Masuk angin sudah menjadi hal yang umum terjadi di masyarakat. Uniknya masuk angin ini tidak memiliki nama ‘resmi’ di dunia kesehatan modern. Banyak yang menggolongkan masuk angin ini sebagai gejala flu umum. Tetapi, di Indonesia masuk angin ini sering sekali terjadi dan bisa menyerang siapa saja.

Masyarakat pada umumnya melakukan kerokan saat terserang masuk angin. Masalahnya, banyak efek negatif dari kerokan yang mungkin anda tidak tahu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa fakta unik tentang kerokan yang harus anda tahu.

1. Bisa menyebabkan stroke

Penyebab Stroke

Penyebab Stroke via https://www.detik.com

Banyak yang tidak tahu kalau kerokan bisa menjadi penyebab penyakit yang serius seperti stroke! Pembuluh darah yang membesar karena kerokan bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Oleh karena itu, jika setiap kali Anda merasa masuk angin lalu melakukan kerokan, hal tersebut bisa meningkatkan resiko menderita stroke ringan maupun berat.

Advertisement

Budaya kerokan ini sudah membudaya di Indonesia dan sangat sulit untuk dihilangkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Tetapi kita dapat mulai membiasakan untuk tidak melakukan kerokan lagi.

2. Memperlebar Pori-Pori

Bisa Memperlebar Pori

Bisa Memperlebar Pori via https://bidanku.com

Fakta lain yang mungkin belum diketahui adalah, kerokan bisa menyebabkan pori-pori kulit menjadi lebar. Benda tumpul yang digosokkan ke kulit dapat menyebabkan terbukanya pori-pori dan membuat kita lebih sering terkena masuk angin. Lalu, udara dingin yang menerpa pori-pori membuat kita mudah terkena flu dan berbagai penyakit lainnya.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk tidak melakukan kerokan untuk menghindari banyak dampak negatifnya.

3. Bisa Memperparah Masuk Angin

Masuk Angin Makin Parah

Masuk Angin Makin Parah via https://www.ketahui.com

Advertisement

Banyak yang tidak mengetahui kalau kerokan bisa memperparah masuk angin. Dikarenakan pori-pori yang membesar, membuat udara lebih mudah masuk ke dalam kulit kita dan memperparah masuk angin.

Untuk Anda yang sering kerokan ada baiknya mengganti kebiasaan ini dengan istirahat yang cukup untuk menghindari hal-hal negatif yang akan anda dapatkan apabila Anda kerokan.

4. Menyebabkan Bayi Lahir Prematur

Bayi Prematur

Bayi Prematur via https://perawatanbayi.com

Untuk anda yang sedang hamil, sangat disarankan meninggalkan kebiasaan kerokan ini sepenuhnya. Kebiasaan kerokan akan memicu zat-zat pada tubuh yang menyebabkan kontraksi dini.

Oleh karena itu untuk menghindari ini ibu hamil harus meninggalkan kebiasaan kerokan karena akan meningkatkan resiko kontraksi dini pada ibu hamil dan dengan menghindari kontraksi dini ini, Anda juga mengurangi bayi lahir prematur.

5. Bisa Menyebabkan Ketagihan

Buat Ketagihan

Buat Ketagihan via https://bisikan.com

Sudah diketahui oleh kita semua kalau kerokan bisa menyebabkan kita 'ketagihan'. Sensasi hangat yang dirasakan bisa membuat kita terus-menerus ingin kerokan saat masuk angin. Oleh karena itu, ada baiknya kita menghindari kerokan agar tidak terbiasa dan tidak ketagihan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya