarik sebagai headboard tempat tidur. 

Enggak sampai di situ aja, rangka tempat tidur menggunakan desain floating yang mana bagian bawahnya juga bisa dimanfaatkan buat menambah lampu hias. Bagian bawah tempat tidur dan nakas pun dipasangi lampu LED yang semakin menambah kompleksitas aksen pencahayaan kamar tidur ini.

4. Bermain dengan Tekstur Bebatuan Alami Buat Headboard Tempat Tidur. Tambahkan Lampu Gantung Kontemporer Yang Modern

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Masih tentang bagaimana seorang desainer interior memainkan tekstur yang menarik pada pencahayaan kamar tidur, headboard tempat tidur ini menggunakan aksen bebatuan alami yang membentuk tekstur yang khas dan menawan. Lampu dipasang hanya di pinggir panel saja, memberikan kesan berpendar yang halus.

Supaya enggak terlalu polos, penghuni kamar juga memasang dua lampu gantung berdesain kontemporer di kanan dan kiri tempat tidur. Menggunakan desain tongkat tipis, lampu gantung yang berwarna hitam memberikan kontras yang menawan dengan panel batu yang berwarna putih.

5. Lampu Rotan yang Alami dan Menawan untuk Kamar Tidur Bernuansa Boho dan Eklektik

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Bagi pecinta desain interior kamar tidur yang minimalis dan alami, kalian bisa memilih lampu-lampu yang terbuat dari rotan. Misalnya lampu gantung dengan tudung rotan kayak gini. Ditambah dengan furnitur kayu dan rotan kayak rangka tempat tidur, nakas, sampai dream catcher yang identik dengan desain interior boho dan eklektik. 

Enggak cuma lampu gantung, beragam lampu meja untuk nakas, lampu dinding, sampai lampu lantai juga punya desain tudung atau dudukan dari rotan yang juga menarik buat dilihat. Terutama untuk penggemar interior boho-chic yang khas dan menyenangkan.

Merencanakan dan mengatur pencahayaan ruangan di rumah biasanya sudah sepaket dengan jasa desain interior dalam mendekorasi rumah. Maka dari itu, segera konsultasikan dengan desainer interior terpercaya di kota tempat tinggalmu, seperti perusahaan desain interior Jakarta, Surabaya, atau desain interior Bandung.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE