Banyak alasan untuk tinggal bersama saudara mulai dari alasan tempat tinggal untuk kuliah, atau untuk tempat transit ketika kita sedang menunggu panggilan pekerjaan di suatu kota tertentu selain untuk menghemat pengeluaran juga mempererat hubungan silaturahmi kita. 

Seringkali kita baru sadar karakter seseorang lewat kegiatan yang dilakukan bersama-sama dengan saudara kita. Kita berpikir bahwa kita bisa anggap rumah saudara kita sebagai rumah kita sendiri. Wait! kita gakbisa selamanya berpikir kalau meyamakan tinggal bersama saudara kita sama seperti kebiasaan hidup kita. Biasanya karakter saudara kita akan mucul satu bulan setelah kita tinggal. Terkadang, kalian bingung mau ngapain? merasa selalu salah terus?

1. 1. Hilangkan kebiasaan jelekmu

hilangkan kebiasaan jelekmu

hilangkan kebiasaan jelekmu via https://www.google.com

Ini yang poin penting yang harus diinget. Kebiasaan jelekmu yang terbiasa kamu lakukan dirumah jangan sekali-kali kamu lakukan di rumah orang lain karena mereka baru mengerti kamu juga sebaliknya. Setiap rumah memiliki peraturan yang berbeda-beda. Tidak kita sadari kalau di rumah bibi atau dirumahmu memiliki peraturan yang berbeda-beda misalnya jika kebiasaan jelekmu setelah makan langsung tinggal di tempat piring kotor tetapi ketika kita tinggal bersama orang lain, kebiasaanmu ini jangan sekali-kali kamu lakukan. Hal ini yang bikin hubungan agak canggung.

2. 2. Lakukan apa-apa yang tidak beres di rumah

lakukan yang tidak beres di rumah

lakukan yang tidak beres di rumah via https://www.google.com

Poin ini sangat bergantung dengan tingkat kepekaan kita. Ketika rumah sangat kotor, disinilah kepekaanmu teruji. Kamu mau tidak mau harus membersihkannya. Terkadang poin ini lah yang membuat hubungan kalian agak canggung. Kemungkinan si tuan rumah berpikir kenapa kita tidak melakukan tugas rumah sementara mereka sudah memfasilitasi apapun di rumah itu.

3. 3. Lakukan apa yang mereka mau

Advertisement

Mungkin poin ini lebih terlihat kita diminta untuk berubah menjadi pesuruh tetapi cara ini juga membantu kalian untuk jauh dari rasa canggung dengan mereka. Jika si tuan rumah menyuruhmu atau kata lebih halus ialah meminta pertolonganmu hal untuk membahagiakan mereka ialah jawaban "iya". So, efek ini juga bisa dirasakan ketika kita meminta ijin untuk pulang larut misalnya pastinya si tuan rumah akan mengijinkanmu tanpa berpikir panjang.

4. 4. Lakukan pekerjaan rumah sendiri

lakukan sendiri

lakukan sendiri via https://www.google.com

Naaah, hal yang mungkin terkadang disepelekan. Maksud dari poin ini, ketika kamu mau cuci baju atau piring lakukan itu sendiri jangan pernah kamu titip kepada si tuan rumah. Kalau hal ini tidak kamu lakukan, kamu akan dicap tidak sopan dan tidak tau diri.

5. 5. Menjalin komunikasi

komunikasi

komunikasi via https://www.google.com

Poin yang gak kalah penting dari poin yang di atas. Komunikasi ialah hal yang harus dijaga dalam suatu hubungan entah hubungan keluarga ataupun percintaan. Kalian bisa menanyakan hal-hal sesuatu untuk menjalin sebuah kedekatan yang lebih dengan si tuan rumah. Perasaan canggung dijamin agak sedikit memudar jika kamu melakukan beberapa tips ini.

Advertisement

Nah, itulah 5 tips yang cukup jitu ketika kamu tinggal bersama orang lain. Tips ini cukup jitu karena tips ini ada karena pengalamanku sendiri. Semoga membantu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya