Apakah kamu pernah tertidur saat bekerja? Entah saat sedang asyik mengetik di meja kerja, atau ketika duduk di kantin sesaat setelah menikmati makan siang, sampai akhirnya kamu merasa benar-benar tak bisa menahan rasa kantuk tersebut akibat begadang semalaman.

Tentu hal ini sangat merugikan bila kamu tak sengaja melakukan di depan atasan kamu, atau yang lebih parahnya lagi, atasan kamu sendiri yang memergokinya.

Lalu, apakah minuman kopi menjadi solusi satu-satunya untuk mengatasi kantuk? Ternyata tidak. Bagi yang tidak suka kopi, atau tak terbiasa minum kopi untuk bisa tetap terjaga, kamu bisa melakukan hal mudah dengan keluar dari ruangan dan menghirup udara kurang lebih selama 20 menit. Tindakan ini mempunyai efek yang setara dengan kamu meminum kopi.

Minuman berkafein memang dapat mencegah rasa ngantuk walau hanya sementara, namun kamu patut waspada dengan efek sampingnya terhadap kualitas tidurmu sehari-hari.

Apa solusi yang harus dilakukan? Berikut 5 Cara Usir Kantuk dalam Sekejap, Yuk simak artikelnya sampai bawah ya…

1. Bangunlah dari kursi panasmu, berjalan sejenak

Bangunlah dari kursi panasmu, berjalan sejenak

Bangunlah dari kursi panasmu, berjalan sejenak via https://unsplash.com

Dalam suatu studi populer, mengemukakan bahwa orang akan lebih bersemangat ketika sedang makan permen atau berjalan cepat selama 10 menit. Meskipun dengan mengunyah dapat meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lesu. Sementara jika berjalan selama 10 menit akan membuat tubuh terus memompa darahnya kemudian disalurkan melalui pembuluh darah ke otak, sampai akhirnya tubuh akan menghasilkan energi yang maksimal.

2. Ngobrol dengan Rekan Kerja

Ngobrol dengan Rekan Kerja

Ngobrol dengan Rekan Kerja via https://unsplash.com

Advertisement

Jika kamu tidak konsentrasi, ngobrolah sejenak untuk membuat fikiran kamu rileks. Bicaralah dengan rekan kerja tentang apapun hal yang bisa membuat kamu berfikir contohnya bisnis atau politik. Hal ini akan merangsang otak kamu untuk kembali fokus dalam bekerja.

3. Tarik Nafas dalam-dalam

Tarik Nafas dalam-dalam

Tarik Nafas dalam-dalam via https://unsplash.com

Menurut saya pribadi, cara ini sangatlah efektif, gapercaya? Silahkan dicoba. Dengan menarik nafas yang dalam tentu akan meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini dapat memperhambat detak jantung kemudian tekanan darah menurut serta meningkatkan sirkulasi, sampai akhirnya akan pengaruh ke mental dan energi pada tubuhmu.

4. Minumlah air putih

Minumlah air putih

Minumlah air putih via https://unsplash.com

Dehidrasi, merupakan kondisi di mana orang akan sangat merasa kehausan atau kurang minum. Hal ini tentu akan membuat tubuh kelelahan, sehingga rasa ingin bergerak pun akan sulit. Pastikan kamu minum banyak air, minimal sehari 1 sampai 2 liter atau sampai terasa kembung. Makanan lain yang mengandung air misalnya sayur-sayuran atau buah, yang bisa sebagai pengganti cairan dalam tubuh.

5. Alihkan tugas untuk Stimulasi Pikiran

Alihkan tugas untuk Stimulasi Pikiran

Alihkan tugas untuk Stimulasi Pikiran via https://unsplash.com

Advertisement

Sementara kamu sedang dalam bekerja, tak ada salahnya untuk mengistirahatkan fikiran sejenak dengan mengganti tugas kantormu sementara dengan hal lain, seperti misal, menonton tayangan komedi atau sejenak berfikir tentang hal yang kamu suka dan browsing hal tersebut di Internet. Terlihat sepele, namun cara ini sangatlah efektif. Berani coba? Yuk terapkan jika hal ini bermanfaat untukmu.

Nah sekian 5 tips diatas yang bisa kamu lakukan selama kamu tak bisa menahan rasa kantuk berlebih saat di kantor, cara yang disebutkan di atas adalah untuk mengatasi saja supaya kamu tidak ngantuk secara berkelanjutan. Ingin mengetahui info menarik lainnya? Jangan lupa untuk pantengin terus HIPWEE ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya