Siapa yang tidak kenal dengan Inggris? Negara ini memiliki ibu kota London yang sempat menjadi inspirasi The Changcuters dalam membuat lagu Hijrah ke London. Seringkali kita masih bingung apakah perbedaan antara Inggris yang beribukota di London dengan United Kingdom dan Britania Raya yang juga beribukota London? Bahkan ternyata, Britania Raya juga memiliki banyak fakta menarik yang sebaiknya kamu ketahui.

Perbedaan Inggris, United Kingdom dan Britania Raya

Sebelum beranjak membahas fakta menarik tentang Britania Raya, akan lebih baik jika kamu mengetahui perbedaan antara Inggris, United Kingdom dan Britania Raya. Secara sederhana, kesimpulannya adalah Inggris merupakan bagian dari United Kingdom, sedangkan United Kingdom merupakan kesatuan wilayah daratan yang terdiri atas Inggris, Skotlandia dan Wales. Lalu, Britania Raya sendiri merupakan total dari keseluruhan wilayah tersebut termasuk Irlandia Utara (Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara). Nama lengkapnya adalah “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.”

1. Pulau Britania Raya merupakan pulau terluas di Eropa

Pulau Britania Raya

Pulau Britania Raya via https://www.tes.com

Pulau Britania terletak di lepas pantai barat laut Eropa Daratan. Pulau Britania memiliki luas mencapai lebih dari 210 kilometer persegi sehingga dinobatkan menjadi pulau terluas di Eropa serta terluas nomor 9 di dunia.

Advertisement

Selain itu, Pulau Britania merupakan pulau ketiga terbanyak penduduknya di dunia, setelah Pulau Jawa di Indonesia dan Pulau Honshu di Jepang. Jika melihat di peta, kamu dapat menyaksikan bahwa di sisi barat terdapat Pulau Irlandia namun hanya kawasan Irlandia Utara-lah yang termasuk dalam Britania Raya.

2. Britania Raya juga memiliki bahasa daerah

Britania Raya

Britania Raya via https://www.hipwee.com

Bahasa Inggris merupakan bahasa utama yang digunakan di Britania Raya, bahkan hampir di seluruh dunia. Bahasa Inggris dituturkan oleh ratusan juta orang di seluruh dunia. Bahasa Inggris juga merupakan lingua franca diseluruh dunia karena bahasa ini telah menjadi bahasa ekonomi serta pariwisata.

Salah satu kearifan lokal yang dimiliki oleh suatu negara adalah bahasa daerah. Bahasa daerah yang baik adalah bahasa daerah. Nah, salah satu bahasa daerah yang terdapat di Britania Raya adalah Bahasa Kernowek atau Cornish. Bahasa daerah ini sempat punah pada abad ke 18 namun akhirnya dihidupkan kembali. Saat ini, bahasa Kernowek telah dituturkan oleh sekitar 0,1% dari total populasi di Cornwall serta diajarkan di beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah.

3. Britania Raya memiliki sejumlah kampus terbaik di dunia

University of Cambridge

University of Cambridge via https://www.atlasnetwork.org

Advertisement

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Britania Raya merupakan kampung halaman bagi sejumlah kampus terbaik di dunia. Beberapa di antaranya adalah University of Oxford (peringkat 6 dunia menurut QS World Ranking) dan University of Cambridge (peringkat 5 dunia menurut QS World Ranking).

University of Oxford merupakan perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Beberapa jurusan yang terdapat di Universitas Oxford adalah arsitektur, bisnis dan manajemen, hukum serta ilmu komputer.

University of Cambridge merupakan universitas tertua kedua di Inggris yang memiliki persyaratan masuk paling ketat di Britania Raya. Kampus ini merupakan anggota dari Grup Coimbra yang merupakan perhimpunan universitas terkemuka di Eropa serta merupakan anggota LERU atau Liga Universitas Riset Eropa.

4. Britania Raya memiliki 9 gunung berapi

Bukan hanya Indonesia yang memiliki gunung berapi, namun juga kawasan Britania Raya. Jumlah gunung berapi yang terdapat di Britania Raya adalah 9 gunung berapi.

Salah satu gunung berapi yang terdapat di Britania Raya adalah Arthur’s Seat Edinburgh. Gunung berapi ini merupakan puncak tertinggi di kota Edinburgh. Gunung berapi ini diperkirakan pertama kali Meletus sekitar 350 juta tahun yang lalu.

Arthur’s Seat Edinburgh menyajikan pemandangan panorama terbaik kota Edinburgh. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Edinburgh, jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi gunung berapi yang satu ini. Waktu terbaik untuk menyambangi Arthur’s Seat adalah dengan datang pada waktu fajar karena kamu akan dapat menikmati pemandangan berupa matahari terbit yang indah.

Setelah Arthur’s Seat, ada gunung berapi lain yaitu Snowdonia. Snowdonia yang terletak di Wales Utara ini terbentuk atas aktivitas vulkanisme sekitar 444-488 juta tahun yang lalu. Tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler sehingga jangan heran jika banyak orang datang berkunjung ke Snowdonia.

Beberapa bagian terindah yang terdapat di Snowdonia ini adalah Y Garn, Moelwyn Mawr dan Pen Llithrig y Wrach. Bagi kamu pecinta binatang langka, kamu juga akan dapat melihat beberapa mamalia dan burung langka di tempat ini seperti Ospreys, layang-layang merah serta Peregrines.

5. Jika Indonesia punya Bali, maka Britania Raya punya London sebagai tujuan wisata utama

London memiliki banyak destinasi wisata yang tentu saja sayang untuk kamu lewatkan. Salah satunya adalah Big Ben yang sudah lama menjadi ikon kota London. Menara jam ini berada di ujung utara Istana Westminster di London serta merupakan Menara jam tertinggi ketiga di dunia. Menara jam ini telah mulai berdetak sejak 31 Mei 1859. Menara ini memiliki tinggi sekitar 96.3 meter serta semakin indah dilihat pada waktu malam hari karena sinar lampu kuning keemasan dari istana Westminster.

Selain Big Ben, objek wisata lain yang terkenal di London adalah London Eye. London Eye yang disebut juga dengan Millennium Wheel merupakan sebuah bianglala terbesar di dunia dengan tinggi mencapai 135 meter atau 433 kaki. London Eye berputar di atas Sungai Thames, London, Britania Raya serta sudah mulai beroperasi sejak akhir 1999. London Eye pernah menjadi setting dalam berbagai film seperti pada film animasi Cars 2 pada seri final World Grand Prix di London (2004) dan film Thunderbirds (2004).

Ada pula Hyde Park yang merupakan taman terbesar di pusat kota London, Inggris. Taman ini menyambung dengan Taman Kensington. Di taman ini didirikan pula gedung kaca bernama The Crystal Palace yang dirancang oleh Joseph Paxton. Hyde Park telah menjadi lokasi beberapa konser musisi kenamaan seperti Eric Clapton (1996), Shania Twain (2003), dan Aerosmith (2007).

Itulah dia beberapa fakta mengenai Britania Raya yang tentunya menarik untuk kamu ketahui. Happy traveling!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya