Mendengar kata Raja Ampat tentunya membuat semua orang pasti tertuju pada tempat wisatanya terutam wisata pantai dan lautnya. Tidak heran karena saat ini Raja Ampat memang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang hits selain pulau Dewata Bali tentunya. Bukan hanya di Indonesia saja, Raja Ampat juga sudah mendunia. Banyak sekali turis-turis asing yang berdatangan karena penasaran akan keindahan wisata alam Raja Ampat.

Pokoknya kalau bicara soal wisata Raja Ampat, sudah tidak ragu lagi deh, semua orang pasti akan ingin sekali mengunjungi Raja Ampat. Namun terlepas dari hal itu, ternyata ada beberapa fakta unik mengenai Raja Ampat yang mungkin belum banyak diketahui orang, lho! Berikut ini rangkuman beberapa fakta unik tersebut.

1. Nama Raja Ampat berasal dari kisah 4 raja

nama raja ampat

nama raja ampat via https://wisataid.com

Bisa dibilang nama Raja Ampat merupakan nama yang unik untuk sebuah pulau. Pasti penasaran dong sebenarnya kenapa kok dinamai Raja Ampat? Nah itu semua ada penjelasannya nih! Singkatnya, nama tersebut diambil dari kisah 4 raja yang berkuasa di Pulau tersebut dan akhirnya terbagi menjadi 4 pulau yang bernama Pulau Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta. Ke empat raja tersebut sendiri konon diceritakan berasal dari 6 telur naga yang ditemukan oleh sepasang suami Istri.

Enam telur tersebut menetas hanya lima saja dimana yang satunya adalah perempuan, sampai akhirnya ke empat orang tersebut membunuhnya. Alhasil pulau tersebut dinamai Raja Ampat. Karena saat itu juga, pulau tersebut dikuasai 4 raja dan masing masing mempunyai wilayah kekuasaan tersendiri.

2. Penemu Raja Ampat

penemu Raja Ampat?

penemu Raja Ampat? via http://hipwee.com

Advertisement

Masih dalam kisah sejarah pulau Raja Ampat. Kalau tadi asal usul nama pulaunya, lalu siapa penemu pulau? Karena setiap wilayah tentu ada yang menemukannya, seperti yang banyak orang katakan kalau penemu benua Amerika itu adalah orang Islam, begitupun dengan Raja Ampat yang ditemukan oleh seseorang dari Belanda. Ia bernama Max Ammer yang menemukkannya pada tahun 1990 dimana setelah menemukan Pulau Raja Ampat. Max langsung membawa temannya yang seorang ahli perikanan Gerry Allen. Mereka kemudian meneliti pulau tersebut dan ternyata di Raja Ampat ditemukan banyak bangkai pesawat, menurutnya itu adalah sisa perang dunia kedua.

3. Masyarakatnya yang ramah

masyarakatnya terkenal ramah

masyarakatnya terkenal ramah via http://google.com

Bukan cuma karena keindahan wisatanya saja, beberapa alasan lain Raja Ampat begitu dicintai juga karena masyarakatnya yang ramah dan bersahabat. Hal ini tentu menjadi poin plus kenapa banyak orang yang makin kepincut untuk mengunjungi Raja Ampat. Di pulau tersebut, masyarakatnya dikenal ramah. Contoh sederhananya adalah saat mereka sedang menangkap gurita. Semua masyarakat Raja Ampat yang menangkap gurita dan berburu di lautan, tidak ada yang memakai alat yang berbahaya. Semua dilakukan dengan tangan kosong untuk menjaga ekosistem dan keindahan bawah laut Raja Ampat. Kalau kamu masih belum percaya, coba deh datang ke Raja Ampatnya langsung!

4. Sering di kunjungi tokoh dunia

banyak tokoh dunia mengunjungi Raja Ampat

banyak tokoh dunia mengunjungi Raja Ampat via http://hipwee.com

Mungkin jarang yang tahu soal fakta yang satu ini? Kalau Raja Ampat seringkali dikunjungi oleh beberapa orang atau tokoh dunia terkenal mulai dari bos Google yakni Sergey Brin dan presiden Indonesia saat ini yaitu Joko Widodo, tentu masih banyak tokoh lain yang tidak bisa disebutkan.

5. Belum tentu semua orang bisa datang ke Raja Ampat

ada batasan wisatawan di Raja AMpat

ada batasan wisatawan di Raja AMpat via http://hipwee.com

Advertisement

Tahukah kamu? Kalau di Raja Ampat itu ada kebijakan pembatasan turis yang berkunjung. Hal ini ditujukan untuk menjaga keindahan dan kebersihan pulau. Apalagi masyarakatnya begitu cinta dengan Raja Ampat. Jika sudah melebihi batas maksimal jumlah kunjungan, maka dipastikan kamu tidak bisa mengunjungi pulau Raja Ampat untuk berwisata.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya