Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah pengguna Internet yang tertinggi di dunia, setiap waktu pengguna internet dan sosial media semakin bertambah sering berkembangnya Teknologi, Terlebih sekarang hampir semua orang pasti punya smartphone sendiri dari mulai anak kecil, anak remaja, dewasa sampai orang tua, semuanya selalu berdampingan dengan gadget setiap harinya.

Tiada hari tanpa gadget, mungkin inilah sebutan yang cocok untuk orang orang zaman sekarang ini. Memang benar dengan adanya internet, tentu kita mendapatkan banyak sekali manfaat positif mulai dari mendapatkan informasi dari internet, Untuk keperluan komunikasi sampai untuk hiburan mulai dari gaming, streaming dan masih banyak lagi. Namun yang perlu digaris bawahi, internet juga bisa berdampak hal hal yang negatif bagi kamu sendiri, berikut ini ada 5 hal yang seharusnya kamu hindari dalam penggunaan internet dan sosial media.

1. Berlebihan Menggunakan Internet, Sampai-Sampai Hal Sepele Saja Harus Browsing Dulu!

kecanduan internet

kecanduan internet via https://kuotareguler.com

Meskipun inernet adalah sumber informasi yang tak terbatas, namun penggunaan yang berlebihan tentu sangatlah tidak baik untuk kamu sendiri, jangan sampai kamu kecanduan menggunakan internet, kalau kamu sudah merasa hari harimu sepi tanpa internet, berarti kamu sudah mulai kecanduan dengan yang namanya internet,.

Sampai terkadang mengakses internet menjadi kebiasaan di mana mencari informasi yang sepele saja harus browsing dulu, apalagi untuk anak-anak yang masih kecil, sangat disarankan untuk membatasi penggunaan internet dan sosial media.

2. Sering Debat di Sosial Media, Kebiasaan Unfaedah Netizen!

debat di sosmed?UNFAEDAH!

debat di sosmed?UNFAEDAH! via http://hipwee.com

Advertisement

Sudah bukan hal asing menemui perdebatan di sosial media baik itu di Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, pasti tak terlepas dari yang namanya ajang perdebatan para netizen. Tidak heran sekarang ini ada sebutan "netizen, maha besar dengan segala komentarnya", Mungkin itu juga menjadi salah satu sindiran kepada netizen yang suka berkomentar negatif pada orang-orang.

Apalagi sampai debat, ini merupakan salah satu hal yang harus kamu hindari dalam pengguaaan sosial media, lagian, debat di sosial media itu apa gunanya? Unfaedah banget deh!

3. Terlalu sering Mengupload yang Sifatnya Privasi

hati hati, jaga privasimu di sosmed!

hati hati, jaga privasimu di sosmed! via http://kompas.com

Namanya internet dan sosial media, tentu semua orang bisa mengaksesnya, termasuk saat kamu terlalu sering meng-upload hal hal yang sifatnya privasi ke sosial media, perilaku seperti ini sebenarnya kurang baik dalam penggunaan sosial media ataupun internet, apalagi sekarang marak terjadinya kejahatan berbasis sosial media dan internet.

Advertisement

Bukan tidak mungkin kalau itu semua disebabkan karena banyak orang yang terlalu over dalam share sesuatu di sosial media, bukan hanya foto, tapi hal-hal lain yang sifatnya privasi, maka dari itu, jagalah privasi kamu sendiri, jangan asal share di sosial media saja.

4. Asal pencet Tombol Share Pada bBerita Viral

jangan asal share berita hoax

jangan asal share berita hoax via http://wikipedia.org

Hampir setiap waktu pasti ada berita viral entah itu politik dan lain sebagainya, dan seringkali jumlah share suatu postingan atau berita tersebut mencapai ratusan ribu, namun yang perlu kamu garis bawahi, jangan sampai asal share berita ya, karena sekarang marak sekali berita hoax di luar sana terutama di sosial media, maka dari itu kalau mau share sesuatu di sosial media, ya cari tahu dulu kebenaran beritanya, jangan sampai kamu asal share postingan orang yang belum tentu kebenarannya, mulai sekarang, Yuk jadi netizen yang bijak.

5. Membiarkan Anak di Bawah Umur Bebas Mengakses Internet dan Sosial Media

batasi internet untuk anak kecil

batasi internet untuk anak kecil via http://hipwee.com

Kalau Kamu punya adik atau saudara yang masih di bawah umur, pastikan mereka jangan sampai mengakses sosial media dengan begitu bebasnya, hal ini tidaklah baik untuk mereka, usia anak anak merupakan usia di mana seseorang mudah sekali menyerap sesuati Informasi tak terkecuali dari internet. Jangan sampai mereka mudah terpengaruh hal hal yang ada di internet, apalagi sekarang banyak anak kecil yang sudah akrab sekali dengan gadget, kamu harus mengawasinya dengan baik untuk penggunaan internet mereka.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya