Selamat malam teman-teman hipwee, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan jauh dari kegalauan.

Teman-teman pasti taukan negeri indonesia merupakan negeri yang menyimpan jutaan pesona. Mungkin tidak akan pernah cukup waktu bagi kita untuk mengelilingi Indonesia yang terkenal luas dan berpulau-pulau dari mulai sabang sampai dengan marauke.

Tetapi teman-teman tidak perlu panik. Kali ini aku bakalan ajak teman – teman semua untuk mengenal lebih dekat objek-objek wisata yang terdapat di  salah satu provinsi paling ujung di Indonesia bagian barat yaitu Aceh atau yang lebih terkenal dengan sebutan Serambi Mekkah. Siapa tau suatu saat nanti teman-teman ada waktu untuk mengunjung langsung Tanah rencong. 

 

1. sabang

keindahan pemandangan laut sabang

keindahan pemandangan laut sabang via http://acehtouring.com

Pulau sabang. Ia pulau sabang merupakan bagian dari Provinsi Aceh yang terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya. Buat kamu yang hobi menyelam dan pecinta laut pergi ke sabang merupakan sebuah pilihan yang tepat.  masyarakatnya disana begitu welcome buat semua pendatang.

Selain pesona pantai yang memanjakan mata, disabang kamu juga bakal dapatin sebuah pengalaman hidup yang mungkin tidak semua orang bakal mendapatkannya, yaitu kamu bisa menginjakkan kaki di titik nol kilometer Indonesia. Keren loh bisa berdiri di titik nol kilometer, berdiri disana merupakan sebuah momen yang pantas kamu abadikan di media sosial milikmu.

2. PLTD apung

Pltd Apung menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana tsunami

Pltd Apung menjadi saksi bisu dahsyatnya bencana tsunami via http://beritadaerah.co.id

Masak di darat ada kapal apung?? Mungkin itu pertanyaan yang akan muncul di kepala kamu disaat pertama kali melihat kapal PLTD apung. Bahkan bisa-bisa kamu bakal mengira itu buatan manusia untuk sebuah objek wisata saja.

Sebagai orang Aceh aku bakalan lurusin pikiran kamu yang mungkin sedikit ngawur itu. PLTD Apung bukan sengaja di dirikan oleh manusia di tengah-tengah kawasan yang padat penduduk itu. PLTD apung berdiri disitu akibat dari hempasan ombak besar Tsunami yang melanda Aceh 2004 silam, awalnya kapal yang besar itu berdiri indah di kawasan Pantai Ulee Lheu yang jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari posisi sekarang posisi kapal itu berada.

Nah karena sudah kelempar kedaratan, membawanya kembali ke laut bukan sebuah perkara mudah, pasti membutuhkan dana yang besar buat mengangkutnya kembali ke laut. Setelah menimbang berbagai kemungkinan Pemko akhirnya mengambil keputusan bahwa kapal yang terdampar di kawasan padat penduduk Gampong (kampung) Punge itu disulap menjadi objek wisata Tsunami. Jika kamu berkunjung kesini kamu pasti akan merasakan sesuatu yang sangat luar biasa, aku yakin kamu semua bakal meneteskan air mata mengenang peristiwa yang telah mewafatkan ratusan ribu jiwa warga Aceh. Di pintu gerbang utama kamu bakal melihat sebuah monumen yang berukuran sedang, di atas monumen itu terdapat sebuah jam yang menunjukkan jam 8 pagi, ya tepat jam 8 pagi ombak yang berukuran besar itu meluluh lantakkan Aceh. Tidak cukup sampai disitu kamu juga bakal melihat berbagai foto dokumen ketika aceh sedang berduka pada 26 desember 2004 yang lalu. Selain kedua itu, kamu juga bakalan bisa melihat keelokan pemandangan kuta raja ( sebutan lain untuk Banda Aceh) langsung dari atas kapal PLTD apung dengan menggunakan teropong  yang sudah disediakan untuk memanjakan kamu melihat sejuta pesona kubah mesjid Raya Baiturrahman dan juga stadion sepakbola kebanggaan rakyat aceh yaitu stadion harapan bangsa atau yang dikenal dengan home base  skuad persiraja Banda aceh yang berlaga di divisi utama liga indonesia.

 

 

3. Masjid Raya Baiturrahman

masjid raya baiturrahman menyimpan banyak sejarah

masjid raya baiturrahman menyimpan banyak sejarah via http://flickr.com

Ke Aceh tanpa mengabadikan foto di depan mesjid raya? Orang pasti gak akan percaya kalau kamu sudah mengunjungi provinsi yang menerapkan syariat islam itu.

Kalau ke Aceh aku harap kamu tidak lupa untuk mengambil foto narsis di depan masjid Raya meski hanya selembar.

Masjid Raya baiturrahman tidak hanya terkenal megah ala bangunan luar negeri , tetapi masjid raya baiturrahman juga merupakan bukti kekuatan Rakyat dalam mengusir penjajah belanda. Selain itu masjid raya baiturrahman juga merupakan sebuah ikon bagi rakyat Aceh yang hidupnya penuh dengan nilai-nilai agama.

Masjid raya baiturrahman saban hari menerima tamu tidak hanya dari Indonesia saja tetapi juga tamu-tamu dari luar negeri. Dan yang paling menarik menurut aku adalah Masjid raya baiturrahman merupakan tempat favorit bagi orang-orang untuk melakukan akad pernikahan, buat kamu yang mau nikah memilih masjid raya baiturrahman merupakan pilihan yang bijak, sama bijaknya dengan kamu menikahi gadis aceh yang terkenal cantik rupawan dan indah akhlaknya.

4. Museum Tsunami

museum tsunami tidak hanya indah tetapi juga terdapat banyak ilmu di dalamnya

museum tsunami tidak hanya indah tetapi juga terdapat banyak ilmu di dalamnya via http://telusurindonesia.com

Tidak jauh dari Masjid raya Baiturrahman, kamu bisa mencari ilmu pengetahuan kamu berkenaan dengan Tsunami di Museum yang berdiri indah disamping lapangan blang padang itu. Museum tsunami letaknya strategis di tengah-tengah kota membuat kamu tidak sulit menjangkaunya. Dari Masjid Raya baiturrahman kamu bisa menaiki kendaraan roda tiga khas Aceh yaitu becak motor untuk menuju museum tsunami.

Di dalam museum tsunami terdapat banyak hal yang mesti kamu ketahui. Salah satu nya adalah alat simulasi yang mempertontonkan kepada kamu bagaimana proses tsunami itu terjadi sehingga kita dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya jika ada gempa yang berpotensi tsunami melanda.

5. Gunong (gunung) Gurutee

gunong gurutee begitu memanjakan mata

gunong gurutee begitu memanjakan mata via http://kompasiana.com

Bergeser sedikit dari kota Banda Aceh. Kamu bakalan aku ajak jalan-jalan ke gunong gurutee. Letaknya memerlukan waktu sekitar satu jam perjalan darat  dari pusat kota banda Aceh. Tetapi kamu tidak perlu khawatir dengan kondisi jalanan yang jelek, di Aceh sulit bagi kita menemukan jalanan yang jelek, hampir 100% jalanan di Aceh dalam kondisi prima.

Menuju ke gunong gurutee aku berani jamin kamu gak bakalan jenuh dijalanan, jalannya berkelok-kelok menanjak, semakin lama semakin tinggi posisi tanjakan yang kita lalui semakin indah pemandangan laut yang luas.

Ketika sudah sampai di puncak pas gunong gurutee kamu tidak perlu khawatir akan rasa lapar yang melanda. Disana berdiri berjajar warung-warung di kaki gunung yang di bawahnya terdapat pemandangan keindahan laut ditambah dengan dua pulau kecil ditengahnya . banyak pilihan makanan yang dijajakan di warung-warung yang terbuat dari kayu itu. Selain makanan dan pemandangan, hawa disana juga sejuk bagaikan hembusan kipas angin ditambah dengan monyet-monyet kecil lagi jinak yang menghampiri untuk menggoda kamu agar bersedia memberi sedikit sisa makanan yang kamu beli.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya