5 Cara Menata Ulang Dapur dengan Bujet Di Bawah Rp1 Juta

Tahukah kamu kalau ternyata dapur adalah salah satu area di rumah yang membutuhkan biaya renovasi paling mahal. Soalnya, kita membutuhkan banyak bahan dan memerlukan waktu pengerjaan yang cukup lama. Namun, tenang saja karena kamu juga bisa menata ulang dapur dengan bujet di bawah Rp1 juta saja.

Tentunya, kita dapat merasa bosan melihat tampilan dapur yang begitu saja. Padahal, dapur merupakan tempat kita sering menghabiskan waktu di rumah. Lantas, bagaimana cara menata ulang dapur dengan bujet terbatas? Simak berikut ini.  

Advertisement

1. Lakukan retouch daripada mengganti

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Mengganti perabot lama dengan yang baru tentunya akan membutuhkan biaya lebih mahal. Lain halnya dengan melakukan retouch atau mengubah tampilan perabot lama menjadi baru. Ada beberapa cara retouch yang bisa kamu lakukan, dari mengecatnya, melukis, dan melapisi dengan lapisan pvc atau wallpaper. 

Misalnya, kamu bisa mengecat ulang rak dan kitchen set di rumah. Namun, jika ingin mempercantik dinding dapur, cobalah memasang wallpaper dan rak dinding cantik.

Advertisement

Sedangkan untuk perabot besi di dapur, kamu bisa melapisinya dengan cairan anti-karat. Dengan begitu, perabot dapur jadi tahan lama dan terlihat baru.

2. Perbaiki peralatan dapur

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Adakah peralatan di dapur kamu yang sudah rusak atau mulai tidak berfungsi dengan baik? Daripada langsung membeli yang baru, kamu bisa mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. 

Advertisement

Tentunya, cara ini lebih murah dibandingkan membeli baru. Kamu dapat menggunakan alat perkakas di rumah untuk memperbaikinya. Sedangkan untuk alat elektronik, kamu dapat menggunakan garansi bila masih ada atau meminta teknisi datang buat memperbaikinya. 

Jika dapat dipakai dengan baik,  jadi kamu tidak perlu repot mengeluarkan uang lagi, bukan?

3. Pertahankan tata letak dapur yang sama

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Mungkin kita dapat merasa bosan melihat tata letak dapur yang selalu sama, tapi hindari untuk mengubahnya jika ingin menekan biaya. Soalnya, cara ini justru bisa membuat kita  mengeluarkan biaya lebih. Kamu harus memindahkan aliran pipa untuk wastafel, membuat jalur listrik baru, bahkan melubangi dinding lagi.

Lebih baik pertahankan tata letak dapur di rumah, tapi variasikan dengan aksesori dan hiasan yang menawan. Selain itu, pastikan peralatan masak di dapur selalu tertata rapi dan sesuai kategori.

4. Cobalah memasang dan merakit perlengkapan dapur sendiri

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Sebenarnya, kamu bisa menata dapur  tanpa memerlukan bantuan orang ahli. Cukup dengan  mengecat dinding, memasang wallpaper, dan memasangkan gorden untuk mengubah suasana di dapur.

Selain itu, kamu juga dapat merakit sendiri meja, rak, dan lemari dapur tambahan supaya tertata rapi. Tenang saja, sudah banyak video tutorial yang dapat membantu kamu untuk merakit perabot tersebut. 

5. Manfaatkan sisa barang bekas yang masih layak

ruparupa.com

ruparupa.com via https://www.ruparupa.com

Terakhir, kamu bisa menata ulang dapur di rumah dengan memanfaatkan barang bekas, lho. Misalnya, gunakan sisa kain dari baju bekas, kain lap, dan lainnya. Lalu, jahit menjadi satu untuk digunakan sebagai taplak meja, gorden, sapu tangan, dan tatakan piring. Unik sekali, bukan?

 

Nah, itulah kelima cara mudah untuk menata ulang dapur di rumah dengan bujet di bawah Rp1 juta. Yuk, buat dapur kamu jadi lebih nyaman dan menawan dengan bujet minimum! Dengan dapur yang nyaman, kamu juga bisa menyiapkan makanan lezat untuk keluarga tercinta. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

ruparupa.com merupakan e-commerce resmi ACE, Informa, Toys Kingdom, dan Grup Kawan Lama lainnya. ruparupa.com hadir untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik buat semua orang karena rumah adalah awal semuanya dimulai.

CLOSE