Apakah kamu suka mendengarkan musik?

Jika kamu suka dengan hal ini maka bersyukurlah, karena kamu termasuk orang yang kreatif, percaya diri, memiliki jiwa yang tenang, meski sulit mengendalikan emosi yang tinggi saat dibuat jengkel oleh teman kamu. Perlu kamu ketahui banyak hal bermanfaat ketika kamu mendengarkan musik. Selain itu mendengarkan musik juga bisa jadi sisi mood kamu saat itu. Kamu jadi mudah fokus dalam mengerjakan sesuatu, misal; mengerjakan tugas sekolah atau kantor, beres–beres rumah, atau berduaan sama si gebetan kamu. Cieeeeehhh.... Dan hal terpenting bagi kamu yang suka banget mendengarkan musik.

Apa hal pentingnya?

Jaga tingkat volume kamu saat mendengarkan musik. Memang dari banyaknya jenis musik itu memiliki daya yang sangat tinggi, karena bisa mengubah suasana hati kamu dalam sekejap. Sudah banyak kejadian di luar sana mengalami sakit pada gendang telinga jika mendengar suara yang saat itu terdengar olehnya, bahkan ada yang telinganya berdengung hingga sulit mendengar suara yang seharusnya terdengar. Dan inilah manfaat dari mendengarkan musik:

1. Kreatif

Karena dengan mendengarkan musik membuat kamu menjadi lebih kreatif dan menggali ketangkasan dalam berbagai hal, seperti; menggambar, membuat lagu, menulis puisi, atau menulis kata–kata yang romantis (fiksi mini) yang sedang digandrungi remaja saat ini.

2. Fokus

Kamu akan lebih fokus pada titik masalah atau pekerjaan yang sedang kamu jalani. Karena alunan musik membuat kamu menjadi lebih tenang sejenak merilekskan fikiran dari banyaknya masalah yang ada di kepalamu. Musik yang santai seperti jazz, pop, klasik, instrumen, sangat cocok untuk temani waktu lenggangmu dalam menyelesaikan masalah yang ada.

3. Pintar (upgrade diri)

Advertisement

Memang aplikasi doang yang bisa di upgrade, diri kamu juga perlu kamu upgrade dengan mendengarkan musik. Di balik kesengangan mendengarkan musik maka kamu akan menjadi lebih pintar dalam berbahasa atau bernyanyi. Kamu akan menghayati lirik lagu yang kamu dengarkan, terutama kamu sudah jatuh cinta pada lagu itu (lagu favorit kamu). Bisa dari lagu daerah, lagu barat, atau lagu anak–anak yang perlahan menghilang.

4. Mengatur emosi diri

Setiap manusia pasti memiliki perbedaan sifat dan tidak semua orang bisa menahan emosinya. Coba buat kamu yang masih merasakan hal ini bisa menahan emosi kamu hanya dengan mendengarkan musik pada waktu jiwamu ingin meledak–ledak. Duduk tenang dan resapi alunan musik yang ada. Jika perlu kamu tuangkan emosi kamu pada sebuah diary khusus untukmu. Maka dengan hal itu kamu sudah melepas semua emosi yang ada pada diri kamu.

5. Mengubah suasana hati

Pernahkah kamu tiba–tiba bete' atau mendadak senang? bisa jadi kalau diberi hadiah atau dapat nilai ulangan yang bagus. Semua itu kan terjadi langka dan kadang–kadang saja, tetapi coba deh kamu mendengarkan musik yang pas menurut suasana hati kamu. Lagu yang kamu pilih adalah perwakilan dari perasaan kamu saat itu. Maka sejenak saja kamu yang tadinya bete' akan semangat, yang tadinya galau bisa jadi bahagia. Karena lagu itu bisa merubah suasana hati dengan mudah dengan alunan musik yang dimainkan serta lirik lagu yang begitu dalam ada di diri kamu akan pindah ke dalam lagu itu.

Kelima hal di atas biasa terjadi pada diri saya juga. Hal yang bermanfaat bagi diri saya ini semoga bisa jadi bermanfaat juga bagi kamu dan teman–teman kamu. Jika kamu merasakan hal yang sama dengan saya, share artikel ini agar semua orang merasakan manfaat dari musik. Pesan dari saya,


“Musik adalah sumber kehidupan yang berikutnya untuk menuju keberhasilan.” Wassalam (Alfian)