5 Desain Dapur Letter U, Masak Jadi Lebih Praktis!

Inspirasi Dapur Bentuk Huruf U

Buat kamu dan banyak orang, dapur itu tempat buat nyiapin makanan dan masak. Tapi, kalian tahu enggak, sih, kalau desain dapur itu ada beberapa jenis, loh. Ini berkaitan sama layout kitchen set yang dipasang di area dapur. Kalau kalian cukup jeli, pasti sadar sama perbedaannya.

Mulai dari yang paling simpel, yaitu dapur satu baris atau satu dinding (one wall), dapur yang cuma mengambil satu baris atau lebar dinding. Ada juga galley yang berupa dua baris kitchen set yang saling berhadapan.

Buat desain yang lebih kompleks, ada dapur letter L yang kitchen set-nya berbentuk siku-siku, serta letter U atau U-Shaped yang paling diminati karena tampilannya yang paling menarik.

Kayak namanya, pengaturan konter dapur dan kabinet berbentuk huruf U. Lebih lanjut, dapur berbentuk huruf U juga ada variasinya; dapur dengan island (konter dapur yang posisinya di tengah-tengah dapur letter U) dan Peninsula, dapur huruf U dengan konter yang diperpanjang di satu sisi yang berfungsi sebagai meja bar.

Dapur letter U dan variasinya jadi favorit karena bentuknya yang penuh dan dapur kelihatan lengkap. Layout yang seolah-olah “membungkus” orang yang ada di dalamnya juga bikin akses menuju rak dan kabinet jadi lebih terjangkau.

Idealnya, dapur letter U konvensional perlu ukuran ruangan yang luas supaya hasilnya maksimal. Cuma, dapur yang ukurannya enggak terlalu luas juga masih bisa dibikin model huruf U selama penataan ruangnya optimal.

Ditambah sama elemen-elemen desain interior kayak warna cat, gaya kitchen set, material lantai, konter dapur, furnitur, dan dekorasi dapur yang terencana dengan baik. Dekoruma udah siapin lima inspirasi desain dapur letter U yang modern, minimalis, ukurannya tidak terlalu besar, dan relatif mudah untuk ditiru buat tempat tinggalmu. Check this out!

Advertisement

1. Konsep Open Plan Dapur dan Ruang Keluarga. Desain yang Terintegrasi, Mulus, dan Memamerkan Detail yang Menarik Banget

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Konsep open plan seperti ini udah cukup sering diterapkan untuk memberikan kesan yang luas tanpa sekat, memperlancar sirkulasi udara, dan pencahayaan alami. Dari gambar di atas kelihatan bahwa dapur didesain cukup kontemporer dengan layout letter U. 

Didominasi warna putih, rak dan kabinet tanpa pegangan, konter dapur di sebelah kiri dijadikan meja bar yang dipasangkan sama kursi bar kulit berwarna coklat, dan aksen abu-abu pada dinding dan lantai. 

Advertisement

Yang menarik adalah bagian kabinet sebelah kanan yang desainnya menyatu dengan kabinet TV di ruang keluarga. Membentuk siku-siku, ini merupakan detail kecil yang memberikan efek yang mulus dan terintegrasi. 

2. Manis dan Menawan Dapur Letter U Serba Tiffany Blue. Berikan Suasana Trendi dan Meriah di Rumah

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Buat pecinta warna biru muda, lihat, deh, dapur yang satu ini. Ngegemesin banget, kan? Rak dan kabinetnya berwarna Tiffany Blue. Buat cewek-cewek, ini pasti jadi dapur impian. Warna biru muda ini dipadukan sama konter putih mengkilap yang cocok banget kombinasinya.

Desainnya juga dibikin lebih klasik dengan pakai handle rak dan kabinet berbentuk bulat. Lantai keramik hitam bikin suasana jadi sedikit lebih kalem dan jendela konter di sekujur dapur bikin banyak cahaya matahari masuk dan terang. 

Advertisement

3. Definisi Dapur Berprinsip Less Is More. Minim Kabinet dan Rak, Serba Putih dengan Detail Aksen Hijau yang Segar dan Alami

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Untuk ruangan yang ukurannya terbatas, dapur letter U juga masih bisa diaplikasikan. Supaya enggak terkesan sumpek, warna terang dan netral seperti putih cocok banget. Kemudian, minimalisir penggunaan kabinet dinding yang bikin seseorang merasa terkurung di dapur yang sempit.

Maksimalkan penggunaan rak dan konter dapur, lalu pasang rak terbuka di tengah dapur sebagai dekorasi. Di atasnya, kamu bisa nambahin aneka tanaman hias untuk ngasih suasana yang alami. Begitu juga dengan kursi bar warna hijau sebagai aksen yang manis. 

4. Bermain dengan Tekstur Alami. Konter Dapur Berbahan Light Wood Untuk Tampilan Unik, Serta Dinding Tegel

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Biasanya, dapur desain modern pakai material-material seperti granit, marmer, keramik, atau tabletop polos dengan coating. Rasanya udah biasa, ya, ngelihat dapur yang konternya terbuat dari bahan-bahan itu. Nah, buat tampilan modern dan minimalis, coba pakai kayu untuk jadi tabletop dapur letter U.

Dapur akan tampil lebih menarik, seolah-olah konter adalah sebuah “talenan kayu besar” yang membentuk huruf U. Material light wood seperti ini cocok dipasangkan dengan warna putih seperti di foto.

Buat tambahan aksen, dinding dapur juga bisa dihiasi tegel yang sama dengan yang dipakai untuk backsplash. Semakin ngasih tekstur dan motif unik di dapur yang relatif polos. 

5. Dapur Serba Kayu Yang Elegan. Gunakan Beberapa Warna Kayu Dari Paling Terang ke Gelap.

Sumber: Home Designing

Sumber: Home Designing via http://www.home-designing.com

Kalau desain sebelumnya menggunakan kayu buat tabletop konter dapur, desain yang satu ini pakai kayu sebagai material utama buat rak, kabinet, dan konter dapur. Menariknya, penggunaan kayu enggak hanya terdiri dari satu warna. Sekilas, penggunaan kayu warna muda mendominasi dapur.

Cuma, begitu kalian lihat lebih jeli, bagian dalam konter dapur yang membentuk huruf U memakai kayu berwarna medium. Sementara, bagian luar adalah kayu warna gelap. Dipadukan sama lantai marmer hitam, dapur jadi punya tampilan yang menarik dan elegan.

Marmer hitam juga dipakai buat tabletop konter dapur sampai ke area meja bar dengan satu kursi di ujung kiri. Semakin memperkuat kesan elegan dari dapur.

Selain lebih praktis dari segi layout, dapur letter U juga merupakan dapur yang cocok untuk menjamu banyak tamu. Terutama dalam layout open plan, tamu yang sedang berada di area lain masih bisa mengobrol bersama tuan rumah dan tamu lain yang sedang beraktivitas di dapur.

Tertarik untuk bikin dapur di rumahmu berbentuk huruf U? Konsultasikan dengan jasa desain rumah terpercaya untuk hasil yang paling maksimal. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE