5 Dampak Positif Pandemik Covid-19 Bagi Alam, Pertama Kalinya Himalaya Terlihat!

Pandemi ini ternyata membuat alam juga beristirahat

Dari sekian banyaknya berita mengenai pandemik Covid-19, kita sering terfokus sama berita negatifnya aja. Padahal, banyak berita baik selama pandemik Covid-19 ini lho. Salah satunya adalah kabar baik mengenai dampak positif pandemik Covid-19 bagi alam. Mulai dari Indonesia hingga mancanegara merasakan dampak positif ini.

Apa aja dampak positif pandemik Covid-19 bagi alam? Ini dia ulasannya dari youngontop.com:

Advertisement

1. Gunung Himalaya Terlihat dari India

Pertama kali terjadi dalam beberapa dekade, Gunung Himalaya terlihat

Pertama kali terjadi dalam beberapa dekade, Gunung Himalaya terlihat via https://twitter.com

Adanya kebijakan karantina wilayah di India, membuat tingkat polusi udara menurun secara signifikan. Bahkan, gunung Himalaya sampai terlihat lho! Di Negara bagian Punjab, India, gunung Himalaya terlihat dengan jelas. FYI, hal ini terjadi pertama kalinya dalam beberapa dekade.

2. Kualitas Udara Membaik

(Ilustrasi) Kualitas udara membaik

(Ilustrasi) Kualitas udara membaik via https://antaranews.com

Berhentinya sebagian kegiatan industri berpengaruh terhadap berkurangnya tingkat polusi udara. Citra satelit mengungkap fakta adanya penurunan yang signifikan terhadap tingkat global nitrogen dioksida (NO2), yaitu gas yang dihasilkan dari mesin mobil dan pabrik manufaktur komersil. Dimana gas ini sendiri menjadi penyebab buruknya kualitas udara di beberapa kota besar.

Advertisement

3. Emisi Berkurang

Emisi Berkurang

Emisi Berkurang via https://afp.com

Adanya himbauan stay at home atau di rumah aja juga berpengaruh terhadap menurunnya emisi karbon dioksida (CO2). Penurunan CO2 ini terakhir kali terjadi pada saat krisis keuangan tahun 2008-2009 lalu. China jadi salah satu Negara yang merasakan dampak ini. Menurut Carbon Brief, saat kebijakan lockdown di China diterapkan, emisi karbon dioksida turun sekitar 25% di Negara Matahari Terbit tersebut.

4. Jernihnya Aliran Sungai Venesia

Jernihnya Aliran Sungai Venesia

Jernihnya Aliran Sungai Venesia via https://afp.com

Kebijakan karantina wilayah atau lokcdown yang diterapkan oleh pemerintah Italia berdampak pada berhentinya lalu lintas kapal dan berkurangnya wisatawan di sepanjang kanal Venesia. Hal ini tentu berdampak pada aliran kanal sungai Venesia terlihat jernih sampai ikan yang berenang di sepanjang kanal sungai juga terlihat lho! Selain itu, kebijakan lockdown juga bedampak pada berkurangnya polusi udara di Italia.

5. Menyelamatkan Kehidupan Hewan

Advertisement
(Ilustrasi) Menyelamatkan Kehidupan Hewan

(Ilustrasi) Menyelamatkan Kehidupan Hewan via https://voaindonesia.com

Dengan diberhentikannya berbagai aktivitas transportasi laut, berdampak kepada berkurangnya polusi udara yang juga berdampak pada menurunnya tingkat stress makhluk hidup seperti ikan paus. Sehingga, mereka bisa bermigrasi dengan tenang.

Nah itu dia beberapa dampak positif Covid-19 bagi alam dari youngontop.com. Semoga kelestarian alam ini tetap terjaga ya meskipun pandemi telah berakhir. Yuk sama-sama berdoa semoga pandemik Covid-19 ini segera berakhir di semua Negara.

Yuk baca artikel seru dan inspiratif lainnya di youngontop.com!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Young On Top adalah community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

CLOSE