Buatmu anak semester akhir, jadwal bimbingan dengan dosen kini tak lagi asing untuk dijalani. Dari menunggu dosen berjam-jam hingga berhari-hari janji tapi belum juga bisa bimbingan. Semua rasanya sudah khatam kamu lalui.

Memang tidak mudah menyela waktu dosen pembimbing yang begitu sibuk dengan rutinitasnya. Tetapi dari proses bimbingan dengan dosen demi kelarnya skripsi ini punya banyak sisi positif yang bisa kamu ambil.

1. Kamu menjadi pribadi yang lebih sabar

“Rabu jam 9 bisa bimbingan

“Rabu jam 9 bisa bimbingan via https://www.pexels.com

Menunggu memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak jarang kamu melewatkan banyak kegiatan biar bisa bimbingan dengan dosen pembimbingmu. Kadang, sudah ditunggu begitu lama ternyata janjian bimbingannya batal.

2. Janji bimbingan yang tertunda membuatmu lebih teliti

Teliti lagi

Teliti lagi via https://www.pexels.com

Advertisement

Bimbingan yang tertunda juga memberimu waktu buat melihat kembali naskah skripsimu. Kamu jadi tahu jika ada bagian yang masih belum pas dengan saran dosen pembimbing pada revisi sebelumnya.

3. Kamu menjadi pribadi yang lebih menghargai waktu

Janjian jam 9

Janjian jam 9 via https://www.pexels.com

Tidak bisa dipungkiri dosen punya segudang kegiatan yang harus ditunaikan. Jadi tidak heran kalau kita harus sangat-sangat-sangat menghargai kesempatan bimbingan yang diberikan semaksimal mungkin. Jadi mau tidak mau, kita akan termotivasi untuk berusaha on time. Yeaey!

4. Kamu akan jadi pribadi yang lebih baik dalam komunikasi

Komunikasikan kesulitanmu

Komunikasikan kesulitanmu via https://www.pexels.com

Kadang saran dari dosen pembimbing itu bertentangan dengan pemahaman kamu terhadap penelitian yang sedang kamu lakukan.

Advertisement

Tapi, tidak semua hal yang bertentangan itu buruk. Ada baiknya jika kamu tetap berusaha menerima saran yang diberikan dan mengkomunikasikan kesulitanmu dengan dosen pembimbing sebagai jalan keluar.

5. Terakhir, kamu akan jadi pribadi yang selalu berusaha mengimbangi karakter orang lain.

coba imbangi :)

coba imbangi 🙂 via https://www.pexels.com

Adalah hal yang wajar jika dosen pembimbing berbeda dalam memberikan saran di dua waktu yang berbeda. Selain karena kegiatan dosen itu banyak sekali, anak bimbingnya juga tidak cuma kamu. Dengan begitu kamu dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan karakter dosen pembimbing yang notabene berbeda-beda.

Tidak sadar kan? Bimbingan ke dosen yang seringkali #BertepukSebelahTangan itu mengajarkan kita untuk menjadi lebih baik dalam bersikap. Selain, dapat saran dan revisian, kamu juga bisa ambil sisi positifnya.

Semangat bimbingan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya