5 Cara Mudah Membersihkan Gorden Tebal, Biar Nggak Ribet Tapi Hemat di Kantong

perawatan gorden mudah

Berasa nggak, sih, kalau makin hari makin panas rasanya? Untungnya, kita sekarang lebih banyak beraktivitas di rumah. Tapi, sekalinya ke luar rumah siang-siang bolong, panas banget! Di rumah setidaknya kita bisa pakai pendingin ruangan, tapi kalau keseringan pakai tagihan listrik bisa bengkak juga. Cara lain yang lebih hemat listrik dan ramah lingkungan itu pasang gorden yang tebal. Terutama di ruangan-ruangan biasa kita santai. Misalnya ruang tengah, ruang keluarga, dan tentunya di jendela samping kasur dalam kamar tidur, dong.

Gorden yang tebel bakal lebih efektif dan ampuh menghalangi sinar matahari supaya nggak masuk ke dalam ruangan. Jadinya, ruangan bisa lebih adem, deh. Ruangan yang jarang kena sinar matahari juga bakal terasa lebih dingin kalau kita nyalain kipas angin atau AC. Nah, semakin tebel gordennya, semakin adem rasanya. Tapi, semakin tebel gordennya, semakin repot juga membersihkannya. Mau dibawa ke laundry juga malah lebih repot karena harus nenteng-nenteng gorden yang berat. Biar nggak bingung dan pusing, Dekoruma punya, nih, beberapa cara mudah buat membersihkan gorden tebal sendiri di rumah. Jadi, gorden bisa tetep bersih dan wangi tanpa perlu kalian repot dan capek

Advertisement

1. Gorden bisa dicuci pakai mesin cuci, tapi cek dulu jenis kainnya. Jangan sampai gorden rusak karena kain gorden terlalu rapuh

Photo by Centurian Window Fashions

Photo by Centurian Window Fashions via https://www.centurianwindowfashions.com

Urusan mencuci gorden bisa dimudahkan sama mesin cuci. Sama kayak baju-baju kalian, gorden tinggal dimasukin ke dalam mesin cuci buat dicuci. Beberapa mesin cuci sekarang juga punya fungsi gorden buat memudahkan. Tapi, sebelum cuci gorden pakai mesin cuci, pastiin kalau bahan kain gorden kalian tahan sama mesin cuci.

Kalau gorden kalian di rumah berbahan katun atau polyester, kainnya cukup kuat buat dimasukkin mesin cuci. Nah, kalau gordennya berbahan organza atau beludru, mending jangan, deh. Nanti, kainnya bisa rontok waktu dicuci. Kuncinya, liat label di gorden apakah bisa dicuci pakai mesin atau nggak.

Advertisement

2. Sebelum masuk mesin cuci, pisahin dari pakaian yang lain. Sedih banget kalau kena lunturan baju.

Photo by Sapulpal Laundry

Photo by Sapulpal Laundry via http://sapulpalaundry.com

Kalau kamu udah yakin gorden bisa dicuci pakai mesin cuci, waktunya misahin gorden sama pakaian-pakaian lain. Ukuran gorden yang besar bikin risiko buat warnanya luntur dan kena baju di dalam mesin cuci lebih tinggi.

Sedih banget kalau baju kesayanganmu rusak kena lunturan gorden. Nggak bisa dipakai lagi, deh. Biar aman, cuci gorden terpisah dari pakaian lain, terutama kalo gordennya punya warna yang pekat atau terang. Jangan ambil risiko, deh.
 

3. Gorden bersih dan wangi selalu. Rendam dengan air detergen sebelum masuk mesin cuci

Photo by Momtastic

Photo by Momtastic via https://www.momtastic.com

Meskipun nyuci gorden di mesin cuci udah pasti bersih, beberapa orang masih ngelakuin ini supaya gorden bersih dan wangi. Sebelum masuk mesin cuci, rendam dulu gorden dalam air detergen. Biasanya kotoran bakal luruh dan bikin air rendamannya jadi hitam dan kotor. Ih, kadang-kadang sampe kaget kotor banget gordennya.

Selain memastikan kalau kotoran dan debu basahnya udah bener-bener larut dan ilang, ngerendem gorden dalam air detergen bisa bikin gorden lebih wangi. Abis kurang lebih satu jam, cuci dan keringin di mesin cuci, deh.  

4. Pastikan gorden sampai bener-bener kering. Harus kering sempurna biar gorden nggak lembap dan jamuran.

Photo by Clean Organized Family Home

Photo by Clean Organized Family Home via https://www.clean-organized-family-home.com

Cuci gorden udah selesai. Pastinya sekarang waktunya jemur. Kamu bisa jemur gorden di bawah sinar matahari kayak kain lainnya. Cuma karena ukurannya besar, pastiin kalau gorden udah bener-bener kering sebelum dilipat di atas meja dan dipasang lagi di jendela. 

Gorden yang masih lembap bisa bikin jamuran, debu dan kotoran jadi lebih gampang nempel, dan baunya apek. Supaya yakin kalau gorden udah kering, kamu bisa bantu proses pengeringannya pakai setrika uap. Panas dari setrika uap bisa bikin gorden cepet kering.

5. Sering bersin-bersin waktu deket gorden? Basmi debu dari permukaan gorden pakai mesin penyedot debu

Photo by Ace Curtains

Photo by Ace Curtains via https://acecurtains.com.sg

Nah, mencuci gorden bisa dilakukan satu sampai tiga bulan sekali. Cuma kalau kamu atau anggota keluarga lain cukup sensitif sama debu, sering-sering sedot debu yang nempel di gorden, ya. Nyalain vacuum cleaner dan pastiin semua permukaan gorden udah disedot debunya.

Kalau kalian suka bersin-bersin, hidung meler, atau punya penyakit pernapasan bawaan kayak asma, rutin nge-vacuum gorden itu perlu, ya. Jadi kalian nggak berisiko kena penyakit pernapasan yang lebih parah lagi. 

Sekarang udah nggak ada alasan lagi, dong, buat males bersihin gorden? Jangan sampai nggak mau pasang gorden cuma karena nggak mau bersihinnya. Gorden itu elemen desain interior yang penting. Ikutin langkah-langkah mudah ini dan gordenmu di rumah bakal selalu bersih dan wangi. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE