Momen wisuda merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap mahasiswa yang telah sukses menyelesaikan masa studinya selama di kampus. Memakai jubah dan topi toga, membawa ijazah dan piala penghargaan, apalagi disaksikan langsung oleh keluarga dan orang terdekatmu di hari itu.

Saat spesial seperti ini, sayang rasanya jika dilewatkan begitu saja. Apalagi jika tidak mengabadikan momen ini melalui foto-foto. Berbagai cara untuk mengabadikan momen ini melalui foto bisa kamu gunakan dari selfie di tempat wisuda, foto di studio, hingga nebeng foto sama temanmu.

Nah, berikut ini ada lima tipe atau gaya foto saat wisuda yang bisa kamu ikuti. Biar Instagram kamu nggak cuma itu-itu saja gaya fotonya dan lebih menarik.

1. #OOTD

Yak Outfit Of The Day, gaya foto yang satu ini sudah nggak asing lagi di telinga para instagrammers. Jarang-jarang dan bahkan mungkin sekali seumur hidup kamu memakai baju toga beserta atributnya, guys.

Karena itu untuk gaya foto satu ini nggak boleh terlewat. Persiapkan penampilanmu sebaik mungkin, dari rambut hingga kaki. Buat cewek juga sebagian cowok jangan kelupaan untuk memakai make up yang cocok dan bagus.

Advertisement

Agar fotomu juga terlihat semakin menarik carilah latar belakang atau background yang polos. Ini membantu penampilanmu semakin menonjol. Kalau nggak bisa menemukan latar belakang yang sepi atau polos, foto bergaya ala model #OOTD saat keluar dari ruang upacara wisuda bisa jadi alternatifnya.

Dilihat banyak orang nggak masalah, santai saja. Anggap mereka yang melihatmu adalah paparazzi yang bersiap menjepret posemu. Lagipula jarang-jarang bisa foto #OOTD pakai toga lho.

2. #FollowMeTo Graduation

#FollowMeTo-Graduation

#FollowMeTo-Graduation via https://www.instagram.com

Gaya foto satu ini diperkenalkan oleh salah satu akun Instagram yang terkenal, @muradosmann. Dengan gaya kamu menarik tangan seseorang yang akan menjepretmu dari belakang, menampilkan sisi belakang tubuhmu dan latar "depan" yang difoto.

Advertisement

Kalau kamu sudah memiliki pendamping wisuda, ada baiknya tipe foto satu ini digunakan. Coba foto sesaat kamu akan dipanggil menuju podium untuk tali topi togamu disampirkan. Kalau belum ada pendamping wisuda kamu boleh pinjam tangan pendamping wisuda bayaran temanmu.

Hitung-hitung gaya ini bisa jadi alternatif untuk foto pre-wedding, buat yang akan melangsungkan pernikahan. Jadi bisa dapat foto yang unik, nggak perlu sewa studio atau fotografer profesional kan?

3. #PanoramaShot

Foto-panorama-wisud

Foto-panorama-wisud via https://www.instagram.com

Kok panorama? Memang foto pemandangan ruang upacara wisuda? Bukan, tetapi trik gaya foto dengan menggunakan fitur panorama shot. Untuk kamu yang di ponselnya sudah memiliki fitur panorama shot. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat foto yang menarik.

Gaya foto panorama shot ini bisa memanjang dan menangkap beberapa foto dan menyatukannya menjadi satu foto yang panjang. Nah, tipsnya coba pilih satu tempat dimana kamu bisa berpose sepuasnya, kalau masih di daerah kampus juga bisa.

Kemudian siapkan fitur panorama shot di ponselmu, minta tolong temanmu untuk mengambil foto, terus berposelah mengikuti alur bergerak ponsel. Cobalah berpose yang berbeda saat berpindah atau bergeser tempat. Ta-daah, jadilah satu foto yang terdapat beberapa sosokmu dengan pose berbeda.

4. Foto ala-ala keluarga

Foto-wisuda-bareng-keluarga

Foto-wisuda-bareng-keluarga via https://www.instagram.com

Foto keluarga itu wajib hukumnya saat wisuda, guys. Mengabadikan momen penting tanpa dengan orang-orang tersayang pasti kurang rasanya, apalagi dengan keluarga. Untuk foto ini nggak usah repot-repot ke studio untuk mendapatkan foto yang bagus.

Cukup dengan kamera ponsel atau kamera digital, tempat yang pas untuk jadi background, dan paling penting kekompakan keluarga untuk narsis berfoto. Untuk pose bisa kamu sesuaikan dengan yang diinginkan. Gaya ala The Beatles menyebrang jalan, gaya keluarga cemara bahagia, gaya evolusi manusia, atau gaya grup vocal band juga oke. Jadi momen bersama keluarga saat wisuda tidak terasa mainstream bukan?

5. #Wefie dengan gank

graduation-wefie-selfie

graduation-wefie-selfie via https://www.shutterstock.com

#Wefie bareng sama teman-teman juga termasuk salah satu ritual foto yang nggak boleh terlewatkan. Menghabiskan waktu bersama susah-senang menjalani bahtera kuliah, saat sudah resmi bukan mahasiswa lagi, jangan sampai tidak bersama di momen ini.

Nah, biar #wefie-mu nggak terlihat biasa saja. Coba ajak teman-teman gank-mu bergaya ala girlband atau boyband, menggunakan trik levitasi, rebahan di atas padang rumput, bisa juga bergaya ala para finalis Puteri Indonesia atau Mister Indonesia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya