5 Desain Beranda Rumah Bernuansa Asri, Serasa Lagi Liburan!

Inspirasi Beranda Rumah yang Asyik

Merupakan salah satu arsitektur rumah yang umurnya paling tua, pengaruh beranda sebagai bagian dari sebuah hunian bisa ditelusuri ke rumah-rumah di Australia pada tahun 1850-an. Di Indonesia sendiri, rumah-rumah tua masih banyak yang memiliki beranda dan terasa familiar begitu dilihat. 

Contohnya rumah-rumah bergaya kolonial di Bandung yang khas. Perhatikan bagian depannya, deh. Teras di depan atau samping rumah buat duduk-duduk santai, itulah beranda.

Beranda yang desainnya klasik biasanya bergaya kolonial, dipasangi atap dan pilar-pilar kokoh yang membingkai beranda, keramik atau tegel bermotif, juga kursi santai dan meja kopi buat bersantai. Suasananya nyaman, homey, asri, dan adem banget apalagi di daerah pegunungan kayak Bandung. 

Meskipun termasuk desain yang vintage, belakangan ini mulai banyak pemilik rumah yang menghidupkan kembali konsep beranda di depan atau samping rumah. Mengusung desain interior modern classic, modern colonial, atau tropical, beranda rumah tampil indah dan selaras dengan fasad rumah.

Enggak cuma itu aja, dalam perkembangannya, beranda zaman now bukan cuma jadi tempat duduk-duduk santai di pagi hari atau sore hari. Beranda juga bisa jadi area di rumah yang multifungsi dan menyenangkan buat semua anggota keluarga.

Buat kamu yang selalu terkesima dan pengin punya beranda di rumah, Dekoruma punya lima inspirasi desain beranda rumah yang menawan dan asri. Pasti bakal jadi spot favorit buat melakukan banyak aktivitas santai dan hiburan selama di rumah bareng keluarga dan temen. 

Advertisement

1. Beranda Berdesain Spanish Colonial Yang Klasik. Selain Tempat Santai, Beranda Juga Bisa Buat Nerima Tamu

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Rumah berdesain Spanish Colonial seperti ini adalah salah satu gaya arsitektur yang biasanya punya beranda. Meski tidak terlalu besar, penggunaan sofa dan kursi berangka besi untuk tempat duduk, keramik terakota, dan pilar kayu kasih suasana asri dan teduh kalau kamu lagi duduk-duduk di sana.

Karena posisinya di depan rumah juga, beranda kayak gini enggak cuma bisa jadi tempat buat kamu dan keluarga bersantai. Para tamu yang berkunjung bisa dijamu di sini. Jadinya para tamu bisa menikmati suasana beranda yang nyaman dan enggak perlu masuk ke dalam rumah. Lebih aman, kan, di masa pandemi kayak gini? 

Advertisement

Beranda udah sebagus ini, sebaiknya furnitur kayak rak sepatu atau tempat sampah disimpan di dalam rumah aja, ya, supaya enggak mengganggu tampilannya, hehehe.

2. Beranda Samping Bergaya Modern Kontemporer. Jadi Ruang Keluarga dan Ruang Makan Outdoor dengan Pemandangan Halaman Rumah

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Buat desain interior beranda yang lebih kekinian, beranda yang satu ini bisa jadi inspirasi yang pas, nih. Beranda ini menggunakan atap model pergola balok-balok warna putih yang terekspos. Memberikan efek Industrial yang berpadu dengan gaya minimalis lain seperti Scandinavian atau Japandi.

Advertisement

Di satu sudut beranda dipasang sofa L dan di sudut lain ada meja makan dengan bangku panjang. Seperti yang dikatakan sebelumnya, beranda juga bisa jadi pusat aktivitas keluarga saat sedang bersantai dan punya fungsi lain.

Makan bersama sambil menikmati pemandangan taman rumah dan angin sepoi-sepoi. Lanjut duduk bersama dan mengobrol di sofa pada sore hari sampai malam tiba.

3. Desain Modern Tropis Yang Asri dan Menawan. Serasa Lagi Liburan di Bali, Apalagi Ada Sofa Cabana Kayak Gitu

Sumber: Decor Aid

Sumber: Decor Aid via https://www.decoraid.com

Potongan bambu panjang yang digunakan pada atap pergola di beranda yang satu ini jadi ciri khas yang mendefinisikan gaya Tropical Modern yang diusung pemilik rumah. Begitu juga penggunaan dek kayu pada lantai beranda yang semakin memperkuat elemen tropis yang menawan.

Selain sofa L berbingkai rotan, meja dan kursi makan, serta kitchen set mini sebagai outdoor pantry, sofa cabana bertudung di tengah beranda jadi daya tarik utama dari area ini.

Kumpulan material alami dan penggunaan warna-warna yang netral dan earthy bikin siapapun yang duduk di beranda ini serasa lagi liburan dan menginap di destinasi tropis kayak Bali.

4. Sarapan Pagi Sambil Menikmati Pemandangan Taman. Breakfast Nook Yang Nyaman dan Terang di Beranda Rumah

Sumber: ELLE Decor

Sumber: ELLE Decor via https://www.elledecor.com

Dari dua inspirasi beranda sebelumnya, kelihatan bahwa beranda juga bisa disulap jadi ruang makan outdoor. Taruh meja dan kursi makan berdesain cantik dan selaras sama desain interior rumah. Jadilah breakfast nook atau ruang makan tambahan untuk kamu sekali-sekali makan sambil menikmati pemandangan.

Misalnya desain beranda bergaya rustic yang satu ini. Ada meja makan bundar dan kursi makan yang kakinya terbuat dari susunan kayu yang desainnya menarik, lantai keramik kotak-kotak yang khas, atap pergola dengan balok kayu, pilar yang ditumbuhin tanaman merambat, dan posisi yang langsung menghadap ke halaman.

5. Nonton TV di Beranda? Emang Bisa? Modifikasi Beranda Jadi Ruang Keluarga Outdoor Yang Tampil Unik dan Beda

Sumber: Good Housekeeping

Sumber: Good Housekeeping via https://www.goodhousekeeping.com

Satu cara yang agak enggak biasa untuk memfungsikan beranda adalah dengan menjadikannya ruang keluarga outdoor. Jadi, bukan cuma sofa, kursi santai, atau kursi malas aja, kalian juga bisa menambahkan rak atau meja TV yang lengkap dengan TV-nya, rak buku, karpet, dan benda-benda lain yang biasanya ada di ruang keluarga.

Inspirasi ini datang dari rumah-rumah di negara barat seperti Amerika Serikat dan memang masih jarang diterapkan di Indonesia. Cuma, konsepnya menarik juga, kan? Apalagi kalau kalian lebih suka berada di luar ruangan ketika lagi bersantai sendiri atau bersama keluarga.

Kelihatannya nyaman banget, kan? Beranda yang didesain menarik bisa jadi tempat buat ngelakuin banyak aktivitas. Working from home, minum teh atau kopi sambil scrolling media sosial, kumpul dan makan bareng keluarga, dan masih banyak lagi.

Beranda di rumah dibiarkan kosong gitu aja? Coba deh konsultasikan dulu ke jasa desain rumah terpercaya untuk ngelihat gimana potensi beranda rumah kamu untuk jadi seperti inspirasi-inspirasi ini. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE