Belakangan ini, dunia kuliner di Indonesia sedang ramai dan trend di kalangan remaja. Banyaknya menu – menu baru bermunculan di bidang makanan dan minuman. Apalagi saat ini sangat banyak dijumpai, beberapa pekerjaan yang berawal dari para penikmat kuliner. Contohnya saja seperti food blogger, food vlogger, dan food photography yang sangat menyukai berbagai macam kuliner

Namun, yang menarik kali ini adalah para pembuat dan penyedia kuliner yang menyediakan menu minuman mocktail di suatu tempat mereka sebagai ciri khas di suatu tempat tersebut. Karena saat ini minuman mocktail sedang banyak diperbincangkan dalam kalangan remaja di berbagai kota besar Indonesia.

Mungkin, beberapa dari kamu masih terdengar asing tentang minuman mocktail. Okey, mari kita bahas sama-sama tentang beberapa fakta menarik dari minuman mocktail.

1. Apa itu minuman mocktail ?

Bartender by energepic

Bartender by energepic via https://www.pexels.com

Mocktail adalah sebuah jenis minuman campuran yang tidak mengandung alkohol. Rata-rata bahan dasar pembuatan mocktail adalah syrup, jus, dan buah segar serta dengan tambahan soda dan sedikit sentuhan garnish untuk memperkuat suatu resep minuman.

Advertisement

Bahkan terkadang, suatu resep minuman mocktail ada yang menggunakan bahan khusus ataupun alat khusus.

2. Mocktail itu tidak sama dengan cocktail

Mojito by stockpic

Mojito by stockpic via https://www.pexels.com

Sering kali, para penikmat kuliner seperti kita ini menyalah artikan antara mocktail dengan cocktail. Mocktail dan cocktail memang sama-sama dalam jenis minuman campuran. Namun yang membedakannya adalah bahan dasar pembuatan sebuah minuman campuran tersebut.

Jika mocktail menggunakan bahan dasar syrup, jus, dan buah segar. Maka cocktail menggunakan alkohol sebagai bahan dasar pembuatan sebuah minuman campuran.

3. Mocktail termasuk seni dalam dunia minuman

Kumpulan mocktail by ahmad syahrir

Kumpulan mocktail by ahmad syahrir via https://www.pexels.com

Advertisement

Mocktail juga termasuk seni dalam dunia minuman, karena banyak unsur/bahan yang tercampur ke dalam sebuah minuman. Untuk membuat suatu resep minuman yang baru, di butuhkan kreatifitas dan pengetahuan yang tidak sedikit tentang dunia minuman.

Dan, untuk mencampur bahan tertentu yang sekiranya cocok dengan tampilan ataupun rasa dalam minuman tersebut.

4. Bahan yang digunakan adalah elemen penting

Menuang sesuai takaran by magda ehlers

Menuang sesuai takaran by magda ehlers via https://www.pexels.com

Bahan yang digunakan dalam pembuatan minuman mocktail ataupun cocktail adalah elemen penting dalam minuman tersebut.

Seperti contohnya dalam takaran bahan yang dipakai. Klise memang, namun takaran sangat mempengaruhi rasa suatu resep minuman. Karena jika tak sesuai takaran bahannya, maka rasa yang dihasilkan ataupun yang di inginkan juga tak sesuai. 

5. Nama resep minuman yang membingungkan

Kumpulan mocktail by rawpixel

Kumpulan mocktail by rawpixel via https://www.pexels.com

Seringkali kita temukan tulisan nama sebuah minuman mocktail yang tercantum dalam buku menu. Nama-nama menu tersebut, kadang membuat kita jadi bingung. Dan membuat kita berfikir, apa yang terkandung dalam minuman tersebut sehingga nama menu minumannya menjadi seperti itu. Bukan karena nama minuman tersebut unik, maka bahannya akan unik juga. Untuk bahan pembuatan, mungkin hampir sama dengan minuman mocktail pada umumnya.

Namun alasan yang terkuat dibalik nama resep minuman mocktail ialah karena unsur warna dan ciri khas para pembuat minuman tersebut. Bahkan terkadang, ada suatu nama cocktail yang dijadikan nama resep minuman mocktail.

Coba deh kamu perhatikan baik-baik nama minuman mocktail kesukaanmu. Apakah diawali dengan kata, dari suatu warna tertentu?

 

Nah, sudah pada tahukan sekarang, tentang beberapa hal mengenai minuman mocktail. Pastinya, kamu juga punya salah satu minuman mocktail kesukaan saat nongkrong bareng orang terdekat di salah satu tempat favorit di kotamu, atau kamu sendiri senang membuatnya saat waktu senggang. 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya