5 Desain Ruang Keluarga Sederhana Tapi Nyaman dan Penuh Kehangatan

Inspirasi Ruang Keluaraga Minimalis yang Homey dan Warm

Lebih baik bersama di tempat yang sederhana, daripada sendiri di tempat yang mewah. Mungkin kalimat ini bisa menggambarkan nilai yang melambangkan ruang keluarga di rumah. Bagi banyak orang, ruang keluarga enggak harus besar atau mewah. Yang penting bisa jadi tempat kumpul keluarga yang nyaman dan hangat.

Pada realitanya juga, kebanyakan pemilik rumah saat ini punya rumah yang relatif enggak terlalu luas. Makanya, ruangan di rumah-rumah modern ini juga ukurannya mungil, termasuk ruang keluarga. Mengedepankan prinsip fungsional dan esensial, keterbatasan ruang ini sering kali bukan menjadi masalah.

Dengan tata ruang dan desain interior yang cerdas serta mempertimbangkan ketersediaan space, ruang keluarga yang mungil sekalipun tetap bisa terasa nyaman dan menyenangkan. Sekalipun menggunakan tema interior yang sederhana, tampilan ruang keluarga masih akan terlihat representatif.

Desain interior yang sederhana kayak minimalis, Scandinavian, atau Japanese-Scandinavian (Japandi), bakal memastikan ruang keluarga mungil berfungsi sebagaimana mestinya. Sambil tetap menjaga suasana dan tampilannya kelihatan menawan.

Enggak lupa juga aksen interior dan sentuhan dekorasi yang membuat ruang keluarga sederhana terasa lebih spesial. Dekoruma punya lima contohnya yang bisa kalian lihat sebagai referensi. Yuk, langsung saja cek di bawah ini!

Advertisement

1. Fungsional dan Sederhana, Ruang Keluarga Minimalis Dengan Sentuhan Aksen Marmer Yang Modern dan Mewah

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Bisa dibilang, desain ruang keluarga yang jadi standar kurang lebih seperti ini. Rumah-rumah cluster dari pengembang properti punya layout dan ukuran yang mirip-mirip, yaitu ruang keluarga berada di bagian depan rumah, sebelah ruang makan dan kitchen set minimalis. Supaya enggak terlalu polos, warna cat diganti krem muda yang sedikit memberikan karakter tambahan.

Meja tamu minimalis, meja TV, dan rak ambalan dari kayu, serta sofa bed warna biru menjadi aksen warna yang menarik. Selain itu, ada juga dinding marmer yang dipasang di belakang meja TV, memberikan tampilan modern dan mewah yang tetap bersahaja dan nyambung dengan keseluruhan interior.

Advertisement

2. Netral dan Hangat Dengan Pengaruh Interior Natural pada Ruang Keluarga. Terasa Lapang, Terang, dan Nyaman

Sumber: Dekoruma

Sumber: Dekoruma via https://www.dekoruma.com

Dengan layout yang sedikit berbeda, pemilik rumah bisa memasang partisi jari-jari yang memberikan dekorasi tambahan pada ruang keluarga. Dapat dilihat, material kayu mendominasi furnitur-furnitur di sini. Mulai dari meja tamu dua tingkat, rak TV serbaguna, sampai nakas tiga tingkat khusus untuk tanaman hias yang ngegemesin.

Untuk mengikat semua unsur alami tersebut, ada sofa letter L warna abu-abu yang memastikan semua anggota keluarga bisa duduk ketika lagi ngumpul di sini. Layout seperti ini juga bikin ruang keluarga jadi terang, dibantu dengan dinding putih dan jendela besar di sebelah kiri.

3. Kesederhanaan Yang Edgy dan Maskulin. Rona Gelap, Furnitur Kulit, dan Aksen Emas di Ruang Keluarga Satu Ini

Advertisement
Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Sama seperti kemewahan, kesederhanaan juga subjektif dan sebagian orang punya definisi kesederhanaan interior yang inkonvensional. Jauh dari kesan minimalis yang identik dengan warna terang dan netral, ruang keluarga ini punya desain minimalis yang lebih modern dan edgy.

Dinding hitam yang berpadu dengan lantai kayu membawa nuansa elegan. Ada pula sofa kulit yang keren, coffee table bundar, karpet motif kulit sapi, lampu gantung beraksen emas, dan dua kursi lengan dari rotan. Gayanya eklektik, tapi tetap terasa simpel dan enggak berlebihan. Kaca besar di belakang juga membantu membuat ruangan terasa lebih luas.

4. Terlihat Menonjol Dari Detail-detail Furnitur. Simpel, Tapi Tetap Enggak Meninggalkan Gaya Modern yang Menawan

Sumber: The Spruce

Sumber: The Spruce via https://www.thespruce.com

Sederhana, tapi tidak membosankan. Kuncinya ada pada detail-detail kecil yang justru membawa pengaruh besar kepada tampilan ruang keluarga. Sekilas, ruangan ini tampak seperti ruang keluarga normal dengan sofa, kursi, karpet, dan beberapa dekorasi. 

Bila dilihat lebih teliti, terlihat bahwa ada aksen-aksen seperti cermin bundar dengan bingkai yang penuh intrik dan sofa quilted dengan bantal dan selimut warna-warni. Ada juga karpet motif, sampai lampu meja warna kuning yang membuat ruang keluarga menjadi lebih cerah, hangat dan berkarakter.

5. Terang dan Sejuk di Ruang Keluarga Sederhana Serba Putih. Ditambah Aksen Furnitur Rotan Yang Eklektik dan Asri

Sumber: TLC Interiors

Sumber: TLC Interiors via https://www.tlcinteriors.com.au

Putih selalu jadi warna yang diasosiasikan dengan kesederhanaan. Maka dari itu, ruang keluarga serba putih akan memberikan tampilan yang bersih, terang, dan menawan. Membawa suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk penghuni rumah duduk dan kumpul berlama-lama. 

Supaya enggak bosan, kalian bisa menambahkan aksen lain seperti material rotan. Mulai dari coffee table, lemari buffet, keranjang, sampai karpet yang membawa elemen tradisional dan eklektik pada ruang keluarga. 

Siapa bilang yang sederhana itu ngebosenin dan enggak nyaman. Inspirasi-inspirasi ruang keluarga ini membuktikkan kalau desain interior yang relatif sederhana juga tetap bisa kelihatan menarik dan nyaman dengan beberapa sentuhan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE