5 Festival Tahunan di Jogja yang Wajib Kalian Saksikan

Jogja adalah cinta, rindu dan budaya

Berkali kali menginjakkan kaki di tanah Jogja tak membuat seorangpun merasa bosan. Bagaimana tidak, Jogja selalu punya cara untuk membuat wisatawan kembali lagi. Selain destinasi wisata alamnya yang menakjubkan, Jogja juga memiliki festival tahunan yang sangat kental dengan unsur budayanya yang membuat liburanmu menjadi berbeda dan berkesan

Berikut adalah beberapa festival tahunan yang menarik dan sangat ditunggu tunggu di Jogja.

Advertisement

1. Sekaten di Alun Alun Utara Jogja

Sekaten merupakan sebuah festival tahunan yang diselenggarakan oleh Keraton Kesultanan Yogyakarta untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W yang diadakan setiap tanggal 5 Mulud (Kalender Jawa) atau Rabiul Awal tahun Hijriah.

Kata sekaten berasal dari kata Syahadatain atau dua kalimat Syahadat, pada awalnya acara Sekaten ini di adakan untuk menarik perhatian supaya masyarakat lebih mengenal Islam. Pangeran Mangkubumi atau Sri Sultan Hamengkubuwono I, yang pertama kali mengadakan acara sekaten ini, yang kini telah menjadi event tahunan sekaligus juga pesta rakyat. Di sekaten selain bisa menyaksikan arak-arakan dan memperebutkan isi gunungan, kalian juga bisa mengunjungi Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-Alun Utara Keraton yang dibuka sebulan penuh dan menawarkan berbagai jenis hiburan, mulai dari wahana pasar malam hingga panggung hiburan. Kalian juga bisa loh berwisata kuliner dan souvenir dengan harga miring. Asik kan?

Advertisement

2. Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

Untuk kalian yang datang ke Jogja antara bulan Juli hingga September dan bertepatan dengan FKY, dijamin deh liburan kalian bakal tambah seru dan istimewa. Karena kalian bisamenikmati pertunjukkan seni mulai dari tradisional hingga kontemporer yang ditampilkan seniman lokal dan mancanegara, dan disini juga bisa berburu makanan enak atau barang-barang antik

3. Festival Pasar Kangen

Kalian masih ingat dengan makanan atau mainan zaman dulu seperti es gabus, rambut nenek, gasing hingga pletokan? Udah jarang banget sekarang yaa. 

Advertisement

Nah, antara bulan Juli-Agustus ada festival Pasar Kangen yang diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta. Di pasar ini kalian bisa menemukan berbagai macam mainan dan makanan jadul.

Selain berburu barang dan makanan jadul, kalian juga bisa menikmati sajian pertunjukkan seni tradisional. Wah liburan sambil bernostalgia seru banget ya.. 

4. Pekan Budaya Tionghoa

Liburan ke Jogja diawal tahunan? Kalian harus datang ke Pekan Budaya Tionghoa yang super seru dan meriah. Pekan Budaya Tionghoa diselenggarakan di Kampung Ketandan yang berada di kawasan Malioboro.

Kalian akan disuguhi berbagai atraksi budaya Tionghoa mulai dari Barongsai hingga wayang Po Tay Hee.  Disana juga ada bazar kuliner dan pernak-pernik dan juga berbagai perlombaan yang tentunya sayang untuk dilewatkan

5. Ngayogjazz

Festival tahunan di Jogja yang tema utamanya musik jazz ini rutin diselenggarakan sejak tahun 2007, biasanya pada bulan November. Ngayogjazz selalu menawarkan sesuatu yang beda karena panggungnya didirikan pedesaan dan tempat penyelenggaraannya setiap tahun selalu beda.

Tujuan diadakannya Ngayogjazz ini tak hanya melestarikan budaya, tapi juga memberdayakan ekonomi lokal. Oleh karenanya, masyarakat lokal diajak terlibat langsung dalam penyelenggaran acara ini. Tidak hanya menikmati musik jazz dan kesenian lokal, kalian juga bisa berburu kuliner dan suvenir di Pasar Jazz.

Ngayogjazz juga kerap diramaikan musisi asing, selain musisi lokal. Pertunjukan para musisi tersebut dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini