5 Desain Ruangan Bergaya Bohemian yang Cantik dan Nggak Berlebihan

Inspirasi Desain Interior ala Bohemian Estetik

Gaya bohemian, apaan, tuh? Bukan lagu ya, tapi bohemian atau sering juga disebut bohemian chic adalah salah satu gaya interior desain populer yang cukup banyak diaplikasikan pada hunian. Ciri khasnya? Bebas dan tanpa batas dengan pengaruh berbagai gaya interior yang lain.

Kalau kamu tipe orang yang suka mix and match, punya kreativitas yang tinggi, dan jiwa seni, gaya interior bohemian ini bakal cocok banget buat kamu. Desain interior bohemian itu eklektik, penuh warna, tekstur, motif, dan dinamis. Furniturnya enggak cuma bergaris lurus atau bersudut tajam, tapi banyak warna cerah dan nge-jreng, serta motif yang ramai.

Mungkin buat orang yang lebih suka tampilan minimalis dan modern ngerasa apa enggak malah jadi norak dan berlebihan, gaya bohemian ini? Selama desainer interiornya punya selera yang mumpuni dan pengaturannya pas, gaya bohemian bisa bikin ruangan-ruangan di rumah punya karakter yang unik dan enggak dimiliki oleh gaya lainnya.

Interior bohemian juga bakal menyenangkan buat kamu yang suka hunting barang dan furnitur vintage. Furnitur atau perabot jadul yang bentuknya menarik juga salah satu karakteristik dari interior bohemian. Kalian juga bisa menggantung berbagai karya seni, lukisan, aksesoris, dan ornamen yang punya tampilan unik dan menarik.

Biar semakin jelas dan kebayang gaya interior bohemian itu kayak apa, Dekoruma udah ngumpulin lima contoh ruangan yang didesain dengan gaya bohemian yang eklektik, dinamis, dan tentunya menawan. Simak sampai habis, ya!

Advertisement

1. Pengaruh Budaya Serta Arsitektur Asia dan Timur Tengah yang Kental dengan Macam-macam Warna, Tekstur, dan Motif

Sumber: ELLE DECOR

Sumber: ELLE DECOR via https://www.elledecor.com

Seperti yang dibilang sebelumnya, enggak ada batasan untuk mendesain ruangan berinterior bohemian. Kalian bisa ambil referensi dari budaya arsitektur dan interior dari berbagai negara kayak gini. Sofa dengan ukiran yang cantik dan detail di tengah ruangan terlihat dipengaruhi dari furnitur gaya Asia Tengah atau Timur Tengah.

Kemudian, pohon jeruk dalam pot tembaga berkaitan sama budaya dari Asia Timur. Dinding juga dibuat bertekstur dengan motif abstrak warna abu-abu. Kemudian, sofa kuning, buku-buku, karpet motif, dan berbagai aksesoris bikin ruangan jadi berkarakter dan ramai.

Advertisement

2. Interior Bohemian yang Sedikit Lebih Kalem. Bawa Tampilan Dewasa, Tapi Tetap Ada Aksen dan Sentuhan Eklektik

Sumber: Treehouse

Sumber: Treehouse via https://treehouse.co

Kalau belum yakin sama selera interior sendiri dan baru mau mendekorasi ruangan dengan gaya bohemian, kalian bisa mulai pelan-pelan. Mulailah dengan dekorasi-dekorasi yang berukuran kecil atau sedang. Sarung bantal bermotif dan rajutan di atas sofa kulit, karpet bulu, lukisan, lampu dinding emas, dan ottoman rotan.

Ada juga kursi lengan rotan dan pot tanaman yang bikin nuansa bohemian di dalam ruangan terasa. Emang enggak seramai dan semeriah itu, tapi perpaduan gaya minimalis dan bohemian yang ada di ruang keluarga ini juga tetap kelihatan manis dan menawan.

3. Kamar Tidur Bernuansa Bohemian yang Punya Suasana Hangat, Kalem, dan Alami dengan Ragam Furnitur Kayu dan Rotan

Advertisement
Sumber: Decor Aid

Sumber: Decor Aid via https://www.decoraid.com

Kamar tidur berdesain bohemian ini kelihatan hangat dan nyaman banget, ya. Dengan furnitur kayu dan rotan yang dominan, juga warna-warna earthy, kamar tidur jadi punya suasana yang cozy dan homey. Dimulai dari kasur yang menggunakan sprei rumbai, hingga selimut dan bantal yang empuk dan bermotif.

Beberapa keranjang rotan, termasuk yang jadi pot tanaman, kursi rotan yang bentuknya kayak singgasana, cermin dinding, dan partisi ruangan lipat rotan semakin memperkuat kesan natural dari kamar tidur ini.

4. Cantik dan Meriahnya Colour-Blocking Pada Ruang Makan Berdesain Bohemian. Definisi dari Ungkapan A Beautiful Mess

Sumber: Posh Pennies

Sumber: Posh Pennies via https://poshpennies.com

Inspirasi yang sebelumnya kurang berwarna dan cerah? Nih, ada contoh gimana warna-warna yang banyak dan enggak nyambung juga bisa kelihatan cantik dan mewah di ruang makan. Wallpaper bermotif floral dengan tema warna hijau jadi warna yang dominan di ruang makan. 

Nuansa warna hijau yang “bertabrakan” sama merah muda pada dudukan kursi meja makan dan credenza kuning malah kelihatan menggemaskan dan trendi. Apalagi ditambah lampu gantung dan ragam aksesoris yang ramai, ruangan bernuansa color-blocking ini kelihatan berkarakter dan menawan. Bener-bener a beautiful mess.

5. Ruang Keluarga Penuh dengan Dekorasi dan Tanaman Hias. Pertemuan Interior Bohemian dan Urban Jungle

Sumber: Lick

Sumber: Lick via https://www.lick.com

Dengan banyak tanaman hias kayak gini, interior ruangan juga bisa disebut urban jungle yang memang fokus sama banyaknya unsur-unsur alami di dalam ruangan. Khususnya tanaman. Mulai dari tanaman di dalam pot, sampai tanaman gantung di plafon, ruangan jadi terasa alami dan segar.

Sisi bohemian-nya tampak dari furnitur dan berbagai aksesoris yang bernuansa etnik dan natural. Sofa minimalis, meja tamu, credenza kayu, karpet, bantal-bantal sofa dengan motif etnik, dekorasi dinding, lukisan, sampai kepala rusa yang jadi gantungan di sudut ruangan. 

Eklektik, etnik, dan urban, beberapa kata yang menggambarkan desain interior bohemian. Ramai, penuh warna, tekstur, dan motif, tapi dengan pengaturan yang tepat, ruangan di rumah akan punya ciri khas tersendiri yang belum tentu bisa ditemukan pada hunian lain. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE