5 Cara Unik Memajang Barang Koleksi Favorit di Hunian

Punya koleksi barang hobi di rumah? Banyak yang bilang kalau mengoleksi sebuah barang tertentu adalah hobi yang menarik dan juga mahal. Mengoleksi figurin, gundam, action figure, sneakers, piringan hitam, kamera antik, atau barang-barang yang punya nilai sentimental.

Terkadang barang-barang ini emang butuh didapatkan dengan merogoh kocek yang dalam. Belum lagi kalau barangnya langka. Mesti dicari kesana kemari, bertanya sama kolektor lain, atau pesan dari luar negeri dan barangnya baru datang lama banget. Tapi justru itulah seni dan daya tarik dari mengoleksi sebuah barang.

Udah banyak usaha, biaya, dan capek mengoleksinya, tentunya barang-barang ini enggak bisa ditaruh gitu aja, dong. Perlu ditaruh di tempat khusus yang rapi, bersih, bebas dari debu dan kotoran, bebas dari tangan-tangan jahil yang bisa menyebabkan kerusakan. Harus dipajang secantik mungkin sampai bisa jadi bagian dari dekorasi rumah juga.

Biasanya benda-benda koleksi yang berharga ini disimpan di rak, lemari, atau kabinet kaca tertutup. Jadinya masih terlindungi dari debu dan kotoran, tapi pintu kacanya bikin tetep bisa dilihat dan dikagumi. Ada juga yang memilih untuk menaruhnya di rak atau kabinet terbuka begitu aja buat pajangan yang maksimal, tapi tentunya risikonya lebih gampang terkena debu dan kotoran waktu lagi dipajang.

Bagaimanapun caranya, setiap kolektor punya cara uniknya sendiri buat menaruh dan memajang barang-barang koleksinya di rumah. Dekoruma punya lima contohnya yang mungkin bisa jadi inspirasi buat kamu para kolektor.

Advertisement

1. Kabinet Dinding di Ruang Kerja Lengkap dengan Lampu LED. Buat Mengagumi Kerja Keras Selama Bekerja

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Kabinet dinding gantung dengan pintu kaca kayak gini bisa dibilang salah satu furnitur pajangan yang paling sering dipakai buat menaruh barang-barang koleksi. Memuat koleksi action figure, pemilik rumah menaruhnya di ruang kerjanya, tepatnya di atas meja kerja.

Enggak hanya membangun kabinet kaca custom, dipasangkan juga lampu LED sebagai pencahayaan tambahan yang bikin tampilan action figure semakin dramatis. Sambil duduk di meja kerja, menengok ke atas, bisa mengagumi hasil kerja keras selama ini.

Advertisement

2. Ruang Keluarga Cantik dan Asri, Tanaman pun Tumbuh Subur. Rak Tanaman Depan Jendela Yang Unik dan Tidak Biasa

Sumber: Apartment Therapy

Sumber: Apartment Therapy via https://www.apartmenttherapy.com

Kebanyakan pemilik rumah biasanya enggak mau memasang furnitur yang menghalangi jendela. Cuma, pemilik rumah yang satu ini mengakalinya dengan unik dan menarik. Punya koleksi tanaman hias dalam pot, dipasangi rak ambalan empat tingkat menghadap ke jendela.

Pada rak itu ditaruh koleksi tanamannya. Meskipun sedikit terhalang, cahaya matahari tetap bisa masuk dan penghuni rumah masih bisa melihat pemandangan luar dari sofa minimalis pinggir jendela. Tanaman pun tumbuh subur karena bisa mendapatkan asupan cahaya matahari dengan posisinya di depan jendela.

3. Warna-warni dan Berjejer Rapi Seperti Pelangi. Menata Koleksi Figurin di Rumah Sesuai Kelompok Warnanya Masing-masing

Advertisement
Sumber: Real Living

Sumber: Real Living via https://www.realliving.com.ph

Secara strukturnya, furnitur yang dipakai buat memajang koleksi figurin dan action figure ini sederhana banget. Cuma rak dinding empat tingkat dengan desain minimalis. Yang bikin menarik seperti yang bisa dilihat adalah cara pemiliknya mengatur penempatannya sesuai warna.

Semuanya dikelompokkan berdasarkan warnanya, mulai dari merah, pink, hijau, oranye, kuning, biru, ungu, dan masih banyak lagi. Rak pun dipenuhi berbagai jenis action figure yang terlihat menarik dan menggemaskan. Begitu pula dengan beberapa aksesoris tambahan seperti papan skateboard yang ditempel di dinding.

4. Manfaatkan Bagian Atas Rak Buku Buat Memajang Action Figure Menggemaskan Kayak Gini

Sumber: Disney Travel Babble

Sumber: Disney Travel Babble via https://disneytravelbabble.com

Bagian atas rak buku yang dipasang di kamar tidur biasanya cuma jadi tempat kosong menumpuknya debu. Padahal, bagian ini bisa dimanfaatkan jadi tempat menaruh action figure yang ukurannya sedang atau besar seperti ini. 

Posisinya tinggi jadi relatif aman dari tangan-tangan jahil atau risiko tersenggol dan jatuh. Bisa jadi pemandangan yang menarik juga waktu lagi rebahan di kasur, kan? 

Kekurangannya, ya, tentu saja mesti dibersihkan secara rutin karena akan berdebu setelah beberapa lama. Kalau tidak mau repot, kalian juga bisa memasang kabinet kaca di bagian atas yang menempel ke plafon. Jadinya enggak perlu repot-repot naik dan menurunkan koleksi buat dibersihkan. 

5. Sneakers Kesayangan Terlindungi, Tampilannya Pun Menarik dan Beda Dari Yang Lain. Tabung Kaca Buat Menyimpan Koleksi Sepatu

Sumber: Sneakerjagers

Sumber: Sneakerjagers via https://www.sneakerjagers.com

Koleksi sneakers yang ditaruh dan dijajarkan di atas rak, udah biasa. Ada juga yang pakai kotak kaca atau kotak akrilik buat melindungi sepatu dari debu, kotoran, dan lembap. Kalau kalian pengin tampilannya lebih unik dan enggak biasa, kenapa enggak coba tabung kaca kayak gini.

Menaruh dan mengeluarkannya waktu mau dipakai mungkin emang lebih repot, tapi tampilannya jadi lebih keren, kan? Apalagi kalau ditaruh satu-satu di atas rak ambalan individual kayak gini. Sepatu kalian tetep bisa terpajang maksimal dengan bergaya.

Temukan sistem penyimpanan yang paling cocok buat kamu sehingga barang-barang koleksi tetap bisa tersimpan dengan aman, sambil tetap bisa dikagumi dan jadi dekorasi yang cantik buat di rumah. Selamat memajang barang koleksimu!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE