Hal ini adalah salah satu alasan mengapa banyak chain-chain kopi yang laris di pasaran. Semenjak beberapa tahun lalu, tren ngopi kemudian marak diikuti oleh banyak orang dari segala penjuru umur. Mulai dari ngopi sehabis sekolah, atau sebelum kerja/kuliah, bahkan saat melakukan rapat pun, beberapa orang kerap melakukannya di cafe. Namun jika kamu penggila kopi sejati, kamu harus coba kopi-kopi yang ada di bawah ini! 

Walaupun kamu sukanya kopi hitam, tak ada salahnya mencoba kan? 😉

1. Vietnam – Cà phê đá

Kopi Vietnam lengkap dengan drippernya

Kopi Vietnam lengkap dengan drippernya via https://znews-photo-td.zadn.vn

Kopi Vietnam adalah salah satu jenis kopi yang paling enak, dan mudah pembuatannya. Bayangkan saja, kamu hanya perlu nge-drip kopinya selama 10 sampai 20 menit, lalu mengaduknya bersama dengan susu kental manis. Yang paling menyenangkannya, kamu bisa mengontrol seberapa manis kopi ini sesuai tingkat kemanisan yang kamu inginkan.

Hanya bermodalkan kopi yang sudah digiling, air panas, serta susu kental manis, kamu sudah bisa bikin kopi Vietnam! Memang sebaiknya kamu pakai kopi giling asli dari Vietnam, namun kopi apapun bisa dipakai dengan teknik yang sama.

2. Portugal – Mazagran

Advertisement

Mazagrana dalah kopi unik lainnya yang ebrasal dari Portugal. Tidak seperti biasanya kopi Portugal ini bukan mencampurkan susu atau krim, tapi pakai perasan lemon! Walaupun terlihat dan terdengar aneh, kopi ini terbukti bikin ketagihan! Tidak ada salahnya untuk dicoba sama kopi lovers, manatau kecantol di hati.

Foto di atas bukanlah foto lemon tea, tapi benar-benar kopi hitam yang dicampur dengan air lemon.

3. Turki – Türk Kahvesi

Kopi Turki yang pekat dan kental

Kopi Turki yang pekat dan kental via http://blog.delphinhotel.com

Salah satu kopi unik lainnya adalah kopi Turki. Kopi ini sebenarnya hanya terbuat dari bahan sederhana; bubuk kopi, air panas, dan gula kalau kamu mau. Alat penyeduhnya yang disebut ibrik ternuat dari tembaga dengan tangkai kayu.

Advertisement

Yang penting dari kopi Turki ini sebenarnya hanyalah cara pembuatannya. Kamu harus tetap mengawasi kopi ini saat diseduh karena kopi ini tidak boleh terlalu mendidih. Cara pembuatannya sendiri sangat berbeda dengan kopi lainnya. Semua bahan dicamput ke dalam ibrik lalu aduk sebelum diseduh. Lalu seduh dengan api kecil dan perlahan tinggikan suhunya.

4. Austria – Kaisermelange

Racikan kaisar

Racikan kaisar via https://www.falstaff.at

Kaisermelange sendiri jika diartikan adalah campuran atau racikan seorang kaisar. Di Austria, kopi sangatlah penting. Namun Austria selalu identik dengan campuran kopi dan telur ini. Orang-orang biasanya mencampurkan kuning telur dengan gula atau madu, lalu mengaduknya bersama kopi hitam.

Di Austria sendiri bahkan tidak aneh melihat kopi ini dicampur dengan satu shot cognac. Adanya telur dalam racikan kopi ini membuat rasanya sangat creamy tanpa ada kandungan susu maupun krim.

5. Swedia – Kaffeost

Di berbagai belahan dunia lainnya, kopi dinikmati dengan cara yang berbeda. Namun di Swedia, kopi keju adalah salah satu yang paling banyak diminati. Walaupun mengejutkan, sempat dikatakan bahwa rasa dari kaffeost ini mirip dengan tiramisu. Keju yang digunakan disebut leipäjuusto. Tidak ada patokan kopi hitam apa yang harus dipakai, tapi penikmat hanya perlu menyemplungkan beberapa kubik keju tersebut ke dalam kopi hitam yang panas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya