Di era millennial ini, upacara kemerdekaan nggak harus dilakukan di sekolah, kantor atau di gedung. Upacara bisa dilakukan di tempat wisata ataupun salah satu tempat paling sering digunakan untuk upacara kemerdekaaan yaitu di Gunung.

Kenapa kok di gunung? Emang ada orang?

Eits, jangan salah upcara di gunung itu punya sensasi tersendiri dan ramai lho, bahkan beberapa gunung sudah tutup karena kuota penuh. Yuk simak 4 gunung yang bakalan jadi pasar saat upacara 17 agustus.

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Gunung Semeru via https://google.com

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Gunung ini masih dalam kategori gunung aktif, walaupun gunung ini aktif, tapi para pendaki masih sangat antusias untuk menikmati keindahan alam sekaligus melakukan upacara kemerdekaan.

Gunung ini merupakan tempat terfavorit untuk upacara, tidak heran sekarang gunung ini sudah tutup dikarenakan kuota pendakian sudah penuh selama 15-18 Agustus 2018.

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi via https://google.com

Advertisement

Gunung Merapi juga merupakan gunung yang tergolong sebagai gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Selain berapi para pendaki juga sering menemukan kejadian aneh dan penuh misteri di gunung ini. Namun begitu, gunung ini juga termasuk gunung yang jadi pasar ketika 17 agustus. Bahkan di hari-hari biasa aja gunung ini selalu di penuhi pendaki,

Di hari biasa aja ramai. Kebayang nggak seperti apa ramainya ketika 17 Agustus?

3. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu via http://www.google.com

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif dan tergolong gunung aman, sehingga upacara 17 Agustus bisa dilakukan di puncak gunung. Dan yang nggak kalah menarik dari gunung ini keindahan dan panorama alam di sekitar gunung bisa kamu nikmati secara maksimal saat berada di puncak. Apa lagi sambil munum kopi, ya nggak? hehe

4. Gunung Prau

Gunung Prau

Gunung Prau via http://www.google.com

Advertisement

Gunung Prau terletak di dieng dengan ketinggian 2.565 mdpl, nggak terlalu tinggi memang tapi pemandangan yang aduhai bikin kamu nggak bakal kepanasan saat upacara. Padang rumput berbunga dan bukit-bukit kecil mirip bukit di film masa kecil kita (Teletubbies) terutama ketika sunrise muncul kalian akan di buat takjub dengan ciptaan Tuhan yang satu ini.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan via https://www.google.com

Gunung yang terakhir yaitu Gunung Papandayan, terletak di Garut (Jawa Barat). Gunung ini memiliki ciri khas kawah aktif yang indah dan Padang Edelweis yang masuk dalam daftar 4 Padang Edelweis terbaik se-Indonesia.

Papandayan memiliki camping ground yang sangat luas dan fasilitasnya juga lengkap, mulai dari warung, MCK, hingga suplai air yang melimpah. Jadi tempat ini sangat di rekomendasikan terutama untuk teman teman yang berdomisili di JABOTABEK.

6. Gunung Rinjani (Bonus)

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani via https://wwwgoogle.com

Gunung Rinjani adalah gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Keindahan gunung ini menjadikannya tempat paling favorit di kalangan Pendaki Gunung Indonesia. Sayangnya tahun ini Gunung Rinjani tidak bisa dipakai untuk upacara.

Rinjani terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ya Lombok, yang akhir-akhir ini sedang terkena musibah gempa bumi, sehingga kita tidak mungkin melakukan pendakian ke sana. Walaupun kita tidak bisa ke sana, sekiranya kita bisa meluangkan waktu sejenak untuk saling mendoakan saudara kita yang berada di Lombok dan sekitarnya. #PrayforLombok

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya